Ampuhkah Jeruk Nipis dan Kecap Obati Batuk?

doktersehat-kecap-jeruk-nipis-untuk-batuk
Photo Credit: fussfreecooking

DokterSehat.Com– Selain minum obat yang diresepkan oleh dokter, batuk kerap diatasi dengan meminum beberapa ramuan tradisional. Ada yang membuat ramuan dari bahan kencur yang dianggap mampu meredakan dahak dan ada juga yang menggunakan air jeruk nipis dicampur dengan menggunakan kecap.

Nah, yang jadi pertanyaan sekarang, apakah jeruk nipis dan kecap benar-benar bermanfaat untuk mengobati batuk yang cukup mengganggu. Lantas kandungan apa saja yang dimiliki oleh dua bahan ini sehingga batuk bisa diredakan dengan cepat?

Penelitian tentang jeruk nipis dan kecap
Penelitian tentang jeruk nipis dan kecap yang mampu menyembuhkan batuk belum dilakukan oleh beberapa praktisi. Jadi, kemampuan dua bahan ini menyembuhkan masih sebatas pseudoscience saja.

Selama ini kemampuan jeruk nipis dan kecap hanya kebetulan saja. Hanya karena dilakukan oleh banyak orang lalu batuk jadi reda, semua orang mengikutinya. Akhirnya kebiasaan ini membudaya dan jeruk yang dicampur dengan kecap dianggap sebagai obat herbal yang memberikan manfaat cepat dan nyata.

Batuk-Rejan-Pertusis-doktersehat
Efek yang diberikan jeruk nipis dan kecap
Sebenarnya ada alasan mengapa menggunakan jeruk nipis ketimbang bahan lainnya. Buah ini mengandung vitamin C dalam jumlah yang banyak. Vitamin C yang terkandung di dalam jeruk nipis mengandung banyak antioksidan dan menekan radikal bebas yang ada di dalam tubuh.

Antioksidan yang terkandung di dalam Vitamin C dapat merangsang daya tahan tubuh untuk melawan penyakit. Setelah minum air jeruk nipis, lendir atau dahak di dalam tubuh akan menjadi encer sehingga mudah dikeluarkan saat batuk.

Fungsi dari kecap sebenarnya tidak ada. Kecap tidak memberikan efek kesehatan. Bahan masakan ini hanya memberikan rasa manis yang menetralkan rasa asam dari jeruk nipis. Kalau Anda tidak suka dengan manisnya kecap, ganti dengan madu yang sudah terbukti memberikan manfaat untuk tubuh.