Anak Sering Ngompol Tanda Diabetes?

tes-diabetes-doktersehat
Photo Source: Flickr/v1ctor

DokterSehat.Com– Siapa bilang diabetes hanya menyerang orang tua saja? Dalam realitanya, setiap orang yang memilliki risiko diabetes akibat faktor genetik atau mereka yang tidak menerapkan gaya hidup sehat akan rentan terkena penyakit mematikan ini. Sebagai contoh, ada seorang anak bernama Fulki Baharuddin Prihandoko yang sudah menderita diabetes saat usianya baru 9 tahun.

Fulki mengalami gejala diabetes berupa sering merasa haus. Saat itu, ia bahkan bisa minum 1 liter air dalam waktu yang singkat. Hal ini membuatnya mudah ngompol di malam hari. Awalnya, orang Fulki berpikir jika buah hatinya mengalami infeksi saluran kemih sehingga mencarikan obat untuk mengatasi masalah kesehatan ini. Obat ini memang manjur, namun setelah habis, masalah ngompol ini kembali muncul.

Setelah diperiksakan ke dokter, ternyata tidak ada masalah apapun di saluran kemihnya. Orang tuanya pun keheranan. Setelahnya, terlihat jelas bahwa berat badan Fulki semakin menurun, rambutnya banyak yang rontok, dan tubuhnya sering lemas. Curiga dengan gejala-gejala ini, Fulki pun kembali diperiksakan ke dokter untuk mendapatkan perawatan yang jauh lebih mendalam. Hasilnya adalah, kadar gula darahnya sudah sangat tinggi dan didiagnosis terkena diabetes tipe 1.

Menurut Ketua Pengurus Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI), Bhaktu Pulungan, diabetes tipe 1 memang bisa menyerang anak-anak dengan usia 5-14 tahun. Masalahnya adalah penyakit ini belum tentu terkait dengan gaya hidup tidak sehat. Beberapa faktor yang menyebabkan penyakit ini adalah faktor genetik atau keturunan, faktor lingkungan, gangguan pankreas, dan penurunan sistem imun tubuh.

Jika sampai diabetes tipe 1 tidak ditangani dengan baik, maka penderitanya akan lebih rentan terkena komplikasi seperti serangan jantung, koma diabetes, hingga odema otak. Karena alasan inilah deteksi dini dari penyakit ini sangatlah penting agar komplikasi mengerikan ini tidak sampai muncul.

Sebagai contoh, jika sampai anak mudah lapar meski sudah makan dan meskipun sudah banyak makan berat badannya menurun drastis, ada kemungkinan hal ini adalah tanda dari diabetes tipe 1. Selain itu, seperti yang dialami oleh Fulki, penderitanya bisa saja mengalami rasa haus yang luar biasa atau mengompol di malam hari karena minum air terlalu banyak demi mengompensasi rasa haus tersebut.