Tanda-tanda Kulit Alergi Terhadap Skincare

alergi-skincare-doktersehat-1
Photo Credit: Pexels.com

DokterSehat.Com– Penggunaan skincare pada kulit memang sangat diperlukan untuk menjaga kecantikan kita. Namun sebagaimana kita ketahui, ada banyak bahan kimia dalam produk yang kita gunakan, dan tidak semuanya baik untuk kulit. Beberapa produk kadang tidak cocok untuk kulit kita dan dalam jangka panjang justru akan merusak kulit.

Karenanya, untuk menghindari hal yang tak diinginkan, Anda perlu tahu tanda-tanda bahwa skincare yang digunakan tidak cocok untuk kulit Anda. Jika mengalami berbagai hal di bawah ini, maka Anda perlu waspada.

1. Kulit terasa gatal

Jika Anda merasakan gatal setelah menggunakan produk tertentu, maka sebaiknya hentikan pemakaian. Gatal bisa saja muncul karena bahan di dalam produk bereaksi kurang baik dengan kulit.

2. Rasa panas seperti terbakar

Tanda lain bahwa skincare yang Anda gunakan tidak cocok adalah munculny rasa panas saat digunakan. Rasa seperti terbakar tersebut akan langsung muncul saat produk digunakan, dan mungkin akan berlangsung beberapa lama. Coba konsultasikan dengan dokter jika hal ini terjadi.

3. Iritasi

Dampak yang lebih ekstrim dari skincare yang tidak sesuai adalah munculnya iritasi. Kulit akan terasa perih dan kemerahan. Setelah beberapa jam, Anda akan melihat luka pada kulit yang diolesi produk skincare. Jika ini terjadi, maka segera hentikan pemakaian.

4. Muncul Jerawat

Jerawat tidak selamanya disebabkan oleh kulit kotor. Kadang hal ini bisa terjadi karena produk yang Anda gunakan tidak cocok untuk kulit. Jika kulit semakin berjerawat setelah memakai produk tertentu, maka segera hubungi dokter atau hentikan pemakaian.

5. Kulit terasa kencang

Jika setelah menggunakan skincare Anda merasa kulit terasa kencang seperti ditarik, maka kemungkinan produk itu tidak cocok untuk Anda. Kulit kencang biasanya akan disertai rasa kering pada kulit.