Terbit: 1 April 2018 | Diperbarui: 31 Maret 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Apakah Anda penggemar sushi atau sashimi? Makanan khas Jepang kini cukup mudah diperoleh karena ketersediaannya yang sudah banyak di pasaran. Olahan makanan Jepang tentu saja disajikan seperti kebiasaan yang dikonsumsi oleh orang Jepang, namun kira-kira amankah jika kita mengonsumsi bahan makanan yang kerap disajikan mentah pada makanan Jepang?

Amankah Ikan Mentah Pada Makanan Khas Jepang?

Seperti yang kita ketahui bahwa konsumsi bahan makanan mentah, seperti telur atau ikan, berisiko menimbulkan keracunan makanan. Healthline menyebutkan bahwa adanya bakteri patogen, misalnya salmonela, yang masih aktif pada makanan mentah meningkatkan risiko penyakit pada organ hati.

Ikan menjadi bahan makanan yang umum disajikan pada makanan Jepang, misalnya sushi atau sashimi, umumnya ikan yang diolah adalah ikan segar pilihan.

Lalu apakah ikan mentah pada makanan Jepang berbahaya?

Pengolahan bahan makanan mentah untuk disajikan menjadi makanan khas Jepang telah melalui proses pembekuan suhu rendah yang mampu mematikan bakteri yang masih aktif.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Kids Baby - Advertisement

Hal inilah yang membuat ikan mentah pada olahan makanan Jepang menjadi aman untuk dikonsumsi.

Umumnya orang dewasa dalam kondisi sehat dan imunitas yang baik tidak akan mengalami masalah dalam mengonsumsi makanan mentah pada masakan Jepang, selama proses pengolahan makanannya tepat.

Namun, meskipun telah diolah untuk mengurangi risiko adanya bakteri pada bahan makanan, konsumsi bahan mentah pada makanan Jepang tetap berisiko untuk beberapa kelompok yaitu:

  • Ibu hamil
  • Balita atau anak-anak, dan
  • Orang dalam kondisi sakit

Ketiga kondisi di atas merupakan kelompok yang berisiko tinggi mengalami alergi atau kontaminasi bakteri dari makanan mentah. Sajian ikan yang telah matang lebih dianjurkan untuk kelompok yang sedang berisiko tersebut.

Nah, jadi kini jika Anda tidak sedang berada pada kondisi yang berisiko tinggi, olahan mentah pada makanan Jepang boleh Anda konsumsi ya.


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi