Amankah Makan Buah Sebelum Tidur?

doktersehat-buah-sembelit
Photo Credit: Flickr.com/Vegan Feast Catering

DokterSehat.Com– Kadangkala perut kita merasa lapar sebelum tidur. Namun, karena kita tidak ingin mengalami kenaikan berat badan akibat mengonsumsi makanan atau camilan, kita pun akhirnya memilih untuk mengonsumsi buah sebelum tidur. Sebenarnya, apakah hal ini tidak apa-apa bagi kesehatan tubuh kita?

Pakar kesehatan Dr Shutosh Gautam yang merupakan Clinical Operations and Coordinator Manager, Baidyanath, menyebutkan bahwa sebagaimana makanan lainnya, ada baiknya kita tidak mengonsumsi buah terlalu dekat dengan waktu tidur. Bahkan, ada baiknya kita memberikan batas antara waktu makan dan waktu tidur sekitar 3 jam.

Buah termasuk dalam makanan yang cenderung dicerna dengan lebih cepat dalam saluran pencernaan. Buah juga akan memasuki usus setelah diproses dalam perut lebih awal dibandingkan dengan makanan lain yang kaya akan protein. Sebagai informasi, makanan kaya protein membutuhkan lebih banyak waktu sekaligus lebih banyak cairan lambung agar bisa dicerna oleh tubuh.

Pakar kesehatan Dr. Anju Sood dari Bangalore, India, juga menyarankan hal yang sama. Menurutnya, dengan mengonsumsi buah sebelum tidur, maka tubuh akan mendapatkan banyak asupan gula yang bisa menjadi sumber energi sebelum kita beristirahat. Hal ini justru bisa memicu kenaikan berat badan.

Bagi penderita diabetes, mengonsumsi buah bersama dengan makanan lainnya juga bisa memberikan dampak buruk bagi kondisi kesehatannya, khususnya dalam memicu kenaikan gula darah. Karena alasan inilah pakar kesehatan menyarankan penderita diabetes mengonsumsi buah terpisah dengan makanan lainnya.

Melihat adanya fakta ini, ada baiknya kita tidak mengonsumsi buah sebelum tidur dan mengonsumsi makanan beberapa jam sebelum tidur yang kaya akan kandungan serat agar tetap merasa lapar hingga waktu tidur tiba.