Terbit: 8 Mei 2018 | Diperbarui: 9 Mei 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Kopi memang banyak digemari oleh berbagai kalangan. Bukan hanya pria, para wanita pun banyak yang mengaku tidak bisa lepas dari kopi setiap harinya. Khusus bagi ibu hamil, kopi termasuk salah satu minuman yang tidak disarankan untuk dikonsumsi selama kehamilan.

Benarkah Kopi Decaf Lebih Aman Bagi Ibu Hamil?

Ini disebabkan adanya kandungan kafein berbahaya bagi perkembangan janin. Lalu, bagaimana dengan kopi decaf?

Apa itu kopi decaf?

Kopi decaf merupakan salah satu jenis kopi yang sering dipilih oleh para peminum kopi namun ingin menghindari efek kafein dari kopi. Kopi decaf adalah kopi yang telah mengalami proses dekafeinasi atau menghilangkan unsur kandungan kafein dari biji kopi.

Hasilnya, Anda tetap bisa menikmati sensasi kopi namun tidak merasakan efek kafein dari kopi tersebut. Kopi decaf disebut-sebut dapat menghilangkan lebih dari 90 persen kandungan kafein dalam biji kopi.

Proses dekafeinasi pada kopi

Ada dua cara untuk menghilangkan unsur kafein pada kopi, yaitu dekafeinasi langsung dan tidak langsung. Proses dekafeinasi langsung dilakukan dengan merendam biij kopi dalam karbondioksida bertekanan khusus, kemudian kafein yang terkestraksi ke dalam gas karbon dioksida akan menguap setelah biji kopi kembali ke suhu ruang.

Sedangkan pada dekafeinasi tidak langsung, biji kopi tidak langsung terkena pelarutnya. Sebelum mulai dekafeinasi, biji kopi mentah direndam dalam air agar lunak dan kafein terekstraksi. Kemudian air yang mengandung kafein diberi pelarut dan dipanaskan.

Kafein akan keluar bersama pelarut sementara biji kopi menyerap kembali aroma kopi di dalam air. Proses inilah yang memungkinkan kopi decaf masih memiliki aroma dan rasa kopi meskipun sudah tidak mengandung kafein.

Kopi decaf bagi ibu hamil

Khusus memilih kopi decaf yang aman bagi ibu hamil, Anda perlu memerhatikan bahan yang digunakan untuk melarutkan kafein. Kopi decaf yang aman biasanya mencantumkan metode dekafeinasi yang digunakan. Beberapa kopi decaf yang aman umumnya bertuliskan ‘naturally decaffeinated’ yang berarti tidak ada bahan kimia berbahaya yang digunakan.

Meskipun Anda sudah mendapatkan kopi decaf yang sehat, perlu diingat bahwa kopi decaf tetap memiliki kandungan kafein walaupun dalam jumlah sedikit. Bagi ibu hamil tetap dianjurkan untuk mengonsumsi kopi decaf dengan bijak.


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi