Amankah Mengonsumsi Kapsul Vitamin E untuk Kesehatan Kulit?

vitamin-E-doktersehat
Photo Credit: Flickr.com/Lindsey Turner

DokterSehat.Com– Salah satu cara untuk menjaga kesehatan kulit adalah dengan mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin E. Beruntung, kini banyak merek yang memproduksi kapsul vitamin E yang berfungsi untuk menjaga kesehatan kulit Anda. Namun, apakah aman mengonsumsi kapsul vitamin E, terutama dari segi kesehatan?

Photo Credit: Flickr.com/Lindsey Turner

1. Tidak untuk Pengidap Alergi Vitamin E

Siapa yang menyangka ternyata tidak semua orang dapat mengonsumsi vitamin E. Bahkan, sebagian orang memunculkan reaksi alergi saat mengonsumsi kapsul vitamin E. Biasanya, pengidap alergi vitamin E akan mengalami mual, muntah, diare, sakit kepala, munculnya ruam hingga mengalami penglihatan kabur.

2. Pengawasan Dokter untuk Wanita Hamil

Sedangkan Anda yang sedang menjalani masa kehamilan ternyata masih diperbolehkan mengonsumsi kapsul vitamin E. Namun, hal ini harus dilakukan di bawah pengawasan dokter. Pasalnya, dosis dari kapsul vitamin E yang digunakan sering berbeda dari dosis sebelumnya. Pemilihan dosis tersebut bertujuan untuk mencegah efek buruk pada kesehatan Anda dan janin.

3. Jangan Mengonsumsi Vitamin E Bersamaan dengan Mineral Oil

Mengonsumsi kapsul vitamin E terbilang aman selama Anda tidak menggunakan atau mengonsumsi mineral oil. Pasalnya, hal tersebut justru akan memicu terjadinya pengenceran darah yang sangat berbahaya bagi kesehatan. Jika terpaksa mengonsumsi vitamin E dan mineral oil dalam waktu bersamaan, sebaiknya konsultasikan dahulu dengan dokter.

4. Mengetahui Dosis yang Tepat

Tingkat keamanan mengonsumsi kapsul vitamin E juga bergantung pada dosis. Apalagi, kapsul vitamin E yang ada saat ini tersedia dalam beberapa pilihan dosis mulai dari 200 IU hingga 1000 IU. Dilansir dari laman Everyday Health, dosis tepat dalam mengonsumsi kapsul vitamin E untuk pria dan wanita berusia di atas 18 tahun adalah 1.000 mg per hari.

Mengonsumsi kapsul vitamin E untuk kesehatan kulit ternyata sangat aman jika Anda memerhatikan sejumlah hal tersebut. Namun, bagi Anda yang mengalami kondisi tertentu seperti memiliki jenis kulit kering atau berminyak, tidak ada salahnya untuk mengonsultasikannya kepada dokter.