Terbit: 9 April 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Saat hamil, kadang ada saja gangguan kesehatan yang dirasakan oleh ibu hamil. Salah satunya adalah bersin-bersin. Meski terkesan sepele, namun bersin-bersin termasuk salah satu hal yang perlu diwaspadai.

Amankah Bersin-Bersin di Saat Hamil?

Bersin-bersin saat hamil merupakan hal yang banyak dialami oleh sebagian ibu hamil. Kondisi ini disebut rhinitis kehamilan yang disebabkan oleh ketidakseimbangan hormon kehamilan. Hormon estrogen dapat memengaruhi saraf otonom yang dapat meningkatkan sejumlah faktor termasuk parasimpatik, asetil kolin, dan juga meningkatkan penghambatan sistem simpatik.

Gejala rhinitis kehamilan

Beberapa gejala rhinitis kehamilan yang mudah diamati antara lain bersin-bersin, hidung tersumbat hingga penciuman berkurang, dan gatal-gatal. Anda tidak perlu khawatir, karena bersin-bersin ini umumnya aman dan tidak memicu keguguran.

Saat bersin umumnya disertai rasa nyeri tajam di sekitar perut, namun hal ini adalah hal yang normal. Tetapi Anda perlu segera memeriksakan diri ke dokter jika bersin-bersin ini disertai dengan sulit bernapas, susah makan atau susah tidur, nyeri dada, mengi, demam dan batuk berlendir hijau atau kuning.

Pemeriksaan kesehatan yang baik selama kehamilan dapat membantu menjaga kesehatan ibu dan janin selama kehamilan. Karena itu ibu hamil disarankan untuk rutin melakukan pemeriksaan dengan rutin. Selama kehamilan daya tahan tubuh akan berkurang atau berubah sehingga mudah merespon kuman berbahaya yang menyebabkan penyakit.

Jika bersin-bersin yang dialami ibu hamil adalah karena flu atau alergi, maka sebaiknya segera periksakan ke dokter. Ibu hamil tidak dapat mengonsumsi obat flu secara sembarangan karena dapat membahayakan janin. Pada beberapa kasus, flu yang dialami oleh ibu hamil juga dapat dialami oleh bayi dan dapat memicu keguguran. Karena itu begitu Anda merasakan gejala flu, jangan tunda gejala flu semakin parah baru memeriksakan diri ke dokter.

Selalau jaga kesehatan ya Mom!


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi