Albendazole – Peringatan dan Pencegahan

obat albendazole

Albendazole adalah obat anti-cacing atau anthelmintik. Obat ini mencegah larva serangga yang baru menetas tumbuh atau berkembang biak di dalam tubuh Anda. Albendazole digunakan untuk mengobati infeksi tertentu yang disebabkan oleh cacing, seperti cacing pita.

Dosis Albendazole juga dapat digunakan untuk tujuan yang tidak tercantum dalam panduan pengobatan ini. Albendazole tidak boleh digunakan selama kehamilan, kecuali tidak ada pengobatan alternatif. Anda mungkin perlu melakukan tes kehamilan negatif sebelum memulai perawatan ini.

Anda tidak boleh menggunakan obat ini jika Anda alergi terhadap albendazole, atau terhadap obat-obatan serupa seperti mebendazole (Vermox).

Peringatan Obat Albendazole

Kontraindikasi obat Albendazole

Hipersensitivitas terhadap Albendazole atau Benzimidazole.

Perhatian!

  • Monitor kadar teofilin jika digunakan bersamaan
  • Potensi penekanan sumsum tulang, anemia aplastik & agranulositosis; monitor jumlah darah pada semua pasien pada awal setiap siklus 28-hari terapi, dan setiap 2 minggu; menghentikan terapi jika perubahan yang signifikan dalam jumlah darah terjadi
  • Sudah ada neurocysticercosis dapat ditemukan pada pasien yang diobati dengan albendazole untuk kondisi lain, jelas dengan gejala neurologis (misalnya, kejang, peningkatan tekanan intrakranial, tanda-tanda fokal); segera berikan kortikosteroid & terapi antikonvulsan
  • Tes kehamilan perlu dilakukan pada wanita usia reproduksi sebelum terapi dan menghindari penggunaan pada wanita hamil kecuali dalam keadaan klinis di mana tidak ada manajemen alternatif yang tepat; menghentikan terapi jika kehamilan terjadi dan memberitahukan pasien potensi bahaya untuk janin
  • Risiko kerusakan retina di pada sistiserkosis retina; kasus keterlibatan retina dilaporkan; periksa pasien untuk adanya lesi retina sebelum memulai terapi untuk neurocysticercosis
  • Peningkatan reversibel enzim hati dapat terjadi; memonitor enzim hati sebelum dimulainya setiap siklus pengobatan dan setidaknya setiap 2 minggu pada terapi dan hentikan jika peningkatan signifikan terjadi; pasien dengan LFT abnormal dan echinococcosis hati berada pada peningkatan risiko hepatotoksisitas; menghentikan terapi jika LFT > 2 kali batas atas normal; dapat mempertimbangkan memulai lagi pengobatan ketika nilai-nilai LFT kembali ke tingkat sebelum terapi

Kehamilan dan Menyusui

Keamanan untuk kehamilan: Kategori C.

Jenis kategori obat untuk kehamilan:

  • Kategori A: Secara umum dapat diterima, telah melalui penelitian pada wanita-wanita hamil, dan menunjukkan tidak ada bukti kerusakan janin
  • Kategori B: Mungkin dapat diterima oleh wanita hamil, telah melalui penelitian pada hewan coba namun belum ada bukti penelitian langsung pada manusia.
  • Kategori C: Digunakan dengan hati-hati. Penelitian pada hewan coba menunjukkan risiko dan belum ada penelitian langsung pada manusia
  • Kategori D: Digunakan jika memang tidak ada obat lain yang dapat digunakan, dan dalam kondisi mengancam jiwa.
  • Kategori X: Jangan digunakan pada kehamilan.
  • Kategori NA: Tidak ada informasi

Pada ibu menyusui, belum ada data, gunakan dengan hati-hati.

Interaksi Obat Albendazole

Interaksi obat Albendazole dapat mengubah cara kerja obat Anda atau meningkatkan risiko Anda untuk efek samping obat Albendazole yang serius. Dokumen ini tidak mengandung semua kemungkinan interaksi obat. Simpan daftar semua produk yang Anda gunakan (termasuk obat resep / non-resep dan produk herbal) dan konsultasikan dengan dokter dan apoteker Anda. Jangan memulai, menghentikan, atau mengubah dosis obat apa pun tanpa persetujuan dokter Anda.

Penyimpanan obat Albendazole

Simpan obat Albendazole pada suhu kamar jauh dari cahaya dan kelembapan. Jangan simpan di kamar mandi. Jauhkan obat dari anak-anak dan hewan peliharaan.

Jangan membuang obat Albendazole ke toilet atau menuangkannya ke saluran pembuangan kecuali diperintahkan untuk melakukannya. Buang produk ini dengan benar ketika kedaluwarsa atau tidak lagi diperlukan. Konsultasikan dengan apoteker atau perusahaan pembuangan limbah setempat.

Tindakan pencegahan

Sebelum menggunakan Albendazole, beri tahu dokter atau apoteker Anda jika alergi terhadapnya; atau obat anthelmintik benzimidazole lainnya (seperti mebendazole); atau jika Anda memiliki alergi lain. Produk ini mungkin mengandung bahan-bahan yang tidak aktif, yang dapat menyebabkan reaksi alergi atau masalah lain. Bicarakan dengan apoteker Anda untuk lebih jelasnya.

Sebelum menggunakan obat Albendazole, beri tahu dokter atau apoteker riwayat kesehatan Anda, terutama dari: penyakit hati, masalah saluran empedu (seperti penyumbatan), kelainan darah / sumsum tulang.

Obat ini dapat menyebabkan masalah hati. Karena minum alkohol meningkatkan risiko masalah hati, batasi minuman beralkohol saat menggunakan obat ini. Periksa dengan dokter atau apoteker Anda untuk informasi lebih lanjut.

Sebelum menjalani operasi, beri tahu dokter atau dokter gigi tentang semua produk yang Anda gunakan (termasuk obat resep, obat non resep, dan produk herbal).

Selama kehamilan, obat ini harus digunakan hanya ketika jelas dibutuhkan. Ini dapat membahayakan bayi yang belum lahir. Diskusikan risiko dan manfaatnya dengan dokter Anda. Wanita usia subur harus memiliki tes kehamilan negatif sebelum memulai pengobatan ini. Penting bahwa wanita yang menggunakan obat ini menggunakan bentuk kontrasepsi yang dapat diandalkan (seperti kondom, pil KB) saat mengambil obat ini dan selama 1 bulan setelah pengobatan berhenti.

Obat ini bisa masuk ke dalam ASI. Konsultasikan dengan dokter Anda sebelum menyusui.

Albendazole :   1   2