Terbit: 31 Oktober 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Avokad atau alpukat adalah salah satu buah yang digemari oleh masyarakat Indonesia. Buah ini bisa memberikan efek kenyang setelah dikonsumsi. Hanya saja, di dalam buah ini ternyata juga ada kandungan kolesterol yang tinggi. Mengingat kolesterol dikenal sebagai kandungan yang memiliki reputasi yang buruk bagi kesehatan, apakah berbahaya makan alpukat?

Fakta: Ada Kandungan Kolesterol di Dalam Alpukat

Kolesterol tinggi terkait dengan penyakit jantung, stroke, dan penyakit mematikan lainnya. Hanya saja, kolesterol yang ada di dalam alpukat ternyata adalah kolesterol HDL atau kolesterol baik. Bukannya menyebabkan masalah kesehatan, kolesterol baik ternyata bisa menurunkan kadar kolesterol jahat atau LDL dan membantu proses peluruhannya dari dalam tubuh. Hal ini akan membantu kadar kolesterol total di dalam tubuh tetap normal sehingga risiko terkena penyakit mematikan pun bisa ditekan.

Kandungan kolesterol baik di dalam alpukat ternyata juga mampu menurunkan kadar trigliserida darah. Sebagai informasi, bersama dengan kolesterol jahat, trigliserida adalah penyebab utama terbentuknya plak di dinding dalam pembuluh darah. Jika plak ini semakin menumpuk, aliran darah akan tersumbat sehingga bisa saja menyebabkan stroke atau serangan jantung sewaktu-waktu.

Alpukat mengandung kolesterol, namun di sisi lain juga tinggi lemak, tepatnya lemak tak jenuh tunggal. Lemak ini juga baik bagi kesehatan tubuh. Berdasarkan sebuah penelitian yang dipublikasikan hasilnya dalam Jouirnal of Clinical Lipidology, dihasilkan fakta bahwa orang-orang yang rajin mengonsumsi setengah hingga satu buah alpukat setiap hari akan mengalami penurunan kadar kolesterol dengan signifikan.

Selain itu, Para ahli dari Hass Avocado Board, California, Amerika Serikat juga menyebutkan bahwa dengan rajin makan alpukat, maka kita pun bisa menurunkan risiko terkena penyakit jantung dengan signifikan.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku PTH - Advertisement

Dr. Nikki Ford, direktur nutrisi dari Hass Avocado Board menyarankan kita untuk rutin mengonsumsi alpukat sebagai salah satu bagian diet harian. Tingginya kandungan serat yang ada di dalam alpukat juga disebut-sebut mampu membantu kita menjaga berat badan tetap ideal.

Melihat adanya fakta ini, tak perlu ragu lagi mengonsumsi alpukat setiap hari. Hanya saja, ada baiknya kita tidak menambahkan bahan lain ke alpukat yang kita konsumsi seperti susu kental manis atau gula karena justru bisa membuat manfaat kesehatannya menurun.


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi