Ingin Menjadi Batman, Anak Ini Sengaja Digigit Kelelawar

kelelawar_rabies_doktersehat_2
Photo Source: Flickr/furryscalyman

DokterSehat.Com– Setiap anak tentu memiliki impian atau cita-cita tersendiri. Hanya saja, karena mereka masih kecil dan sering melihat tontonan anak-anak atau tayangan superhero, kadangkala cita-citanya sangat unik dan aneh. Sebagai contoh, seorang bocah yang tidak disebutkan namanya dari Ujung Baji, Takalar, Sulawesi Selatan ini justru bercita-cita menjadi Batman.

Banyak anak yang juga memiliki keinginan untuk menjadi pahlawan super ini. Tak hanya kuat, tangguh, dan membasmi kejahatan, Batman juga keren dan kaya raya. Hanya saja, demi menjadi Batman, bocah ini justru nekat ingin digigit oleh kelelawar! Ia pun meminta teman-temannya untuk membantunya digigit oleh kelelawar di jarinya.

Setelah digigit, sang anak langsung kesakitan dan menjerit meminta tolong karena kelelawar ini tak kunjung melepaskan jarinya. Kisahnya pun kemudian viral di media sosial karena dianggap konyol dan lucu.

Sayangnya, dibalik kelucuan dari tindakan konyol sang anak, tindakannya ternyata bisa membahayakan kesehatan. Jika sampai digigit kelelawar, apalagi jika kelelawar ini adalah liar, maka kita pun akan berisiko terkena rabies!

Sebagai informasi, hewan yang bisa menyebabkan rabies adalah kelelawar, kucing, dan kera. Memang, kasus rabies yang disebabkan oleh gigitan kelelawar sangatlah jarang terjadi karena hewan ini cenderung menghindari manusia, namun tetap saja kita tidak boleh menyepelekannya.

Jika sampai tergigit kelelawar atau hewan-hewan lain yang berpotensi menyebarkan rabies, kita harus segera membersihkan luka dengan air mengalir selama 15 menit, mencucinya dengan sabun, dan memberikan antiseptik seperti iodine. Selain itu, kita harus segera memeriksakan kondisi kesehatan ke dokter demi mencegah datangnya rabies ini.

Belum jelas bagaimana kabar dari sang anak setelah digigit kelelawar. Semoga saja ia tidak sampai terkena rabies dan langsung diperiksakan kondisinya ke dokter.