5 Cara Menurunkan Berat Badan Anak yang Terlalu Gemuk

anak-obesitas-doktersehat
photo credit : nieuwspaal

DokterSehat.Com– Obesitas atau kelebihan berat badan tak hanya bisa menyerang orang dewasa, tapi anak kecil juga. Sampai saat ini, ada begitu banyak anak kecil yang mengalami obesitas. Bahkan, data terkini mengatakan kalau lebih dari 15 persen anak kecil sepanjang tahun 2017 mengalami berat badan berlebih.

Tentunya hal itu harus diperhatikan, sebab jika tidak segera diatasi maka akan membuat anak akan terganggu aktivitas serta kesehatannya pada dewasa nanti. Terlebih lagi pola hidup sekarang yang sangat memprihatinkan, anak-anak jarang keluar rumah dan hanya bermain gadget serta bermalas-malasan.

Untuk itu, berikut adalah 5 cara menurunkan berat badan anak.

1. Ajari untuk Beraktivitas

Bermain gadget boleh saja, asal mengerti batasan dan waktu. Sebagai orang tua, hendaknya kita mengajarkan anak untuk beraktivitas di luar rumah, misalnya berkebun, bermain bola, ataupun aktivitas lainnya. Dengan begitu, anak tak akan bermalas-malasan di dalam rumah dengan gadgetnya.

2. Atur Pola Makan

Selanjutnya, aturlah pola makan anak. Ajari anak tentang makanan yang baik dikonsumsi serta yang tidak baik. Dengan memberikan pengetahuan itu, anak akan mulai berpikir dan menjaga pola makannya. Kalau bisa, hal ini diterapkan juga dalam keluarga sehingga menjadi sebuah kebiasaan baik.

3. Makan di Meja Makan

Cara selanjutnya adalah membiasakan anak untuk makan di meja makan. Jangan biarkan dia untuk makan di tempat tidur. Sebab, hal ini bisa membuatnya menjadi pemalas. Ajarkan anak menjadi seseorang yang rajin dan disiplin sedini mungkin, termasuk dalam hal makan.

4. Hindari Minuman Bersoda

Jika Anda sangat menyukai minuman bersoda, alangkah baiknya untuk minum di luar rumah. Sebab, jika Anda sampai memiliki stok di dalam kulkas, maka anak juga akan menirunya. Padahal soda sangat hebat dalam menambah berat badan.

5. Ubah Menu Makanan

Yang terakhir adalah mencoba untuk merubah menu makanan sehari-hari di rumah. Jangan dibiasakan untuk mengonsumsi makanan enak terus, sesekali Anda harus merubah menunya menjadi makanan sehat, seperti sayuran. Walaupun rasanya kurang nikmat, tapi hal ini harus dibiasakan demi kesehatan anak.