15 Manfaat Masturbasi Ternyata Baik bagi Tubuh Wanita

manfaat-masturbasi-doktersehat

DokterSehat.Com – Kaum wanita diperkirakan lebih jarang melakukan masturbasi daripada kaum pria. Bahkan, tidak sedikit dari wanita yang menganggap masturbasi ini tidak bisa dilakukan karena buruk untuk kemampuan seksual mereka di masa depan. Namun ada banyak manfaat masturbasi pada wanita, jadi tidak perlu dikhawatirkan asal tidak terlalu sering.

Menurut Dr. Lauren Streicher yang merupakan Associate Professor of Obstetrics and Gynecology di Northwestern University, masturbasi pada wanita sangat disarankan. Bahkan sekitar delapan persen wanita sudah melakukannya dan mendapatkan manfaat masturbasi yang besar.

Manfaat Masturbasi bagi Wanita yang Jarang Diketahui

Selain bermanfaat memuaskan hasrat seksual, berikut beberapa alasan wanita masturbasi yang baik dilakukan untuk tubuhnya:

1. Merasa lebih nyaman dengan tubuh

Manfaat masturbasi membuat Anda merasa nyaman pada tubuh. Selama ini beberapa wanita yang tertutup selalu menganggap kalau masturbasi adalah perkara yang sangat sensitif. Akibat hal ini mereka jadi takut saat melakukan seks dan tidak bisa melakukannya dengan sempurna.

Melakukan masturbasi akan membuat wanita tahu bagaimana nikmatnya terangsang hingga akhirnya mendapatkan kepuasan yang besar.

2. Memberikan rasa relaks dan bahagia

Melakukan masturbasi secara rutin semisal seminggu 1-2 kali akan memberikan rasa relaks dan bahagia. Manfaat masturbasi ini sama halnya dengan pria. Dengan perasaan ini wanita akan lebih bisa menghargai dirinya sendiri dan tidak pasif lagi dalam hal seks semisal tidak menuntut kepuasan dari pasangan.

3. Membantu menurunkan stres

Seperti halnya dengan pria yang melakukan masturbasi, wanita pun juga butuh melakukannya. Manfaat masturbasi bagi wanita bisa menurunkan stres akibat pekerjaan atau masalah sehari-hari. Wanita jadi lebih nyaman dengan kehidupan sehari-harinya sehingga peluang mengalami stres akut hingga depresi tidak akan terjadi.

4. Membantu wanita untuk tidur lebih nyenyak

Wanita pekerja yang sering melakukan lembur akan susah tidur kalau pekerjaannya selesai. Selain itu, kalau ada masalah atau tekanan yang terlalu tinggi, wanita akan selalu terjaga hingga tengah malam atau dini hari. Kondisi ini menyebabkan seorang wanita menjadi lemas dan sering sekali mengalami gangguan pada tubuhnya.

Cara paling tepat untuk mengatasi kondisi ini adalah dengan melakukan masturbasi. Alasan wanita masturbasi bisa bikin tidur nyenyak, karena ini akan mendapatkan kenikmatan yang hebat, oksitosin di dalam tubuh akan terbentuk dan membuat wanita jadi relaks dan akhirnya bisa tidur dengan baik.

5. Cara termudah untuk menurunkan libido

Wanita dikenal cukup pasif dalam hal seks, oleh karena itu wanita jarang meminta seks pada pasangan. Mereka hanya menuruti saja apa yang diinginkan oleh pasangannya saja. Nah, meski wanita hanya diam, ada kalanya mereka memiliki libido yang tinggi khususnya saat masa subur atau menstruasi.

Kalau libido pada wanita tinggi dan tidak tersalurkan, mereka akan kesusahan sendiri. Oleh karena itu, wanita bisa melakukan masturbasi dan mendapatkan kepuasan.

6. Mendapatkan orgasme berkali-kali

Orgasme berkali-kali adalah hal yang sangat diinginkan oleh wanita. Sayangnya saat melakukan seks, wanita jarang sekali mendapatkannya. Saat melakukannya, Anda akan mendapatkan manfaat masturbasi, yakni orgasme bisa didapatkan dengan mudah. Bahkan berkali-kali dalam satu kali sesi. Oleh karena itu, wanita bisa melakukannya saat libido naik dan tidak terpuaskan oleh pasangan.

7. Bisa menggunakan banyak mainan seks

Alasan wanita masturbasi lain yang membuat mereka harus mencoba melakukannya adalah banyaknya mainan seks yang bisa dicoba. Mainan seks ini bisa digunakan untuk memberikan kenikmatan meski hanya bermain sendirian saja. Kalau wanita sudah memiliki pasangan, mereka bisa menggunakan mainan seks itu bersama-sama.

8. Meningkatkan kehidupan seks

Manfaat masturbasi bagi wanita memungkinkan untuk menjelajahi tubuh Anda dan mencari tahu apa yang terasa terbaik. Mengenal tubuh sendiri dengan cara ini dapat membuat Anda lebih percaya diri di tempat tidur dan lebih vokal bersama pasangan. Setelah mengetahui apa yang disukai, Anda dapat memberi tahu pasangan di bagian mana harus menyentuh Anda.

9. Meredakan nyeri tubuh dan nyeri haid

Menurut Streicher, seorang pakar kesehatan, jika memiliki kontraksi uterus, merangsang diri sendiri dan kontraksi uterus dapat membantu darah menstruasi keluar lebih cepat, secara teoritis itu akan membantu meredakan kram. Penelitian di balik manfaat masturbasi ini relatif terbatas, tidak ada alasan untuk tidak melakukan masturbasi saat menstruasi. Itu tidak pernah menjadi hal yang buruk dan jika kemungkinan membantu maka lakukanlah. Bagaimanapun, masturbasi lebih menyenangkan.

10. Membantu tubuh tetap seksual

Jika memiliki pasangan, ada manfaat masturbasi yang sangat kuat untuk menjaga semuanya berjalan dengan menstimulasi diri – tidak hanya menjaga jaringan organ intim tetap elastis dan sehat, juga dapat meningkatkan aliran darah. Kita tahu bahwa seks dan gairah dimulai di otak. Jika pasangan tidak pernah melakukan hubungan seksual untuk jangka waktu yang sangat lama, dalam kebanyakan kasus, mereka bahkan tidak memikirkannya.

11. Menyehatkan jantung

Selain membantu mengatasi nyeri tubuh dan nyeri haid, penelitian menunjukkan bahwa manfaat masturbasi bagi wanita dapat meningkatkan kesehatan jantung!

12. Melepaskan ketegangan seksual 

Jika Anda memilih untuk tidak melakukan hubungan seks, masturbasi adalah cara yang bagus untuk memuaskan libido Anda. Inilah alasan wanita masturbasi bagus untuk memperbaiki ketegangan.

13. Membuat Anda lebih bahagia

Kesenangan tentu membuat orang merasa bahagia. Sangat sederhana. Masturbasi mendapatkan orgasme, yang dapat melepaskan endorfin dopamin dan oksitosin. Ini berarti manfaat masturbasi bagi wnanita dapat meningkatkan suasana hati dan menciptakan rasa alami yang tinggi.

14. Menjadi lebih nyaman dengan tubuh Anda 

Manfaat masturbasi bagi wanita ternyata makin nyaman. Tubuh Anda harus menjadi sahabat diri sendiri – itu satu-satunya hal yang akan menyertai seumur hidup Anda. Bagian dari menjadi sahabat dengan tubuh Anda sendiri termasuk memahami tubuh. “Sangat penting bagi wanita untuk menghargai anatomi tubuh mereka sendiri dan bagaimana cara memuaskan diri sendiri,” kata Streicher.

15. Menyehatkan serviks

Masturbasi teratur dan peningkatan kesehatan serviks ternyata berkaitan. Beberapa penelitian telah menemukan bahwa manfaat masturbasi secara teratur dapat menurunkan risiko kanker serviks.

Nah, dari belasan alasan wanita masturbasi tersebut, mana saja yang menurut Anda paling masuk akal dijadikan dasar untuk melakukan masturbasi? Bila masturbasi, tetap pertimbangkan porsinya ya, Teman Sehat!