Terbit: 25 April 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Orang tua Alfie Efans, bocah berusia 23 bulan dari Inggris yang sedang mengalami sakit parah, gagal mendapatkan izin dari pengadilan untuk membawa buah hatinya ke Roma, Italia, untuk mendapatkan perawatan medis yang lebih baik. Banyak pihak yang mengkritik keputusan ini karena seharusnya orang tuanyalah yang memiliki hak untuk memutuskan pengobatan seperti apa yang diberikan kepada buah hatinya.

Anaknya Sakit, Orang Tuanya Dilarang Membawanya Ke Negara Lain Untuk Mengobatinya

Photo Source: AP

Dilansir dari Fox News, Tom Evans dan Kate James, orang tua dari Alfie, sudah memberikan penjelasan kepada pengadilan pada Selasa (24/4) kemarin tentang kondisi kesehatan anaknya. Mereka berkata bahwa Alfie masih hidup setelah melalui fase kritis dan sudah tidak memerlukan peralatan penyokong kehidupan.

Sebelumnya, dokter yang menangani Alfie berkata bahwa kondisi sang bocah sepertinya tidak akan membaik setelah dilarikan ke Alder Hey Hospital yang ada di kota Liverpool karena mengalami kejang-kejang pada Desember 2016. Kondisi Alfie terus memburuk karena mengalami kondisi neurologis degeneratif yang masih belum bisa didiagnosis oleh dokter. Meskipun begitu, Alfie masih mendapatkan bantuan oksigen dan air.

“Dokter sudah berusaha sebaik mungkin untuk membantu putraku. Saya sangat menghargainya. Namun, kami membutuhkan tindakan yang jauh lebih baik dari ini,” ucap Tom, sang ayah.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku RT Mandiri - Advertisement

Kepala Vatican’s Bambino Gesu Pediatric Hospital menyebutkan bahwa Kementerian Pertahanan Italia sudah menyediakan pesawat untuk menerbangkan Alfie ke Italia jika memang diizinkan. Sejak Senin (23/3), Kementerian Luar Negeri Italia juga sudah memberikan kewarganegaraan bagi Alfie demi memudahkannya mendapatkan pengobatan di negara asal spaghetti tersebut. Bahkan, sebuah helikopter sudah disiapkan di dekat rumah sakit tempat Alfie dirawat untuk memudahkan transportasi sang bocah.

Sayangnya, dengan kegagalan mendapatkan izin untuk membawa Alfie ke Italia, semua tindakan ini sepertinya tidak bisa dilakukan.

Semoga ada solusi terbaik untuk kasus Alfie sehingga Ia bisa sembuh, ya?


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi