Terbit: 8 April 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Salah satu permasalahan yang sering dialami oleh para orang tua yang berada di usia sekolah adalah anak-anaknya tidak mau mengerjakan pekerjaan rumah atau PR. Orang tua kadang kehabisan akal untuk membujuk anak agar mau mengerjakan PR. Bagaimana cara membuat anak mau mengerjakan PR dengan baik?

Anak Malas Mengerjakan PR, Harus Bagaimana?

Tips mengajak anak mau mengerjakan PR

Bagi anak-anak, mengerjakan PR mungkin bukan sesuatu hal yang menyenangkan sehingga anak-anak malas melakukannya. Agar dapat mengatasi masalah tersebut, bicarakan pada anak mengapa ia tidak mau mengerjakan PRnya. Apakah ada masalah di sekolah, masalah dengan gurunya, atau ia kesulitan memahami pelajaran tersebut di sekolah? Dengan mengetahui permasalahan utamanya, Anda bisa membantu anak dengan tepat dan tidak malas lagi mengerjakan tugasnya.

Selain dengan cara tersebut, Anda juga dapat membuat anak mau mengerjakan PR dengan cara berikut:

1. Buat jadwal tetap mengerjakan PR

Tentukan jadwal mengerjakan PR yang sama setiap harinya. Cara ini dapat digunakan untuk membantu anak membiasakan diri mengerjakan PR tepat waktu. Anda bisa memilih waktu saat pulang sekolah, sore hari atau malam hari. Dengan memiliki jadwal rutin mengerjakan PR, maka anak dapat tahu dengan sendirinya apa yang harus ia lakukan pada waktu-waktu tersebut.

2. Buat suasana mengerjakan PR menyenangkan
Saat mengerjakan PR, anak mungkin terbawa suasana tegang atau serius di sekolah. Saat di rumah, buat suasana mengerjakan PR jadi santai dan menyenangkan seperti biarkan anak mengerjakan PR ditemani musik, mengerjakan PR di tempat favoritnya, atau buatkan camilan kesukaannya agar anak makin semangat untuk mengerjakan PR.

3. Jelaskan akibatnya jika ia tidak mengerjakan PR
Meskipun malas, namun Anda tetap perlu mengingatkan pada anak tentang tanggung jawabnya mengerjakan PR. Jika anak tidak mau mengerjakan PR, dapat berisiko nilainya menjadi turun dan tidak naik kelas.

4. Beri motivasi untuk jadi yang terbaik

Berikan motivasi dan pengetian pada anak mengapa ia hrus mengerjakan PR dan pentingnya mendapatkan nilai yang baik di kelas. Jelaskan pada anak mengenai pentingnya bersikap disiplin pada aturan sekolah, dan bagaimana jika ia melanggarnya. Beri tahu juga pada anak bahwa jika ia berprestasi, hal ini akan membuat masa depannya lebih baik.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Kids Baby - Advertisement


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi