Terbit: 27 Maret 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Pernahkah Anda merasakan makanan yang diberi MSG? Tentu lebih gurih, nikmat dan seakaan membuat kita ketagihan. Hal ini lumrah karena kandungan monosodium glutamat mampu membuat kita merasa makanan lain menjadi terasa hambar.

Anak Kecanduan MSG? Ini Makanan Penggantinya

Hal tersebut yang menyebabkan anak menjadi sulit makan. Kerap tidak disadari jika kita juga terbiasa menambahkan MSG pada masakan untuk satu rumah yang mungkin kemudian dikonsumsi anak. Inilah penyebab anak menjadi sulit makan karena anak juga merasa bahwa makanan lain yang tanpa MSG rasanya hambar.

U.S Food Drug Administration menyebutkan bahwa MSG termasuk bahan makanan tambahan yang penggunaannya secara umum aman namun, tidak dianjurkan berlebihan.

Untuk itu ada beberapa hal yang bisa kita lakukan untuk mencegah penggunaan MSG dan meningkatkan nafsu makan anak, diantaranya adalah:

    - Iklan -
    Iklan DokterSehat Farmaku PTH - Advertisement

  1. Tidak menggunakan MSG buatan dalam masakan

  2. Saat memasak kurangi penggunaan MSG, jika sudah terbiasa maka kurangi secara perlahan hingga kita terbiasa tidak lagi menggunakan MSG. Ini berlaku juga pada masakan yang mungkin kita masak khusus untuk anak-anak.

  3. Pisahkan masakan untuk anak dan masakan rumah

  4. Jika penggunaan bumbu buatan MSG, garam atau gula sulit dikurangi, maka sendirikan masakan untuk anak sehingga bumbu yang digunakan pada masakan anak lebih terkontrol

  5. Gunakan tomat sebagai alternatif bumbu masakan atau bahan makanan

  6. Tomat memiliki kandungan glutamat yang sama dengan MSG. Umumnya MSG merupakan senyawa yang tercipta karena adanya proses fermentasi pada produk keju atau daging. Namun tomat memiliki senyawa glutamat yang terbentuk alami dari turunan kandungan proteinnya. Sehingga rasa gurih dari tomat akan memberikan sensasi yang sama dengan MSG. Gunakan lebih banyak tomat sebagai bahan baku masakan atau bahan dasar bumbu saus untuk anak.

Dengan melakukan tiga hal diatas, kita akan mencegah anak kecanduan MSG sehingga anak akan terbiasa dengan rasa baru dari makanan segar yang tentu lebih kaya zat gizi, vitamin dan mineral.

Bagaimana, Anda tertarik mencoba mengganti penggunaan MSG dengan tomat?


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi