Amankah Mengoleskan Alkohol pada Kulit Wajah Berjerawat?

doktersehat-flek-hitam-wajah-sinar-UV-jerawat-komedo

DokterSehat.Com– Alkohol merupakan salah satu bahan yang kerap digunakan sebagai komposisi dari skincare khusus kulit berjerawat. Hal ini lantaran alkohol dapat menyerap kelebihan minyak yang menjadi penyebab jerawat. Namun, mengoleskan alkohol juga dapat menjadikan kulit kering. Tidak heran jika sebagian orang bertanya-tanya tentang keamanan penggunaan kulit pada wajah berjerawat.

1. Mengeringkan Jerawat Lebih Cepat

Dilansir dri laman Total Beauty, mengoleskan alkohol pada wajah yang berjerawat dapat meredakan jerawat dalam waktu singkat. Apalagi, penyebab umum dari jerawat adalah kelebihan minyak. Tidak heran jika penggunaan alkohol sangat disarankan untuk kulit yang berjerawat. Tidak hanya menyerap minyak berlebih, alkohol juga mengeringkan jerawat lebih cepat

2. Membasmi Bakteri

Mengoleskan alkohol pada kulit berjerawat ternyata juga ampuh menjaga kebersihan kulit. Alkohol sendiri dikenal sebagai salah satu antiseptic yang ampuh membasmi bakteri, virus mau pun jamur yang menempel pada kulit. Tidak heran jika mengoleskan alkohol pada kulit berjerawat dapat mencegah bakteri penyebab jerawat datang kembali.

3. Menyebabkan Iritasi pada Kulit

Namun, penggunaan alkohol untuk mengatasi jerawat tidak disarankan untuk dilakukan terlalu sering. Pasalnya, alkohol dapat menghilangkan kelembapan alami kulit. Kondisi yang demikian tentu akan memicu terjadinya breakout. Tidak hanya itu saja, alkohol yang dipakai terlalu sering pada kulit wajah juga dapat menimbulkan reaksi iritasi mau pun ruam.

Penggunaan alkohol untuk kulit berjerawat terbilang aman jika Anda tidak menggunakannya terlalu sering. Pasalnya, penggunaan alkohol yang terlalu sering justru akan menjadikan kulit kering dan kehilangan kelembapan alaminya. Maka dari itu, tidak ada salahnya untuk melakukan konsultasi terlebih dahulu dengan dermatologis bagi Anda yang ingin menjajal penggunaan alkohol untuk kulit berjerawat.