Terbit: 6 April 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Anda mungkin mengenal minyak jarak sebagai minyak untuk merawat kecantikan atau sebagai obat pencahar. Namun ternyata minyak jarak juga bisa digunakan untuk menginduksi persalinan. Benarkah minyak jarak efektif untuk membantu persalinan?

Amankah Menginduksi Persalinan dengan Minyak Jarak?

Minyak jarak sebagai induksi persalinan

Minyak jarak sebagai obat pencahar memiliki kandungan tertentu yang dapat merangsang gerakan peristaltik di dalam usus yang bisa membantu melepaskan prostaglandin yang memicu kontraksi pada rahim. Selain itu prostaglandin juga dapat meningkatkan penyerapan cairan di usus sehingga mendorong kontraksi dan membatu pelebaran leher rahim.

Setelah Anda menggunakan minyak jarak, Anda akan mengalami diare setelah 2-6 jam penggunaan minyak tersebut dan disusu; dengan kontraksi uterus. Ketika persalinan dimulai, diare akan cenderung mereda. Meskipun minyak jarak dapat merangsang persalinan, namun para peneliti menganggap minyak jarak bukanlah induksi yang efektif untuk persalinan.

Dilansir dari New Kids Center, penggunaan minyak jarak untuk induksi persalinan dapat menyebabkan kontraksi yang menyakitkan dan tidak teratur. Kondisi ini dapat meyebabkan ibu dan bayi menjadi stres. Selain itu ada kemungkinan juga bayi yang lahir dengan induksi ini akan ikut menelan air ketuban. Pada beberapa kasus, hal ini dapat menyebabkan gangguan kesehatan setelah lahir.

Cara menggunakan minyak jarak sebagai induksi persalinan

Minyak jarak memiliki tekstur, aroma dan rasa yang tajam sehingga sering kali sulit untuk diminum secara langsung. Banyak wanita yang mencampur minyak jarak dengan minuman lainnya seperti jus atau yoghurt untuk diminum sebelum persalinan. Campurkan dua sendok minyak jarak pada minuman lain yang Anda minum untuk mendapatkan reaksinya.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Family Fest - Advertisement

Meskipun minyak jarak telah lama dipercaya sebagai obat induksi persalinan, Anda sebaiknya berkonsultasi dulu dengan dokter sebelum menggunakan minyak tersebut.


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi