Amankah Menggoreng dengan Margarin?

mentega-doktersehat
Photo Source: Flickr/andrewmalone

DokterSehat.Com– Saat menggoreng makanan, terkadang kita tidak hanya menggunakan minyak goreng, namun juga menggunakan bahan-bahan lainnya seperti mentega. Banyak orang yang lebih suka memakai mentega karena bisa memperkuat aroma dan rasa makanan. Hanya saja, ada anggapan bahwa menggoreng makanan dengan margarin bisa berbahaya bagi kesehatan. Sebenarnya, apakah anggapan ini memang sesuai dengan fakta kesehatan?

Pakar kesehatan Prof. Dr. dr. Ratna Djuwita, MPH yang berasal dari Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia menyebutkan bahwa di dalam kemasan margarin, kita biasanya akan menemukan label yang bertuliskan adanya kandungan asam lemak omega 3 dan omega 6. Selain itu, produk margarin ini juga disebut-sebut memiliki kandungan vitamin yang baik bagi tubuh. Sayangnya, pakar dr. Ratna juga berkata bahwa berbagai kandungan sehat di dalam margarin seperti asam lemak omega 3 dan omega 6 ini akan rusak jika dipanaskan dengan suhu tinggi.

“Sebenarnya, asam lemak omega 3 dan omega 6 sangat penting bagi kesehatan otak, khususnya bagi pertumbuhan sel-selnya. Ada kaitan erat antara kecerdasan anak sehingga anak-anak sangat disarankan untuk mengonsumsinya. Hanya saja, bukan berarti kita harus mendapatkannya dari margarin yang digunakan untuk menggoreng makanan. Jika kita memanaskannya, maka komposisi lemak di dalam margarin akan berubah dan membuat asam lemak tersebut rusak. Hal ini justru akan membuat manfaat sehatnya menghilang,” ungkap dr. Ratna.

Selain tidak memberikan manfaat kesehatan, bisa jadi margarin yang digunakan untuk menggoreng memberikan dampak buruk. Sebagai contoh, kandungan lemak ini justru akan berubah menjadi lemak jenuh yang dikenal luas sangat buruk bagi kesehatan jantung dan pembuluh darah.

Lantas, bagaimana cara terbaik untuk mengonsumsi margarin?

Dr. Ratna menyarankan kita untuk mengoleskannya pada roti atau menggunakannya saat menumis makanan. Hanya saja, pastikan untuk menggunakan margarin dengan porsi yang sedikit.

“Dioleskan saja pada roti. Yang pasti jangan dipakai untuk deep fried. Bisa dipakai untuk baking tapi sebaiknya suhunya tidak terlalu tinggi sehingga kandungan di dalam mentega tidak akan rusak atau berubah menjadi tidak sehat,” pungkasnya.