Terbit: 28 April 2018 | Diperbarui: 30 April 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Apa yang Anda ketahui tentang serum? Kegunaannya? Manfaatnya untuk kulit wajah? Kami melansir pernyataan Dermatologist, Dr. Adam Geyer dari Make Up, yang akan menjabarkan pada Anda mengenai seluk-beluk serum yang wajib diketahui, terutama bila Anda adalah seorang beauty enthusiast. Berikut ulasannya!

Semua Tentang Serum yang Wajib Anda Tahu

Photo Credit: Flickr.com/Your Best Digs

1. Apa Itu Serum?

Ketika seseorang sudah paham dan lumrah dengan rangkaian perawatan wajah, serum menjadi sesuatu yang lazim digunakan. Serum meningkatkan kekuatan atau melengkapi kandungan-kandungan pada produk perawatan, sehingga, terutama produk anti-aging dapat terserap dengan baik oleh kulit wajah.

Menurut Geyer dilansir dari Make Up, serum biasanya diformulasikan dengan konsentrasi bahan aktif yang lebih tinggi. Serum biasanya berbentuk cairan yang cenderung lebih ringan daripada pelembap, dan umum digunakan sebelum Anda menggunakan pelembap, atau tanpa pelembap. Meski begitu, beberapa tetes serum, cukup untuk diratakan pada seluruh wajah.

2. Penggunaan Serum

Lalu, seberapa sering baiknya serum digunakan? Masih menurut Geyer, penggunaan serum seharusnya dua kali dalam satu hari. Gunakan serum setelah Anda membersihkan kulit wajah dengan toner atau facial foam. Setelah itu, Anda baru bisa menggunakan produk perawatan kecantikan lain, seperti tabir surya atau pelembap. Penggunaan serum baiknya diikuti dengan pijitan ke seluruh bagian kulit wajah.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Darlie - Advertisement

3. Memilih Serum

Seluk-beluk serum yang selanjutnya harus Anda tahu adalah tentang pemilihan serum yang tepat sesuai kebutuhan. Jawabannya bergantung pada tujuan Anda. Serum tersedia dalam beragam pilihan, dibedakan berdasarkan bahan aktif dan tekstur. Jenis-jenis tersebut memberikan dan membawa manfaat yang berbeda untuk kulit wajah.

Serum yang diformulasikan dengan water based, cocok untuk Anda dengan kulit wajah berminyak. Sementara, serum dengan formula yang lebih kaya, bagus untuk Anda yang berkulit kering. Meski begitu, ada 6 kandungan kombinasi bahan-bahan aktif yang terkandung dalam serum, yaitu zat kategori antioksidan, retinol, peptides, alpha beta hydroxyl acids, unique botanicals, dan growth factors.

 


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi