Terbit: 16 April 2021 | Diperbarui: 20 April 2021
Ditulis oleh: Gerardus Septian Kalis | Ditinjau oleh: Tim Dokter

Alat fitnes rumahan adalah sesuatu yang penting bagi Anda yang senang berolahraga namun enggan untuk pergi ke tempat gym. Simak penjelasan lengkap mengenai berbagai alat yang bisa Anda gunakan di rumah berikut ini.

16 Alat Fitnes Rumahan yang Bisa Dijadikan Pilihan

Berbagai Alat Fitnes yang Mendukung Latihan di Rumah

Berikut adalah macam-macam peralatan yang bisa Anda pilih saat melakukan fitnes, di antaranya:

1. TRX Suspension

Alat fitnes ini membantu melatih tubuh bagian atas dan bawah untuk mengembangkan stabilitas inti. Alat ini mudah dipasang dan dilakukan di berbagai tempat. Olahraga TRX bisa menjadi pilihan bagi Anda yang ingin memiliki perut rata dan kencang. Alat ini dapat membentuk massa otot meski hanya menggunakan peralatan sederhana.

2. Pull-Up Bar

Bagi Anda yang ingin meningkatkan kekuatan tubuh bagian atas, pull-up bar adalah pilihan yang baik. Alat ini memperkuat otot di punggung, bahu, dada, dan lengan. Guna mempermudah gerakan pull-up Anda bisa menggunakan resistance band.

3. Power Wheel

Alat ini tidak hanya memperkuat otot inti tetapi juga dapat membuat otot paha menjadi kencang. Tiga otot paha yang bisa dilatih adalah otot kuadrisep, otot aduktor, dan otot hamstring. Jika rutin melatihnya, ketiga otot tersebut akan semakin terbentuk dan kencang.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Darlie - Advertisement

4. Ankle Weight

Ankle weight berguna untuk meningkatkan kekuatan pada tubuh bagian bawah. Latihan ankle weight berguna untuk meningkatkan kekuatan kinerja otot-otot pada tungkai. Pada akhirnya, olahraga ini dapat menambah daya tahan ekstra untuk tendangan keledai, serta latihan untuk melatih otot inti seperti V-up.

5. Dumbbell

Jika tujuan Anda adalah membangun otot, dumbbell dapat menjadi pilihan yang baik. Dumbbell menjadi alat fitnes rumahan yang penting karena serbaguna, tahan lama, serta tidak membutuhkan tempat yang luas. Anda bisa melakukan berbagai gerakan menggunakan alat ini.

6. Kettlebell

Kettlebell adalah peralatan latihan paling serbaguna dan terjangkau yang dapat Anda miliki. Alat fitnes portable ini dapat mengencangkan berbagai bagian tubuh mulai dari lengan, perut, hingga bokong.

7. Medicine Ball

Medicine ball adalah salah satu peralatan paling tahan lama dan fungsional yang dapat Anda masukkan ke dalam list alat fitnes rumahan. Alat ini dapat membantu tubuh melakukan berbagai gerakan untuk melatih lengan, kaki, dan otot inti. Bahkan, alat ini dapat digunakan sebagai latihan anti rotasi dan terapi fisik untuk mencegah cedera.

8. Wrist Weight

Jangan meremehkan penggunaan alat ini hanya karena beban ringan. Alat ini bagus untuk menambahkan sedikit tantangan ekstra pada yoga atau pilates. Selain digunakan di rumah, alat juga bisa Anda gunakan ketika berjalan-jalan di sekitar lingkungan.

Baca Juga: 13 Jenis Olahraga di Rumah agar Tubuh Tetap Sehat

9. Workout Sandbag

Bagi Anda yang ingin mendapatkan cara yang ekonomis dan nyaman untuk mendapatkan latihan yang solid di rumah, alat ini dapat menjadi pilihan yang tepat. Workout sandbag juga dapat diatur beratnya sesuai dengan kemampuan.

Anda dapat menggunakannya untuk melakukan latihan kekuatan standar seperti chest press, clean and press, row, bicep curl, squat, deadlift, dan lunge.

10. Slam Ball

Alat ini memungkinkan Anda untuk meningkatkan detak jantung saat melakukan berbagai latihan yang biasanya digunakan untuk dumbbell, seperti lunge, squat, dan overhead press. Slam ball diisi dengan pasir untuk mencegahnya memantul.

11. Jump Rope

Jump rope dilakukan dengan gerakan yang mudah, namun menantang dengan kekuatan kardio yang signifikan. Ini adalah alat fitnes yang tidak memakan banyak tempat dan mudah Anda bawa kemana-mana. Bagi Anda penikmat lari atau bersepeda, jump rope adalah cara baik untuk meningkatkan denyut jantung.

12. Cardio Fitness Rebounder

Alat ini akan menantang otot inti dan banyak otot lain di tubuh. Selain menguatkan otot kaki, alat ini juga dapat melatih otot leher, perut, dan punggung. Menguatnya beberapa otot tersebut membuat tubuh akan semakin kuat.

13. Sepeda Statis

Salah satu alat fitnes di rumah paling populer adalah sepeda statis. Seperti halnya alat lain yang meningkatkan olahraga kardio, sepeda statis mampu meningkatkan kadar oksigen dalam tubuh serta membakar kalori dan lemak. Selain itu, sepeda statis juga melindungi lutut dan membantu membangun otot.

14. Treadmill

Selain sepeda statis, treadmill adalah salah satu alat fitnes yang cukup populer ada di rumah. Selain membantu menurunkan berat badan, alat ini juga membantu membentuk otot tubuh. Saat berlari di atas treadmill, otot kaki lama-kelamaan akan terbentuk.

Anda juga bisa membentuk otot tangan jika aktif mengayunkan tangan ketika berlari di atas di treadmill. Otot lain yang juga bisa terbentuk dari gerakan ini adalah otot perut.

15. Elliptical Machine

Alat olahraga ini memberikan latihan kardio yang kuat tetapi dengan tekanan yang lebih sedikit pada persendian daripada berlari. Selain itu, alat ini juga dapat melatih tubuh bagian atas bersamaan dengan bagian bawah.

16. Resistance Bands

Resistance bands adalah alat yang sangat serbaguna, ringan dan mudah Anda bawa kemana-mana. Alat ini dapat membantu latihan kekuatan tanpa mengangkat beban. Alat ini dapat berguna untuk menambah kekuatan, meningkatkan massa otot, menggunakannya sebagai terapi, atau stretching.

Baca Juga: 8 Olahraga untuk Orang Sibuk (Simpel dan Efektif)

Bagaimana Cara Memilih Alat Fitnes di Rumah yang Tepat?

Saat membeli peralatan fitness faktor utama yang harus Anda pertimbangkan adalah jenis latihan, ukuran, dan harga alat fitnes.

Jika Anda lebih suka olahraga kardio, Anda mungkin ingin mempertimbangkan sepeda statis atau treadmill. Jika Anda ingin melakukan latihan kekuatan, dumbbell dan kettlebell adalah pilihan yang tepat

Sementara untuk latihan seluruh tubuh, rowing machine atau elliptical machine menargetkan beberapa kelompok otot dan meningkatkan detak jantung.

Pertimbangan berikutnya adalah ukuran. Pilihlah alat yang bisa Anda lipat dan simpan dengan mudah. Terakhir, harga alat fitnes memainkan peran besar dalam jenis peralatan gym apa saja yang ingin ada di rumah.

 

  1. Benton, Emilia. The Best At-Home Workout Equipment, According to Trainers. https://www.self.com/gallery/best-at-home-workout-equipment. (Diakses pada 16 April 2021).
  2. Woo, Kelly. 2021. Best home gym equipment in 2021. https://www.tomsguide.com/best-picks/best-home-gym-equipment. (Diakses pada 16 April 2021).


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi