Kaitan Antara Alkohol dan Asam Urat

Photo Source: Flickr/ Simon Law

DokterSehat.Com– Minum alkohol telah menjadi gaya hidup sebagian orang. Padahal, sudah menjadi rahasia umum jika alkohol bisa menyebabkan datangnya berbagai penyakit berbahaya. Sebagai contoh, jika kita terlalu sering mengonsumsi minuman ini hingga mabuk, maka risiko untuk terkena penyakit asam urat akan meningkat. Sebenarnya, apa sih kaitan antara alkohol dengan asam urat?

Di dalam alkohol terdapat purin

Pakar kesehatan menyarankan kita untuk menurunkan asupan makanan yang tinggi purin seperti jeroan dan makanan laut jika tidak ingin terkena penyakit asam urat. Sayangnya, minuman beralkohol ternyata juga bisa menyebabkan efek yang sama.

Di dalam minuman ini terdapat kandungan purin yang sangat tinggi sehingga akan memicu penumpukan zat asam urat di dalam tubuh. Selain itu, alkohol juga akan merangsang tubuh mengeluarkan enzim tertentu yang bisa membuat organ hati kita memproduksi asam urat dalam jumlah yang lebih banyak.

Dua jenis penyakit asam urat

Pakar kesehatan menyebut ada dua jenis penyakit asam urat yang patut untuk kita waspadai, yakni penyakit asam urat (gout) primer dan penyakit asam urat sekunder. Khusus untuk gout primer, sebagian besar penyebabnya belum diketahui dan sepertinya terkait dengan faktor genetik atau kondisi hormonal tertentu. Sementara itu, gout sekunder biasanya disebabkan oleh faktor makanan yang kita konsumsi setiap hari.

Lebih sering menyerang pria

Penyakit asam urat memang cenderung lebih sering menyerang pria. Hal ini disebabkan oleh wanita yang memiliki hormon estrogen yang bisa membantu mengeluarkan zat asam urat melalui buang air kecil. Hanya saja, setelah wanita memasuki usia menopause dan produksi hormon estrogennya menurun, maka risiko terkena penyakit ini akan semakin meningkat.

Beberapa jenis minuman yang bisa menyebabkan penyakit asam urat

Salah satu jenis minuman beralkohol yang bisa membuat peningkatan risiko terkena penyakit asam urat paling besar adalah bir. Di dalam segelas bir dengan ukuran 355 ml saja sudah terdapat kandungan purin yang bisa meningkatkan risiko terkena penyakit asam urat. Selain itu, kemampuan minuman beralkohol dalam membuat ginjal kesulitan mengolah zat asam urat juga bisa membuat risiko terkena penyakit ini meningkat.

Berikut adalah beberapa minuman lain yang juga bisa menyebabkan penyakit asam urat.

  1. Minuman bersoda

Minuman bersoda yang memiliki rasa yang menyegarkan ini memang cocok untuk dikonsumsi tatkala suhu udara cukup panas. Sayangnya, di dalam minuman bersoda memiliki kadar gula darah yang sangat tinggi. Selain bisa menyebabkan kenaikan berat badan atau risiko diabetes, hal ini juga akan membuat kita lebih rentan terkena penyakit asam urat.

Dalam sebuah penelitian, dihasilkan fakta bahwa jika kita mengonsumsi sekaleng minuman bersoda saja setiap hari, maka risiko untuk terkena penyakit asam urat akan meningkat hingga dua kali lipat dibandingkan dengan hanya mengonsumsi sekaleng minuman ini per bulan.

  1. Minuman berkafein

Minuman berkafein seperti kopi memang bisa memberikan banyak manfaat kesehatan, namun jika dikonsumsi dengan berlebihan, bisa jadi kita justru akan mendapatkan dampak yang kurang baik. Salah satunya adalah dalam hal meningkatkan risiko terkena penyakit asam urat.

Berdasarkan sebuah penelitian, dihasilkan fakta bahwa mengonsumsi minuman berkafein dengan berlebihan bisa meningkatkan risiko terkena asam urat hingga 80 persen!  Karena alasan inilah, kita sebaiknya memang tidak meminum kopi atau teh dengan berlebihan. Satu atau dua cangkir per hari sudah cukup untuk memberikan manfaat kesehatan sekaligus mencegah datangnya masalah kesehatan.

  1. Minuman berenergi

Minuman berenergi juga tinggi gula sehingga bisa menyebabkan kenaikan risiko terkena asam urat dengan signifikan. Karena alasan inilah kita sebaiknya membatasi konsumsinya.