Terbit: 30 Maret 2021
Ditulis oleh: Gerardus Septian Kalis | Ditinjau oleh: Tim Dokter

Anak usia 1 tahun sudah bisa apa saja? Ini adalah salah satu pertanyaan yang sering ditanyakan oleh orang tua baru. Pada usia ini kehidupan anak akan dipenuhi dengan eksplorasi dan pembelajaran. Simak penjelasan lengkap mengenai perkembangan anak pada usia 1 tahun berikut ini.

Anak Usia 1 Tahun Sudah Bisa Apa Saja? Kenali Tahap Perkembangannya

Berbagai Tahap Perkembangan Anak pada Usia 1 Tahun

Pada usia 1 tahun, Anda akan menyaksikan transformasi fisik saat anak mulai menguasai keterampilan motorik, di mana hal ini membantunya memperoleh sedikit kemandirian dan kemungkinan besar Anda akan mulai melihat kepribadian yang unik mulai muncul. Lantas, anak usia 1 tahun sudah bisa apa saja?

Berikut adalah berbagai pencapaian yang kemungkinan besar akan dilakukan oleh anak pada usia 1 tahun atau lebih, di antaranya:

1. Tepuk Tangan

Sebagian besar anak bisa melakukan gerakan ini pada usia 12 hingga 13 bulan. Kemampuan untuk melakukan tepuk tangan menandakan bahwa anak sudah mengembangkan keterampilan motorik halus dan koordinasi mata-tangan. Aktivitas ini juga memungkinkan anak untuk melakukan hal-hal lain seperti menangkap bola atau memegang benda tertentu.

Setiap kali anak melakukan tepuk tangan, orang tua juga harus ikut melakukannya dengan penuh semangat. Beri semangat jika anak berhasil untuk melakukannya.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Kids Baby - Advertisement

2. Mencoba untuk Melangkah

Sebagian besar balita mungkin akan bisa melakukan ini pada usia 14 sampai 15 bulan. Jika si Kecil sudah berjalan, dia akan melakukan segala macam kesenangan fisik, dari berlari, melompat, hingga menaiki tangga.

Beri kesempatan anak untuk berdiri dengan kedua kakinya sendiri. Mainan yang bisa didorong sangat bagus untuk mengatur pergerakan tubuhnya. Selain itu, berikan juga mainan yang membantunya menguasai gerakan berpindah-pindah, misalnya, membujuk anak untuk memegang mainan favoritnya.

3. Minum dari Cangkir

Anak usia 1 tahun sudah bisa apa saja? Sebagian besar anak bisa melakukan hal ini pada usia 16 hingga 17 bulan. Kemampuan minum dari cangkir menandakan bahwa anak sudah menguasai otot mulutnya serta keterampilan motorik halus dan koordinasinya.

Agar anak terbiasa minum dari cangkir, pilihlah cangkir plastik yang memiliki warna-warna cerah. Lantas, bagaimana membujuk agar anak ingin menggunakannya? Cara termudah yang bisa Anda lakukan adalah berpura-pura minum dari cangkir yang sama kemudian berikan padanya.

4. Tertawa

Setelah anak mulai memahami dunia sedikit lebih baik, kemungkinan besar dia akan tertawa pada hal-hal yang menurutnya lucu. Sebagian besar anak bisa melakukan ini pada usia 17 hingga 18 bulan. Sementara anak usia 1 tahun menganggap humor itu tidak masuk akal dan akan cekikikan ketika melihat sesuatu yang tidak semestinya.

5. Mengucapkan Beberapa Kata

Hal terpenting lainnya dari anak usia 1 tahun sudah bisa apa saja adalah mengucapkan beberapa kata. Kosakata anak umumnya akan meningkat secara eksponensial. Saat seorang anak memiliki 10 kata atau lebih, dia akan mencoba merangkai kalimat sebelum Anda menyadarinya. Pada usia 17 hingga 18 bulan, seorang anak umumnya bisa mengucapkan beberapa kata.

Beri dia sesuatu untuk dibicarakan, cobalah ajukan pertanyaan sederhana tentang hal-hal yang Anda lihat, pastikan jawabannya akan menyertakan kata yang diketahuinya atau coba perhatikan bahasa isyaratnya, biasanya anak akan menunjuk pada hal-hal yang belum diketahui kata-katanya.

Baca Juga: Perkembangan Bayi 4 Bulan: Fisik, Motorik, Komunikasi, dll

6. Meniru Perilaku

Saat anak berusia 18 hingga 20 bulan, biasanya dia akan mencoba untuk memegang handphone dan berpura-pura mengobrol, atau mencoba menawarkan makanan pada boneka. Guna meningkatkan aktivitas motoriknya, orang tua harus bisa bermain peran bersama anak. Pastikan untuk menggunakan mainan-mainan favoritnya.

7. Menari

Saat anak bisa menggerakkan tubuhnya seiring dengan suara alat musik, hal itu menandai bahwa anak sudah mengerti ritme. Aktivitas ini umumnya bisa dilakukan saat anak berusia 17 hingga 18 bulan.

Gerak kakinya akan semakin menarik seiring bertambahnya usia, di mana hal ini adalah sebuah tanda bahwa ia mendapatkan kendali atas tubuhnya dan sebuah upaya menyempurnakan keterampilan motorik besarnya.

Ajari anak beberapa gerakan tarian sederhana untuk membantu mengasah kekuatan pengamatan dan kemampuannya untuk meniru apa yang dilihatnya.

8. Bersosialisasi

Pada usia satu tahun anak akan menjadi lebih bersosialisasi. Anak mulai memahami apa yang dikatakan orang kepadanya dan menggunakan keterampilan bahasa yang baru untuk menarik perhatian orang-orang di sekitarnya.

9. Menguji Batas Kemampuannya

Pada usia 1 tahun, seorang anak akan mulai menguji batas-batasnya, seperti merespons keinginan orang tua dengan ‘tidak’ atau membuat ulah. Bersikaplah tegas dan beri tahu anak bahwa perilaku ini tidak dapat diterima. Sementara itu, hargai perilaku yang baik dengan pujian atau memberinya camilan.

10. Lebih Dekat dengan Orang Tertentu

Anak akan lebih menyukai orang tertentu daripada orang lain. Anda dapat melihat anak menjadi pemalu atau cemas di sekitar orang asing, dan menempel pada Anda ketika mencoba untuk pergi. Ketika Anda harus keluar, pergilah secepatnya atau yakinkan anak bahwa Anda akan segera kembali.

Baca Juga: 5 Pertolongan Pertama saat Bayi Jatuh dari Tempat Tidur

Anak Usia 1 Tahun Belum Bisa Jalan, Perlukah Anda Khawatir?

Penting untuk diingat bahwa setiap anak berkembang secara berbeda-beda. Jika pada usia 1 tahun belum bisa berjalan, hal tersebut tidak selalu menunjukkan adanya masalah. Biasanya kekhawatiran ini didasari karena Anda tidak ingin anak tertinggal dari anak-anak lain yang sebaya.

Langkah terpenting untuk menentukan apakah ketidakmampuan anak berjalan perlu menjadi perhatian, pertimbangkan gambaran besarnya. Misalnya, meskipun anak tidak dapat berjalan pada usia 14 bulan, Anda mungkin memperhatikan bahwa bayi Anda dapat melakukan keterampilan motorik lainnya tanpa masalah, seperti berdiri sendiri, membuka pintu, serta memantul ke atas dan ke bawah.

Sementara itu, jika anak belum bisa berjalan pada usia 18 bulan, konsultasi dengan dokter anak diperlukan. Penting juga untuk disadari bahwa beberapa anak yang lahir prematur  membuatnya berjalan lebih lambat daripada anak-anak pada usia yang sama.

Penyebab Anak Umur 1 Tahun Belum Bisa Duduk

Seperti halnya berjalan, seorang anak yang belum bisa duduk juga membuat orang tua khawatir. Anak akan belajar duduk mandi antara usia 4 hingga 7 bulan. Pada usia 8 bulan, banyak bayi dapat duduk dengan baik selama beberapa menit. Lantas, apa yang membuat anak 1 tahun tidak bisa duduk? Hal ini mungkin terjadi karena otot punggung dan leher yang belum cukup kuat.

Jika anak Anda tidak bisa duduk sendiri pada usia sembilan bulan, segera konsultasi dengan dokter anak karena hal ini mungkin tanda keterlambatan keterampilan motorik.

 

  1. Anonim. Baby Development: Your 1-Year-Old. https://www.webmd.com/parenting/baby/baby-development-1-year-old#1. (Diakses pada 30 Maret 2021).
  2. Anonim. 2019. Toddler Milestones: Your One-Year-Old’s Biggest Achievements. https://www.whattoexpect.com/toddler/photo-gallery/toddler-milestones.aspx. (Diakses pada 30 Maret 2021).
  3. Higuera, Valencia. 2016. 14-Month-Old Not Walking: Should You Worry?. https://www.healthline.com/health/parenting/14-month-old-not-walking. (Diakses pada 30 Maret 2021).
  4. Stewart, Darienne Hosley. Baby milestones: Sitting. https://www.babycenter.com/baby/baby-development/baby-milestones-sitting_6505. (Diakses pada 30 Maret 2021).


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi