Terbit: 11 November 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com – Sebelum melakukan seks ada beberapa hal yang harus diperhatikan oleh pasangan. Pertama adalah masalah kesehatan fisik secara menyeluruh. Seks adalah aktivitas yang berat sehingga pasangan membutuhkan energi yang banyak. Kalau sampai energi mengalami penurunan, kemungkinan seks berjalan terganggu akan besar.

5 Alasan Mengapa Pria Sering Menolak Menggunakan Kondom Saat Bercinta

Selanjutnya seks yang dilakukan oleh pasangan haruslah aman. Kalau sampai terjadi penularan penyakit seks, Anda dan pasangan akan rugi. Oleh karena itu masalah pengaman harus sangat ditekankan agar aktivitas sini bisa berjalan dengan lancar.

Biasanya pria yang sudah menikah dan ingin melakukan seks dengan pasangannya kerap menolak untuk menggunakan kondom saat bercinta. Penolakan ini terjadi karena beberapa alasan di bawah ini.

  1. Kondom membuat seks tidak enak

Kondom jarang sekali dipakai oleh pria karena merasa tidak enak dan berbeda dengan tidak mengenakannya. Kondom memang memberikan sedikit rasa tidak nyaman pada pria dan menurunkan sensitivitasnya. Namun, kondisi ini tidak terlalu berpengaruh banyak. Pasalnya Anda tetap bisa menikmati seks dengan maksimal kalau menambahkan pelumas.

Kondom yang dijual di pasaran jenisnya ada banyak. Ada yang cukup tipis dan ada juga yang sangat tipis sehingga pria terasa seperti tidak mengenakannya lagi. Jadi, alasan kondom membuat seks menjadi tidak nikmat lagi tidak terlalu benar. Justru melakukan seks dengan aman bisa membuat pria jadi relaks sehingga seks bisa berjalan dengan maksimal.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku RT Mandiri - Advertisement

  1. Kondom membuat penis jadi sakit

Kondom bisa membuat penis jadi sakit. Hal ini benar adanya. Tekanan dari kondom yang kuat bisa membuat area penis menjadi sakit. Namun, kondisi ini bisa terjadi kalau pria memilih kondom dengan ukuran terlalu kecil, padahal penis yang dimiliki saat ereksi ukurannya cukup besar sehingga membutuhkan banyak ruang.

Pilih kondom yang sesuai dengan ukuran penis. Dengan memilih sesuai dengan ukuran, rasa sakit bisa diminimalkan dengan baik. Selain itu, pilih juga kondom yang sesuai dengan kondisi kulit penis. Kalau Anda mengalami alergi pada kondom lateks, kemungkinan penis mengalami gatal dan sakit akan menjadi besar.

  1. Kondom mudah sekali pecah

Pria sering berpikir kalau kondom mudah sekali pecah. Menggunakan atau tidak sperma bisa tumpah di dalam. Akhirnya pria lebih memilih untuk tidak menggunakannya meski cara ini bisa melindungi dirinya dan pasangan dari penyakit menular seksual.

  1. Sudah menikah tidak butuh kondom

Kalau sudah menikah, pasangan boleh tidak menggunakan kondom saat seks. Namun, mereka harus rutin memeriksakan dirinya ke dokter dengan baik. Kalau tidak ada gangguan pada tubuh masing-masing pasangan, seks bisa dilakukan tanpa kondom.

Kalau Anda tidak yakin pasangan hanya melakukan seks dengan satu orang saja atau ada riwayat di masa lalu lebih baik memeriksakan diri dahulu. Kalau sama-sama sehat baru boleh melakukan seks tanpa kondom.

  1. Kondom membuat seks oral tidak nikmat lagi

Kondom membuat seks oral jadi tidak nikmat lagi. Padahal seks dengan kondom akan lebih aman untuk diri sendiri dan pasangan. Penularan penyakit seks tidak akan terjadi. Kalau pria merasa menggunakan kondom saat seks oral tidak nyaman atau tidak nikmat lagi bisa ditambahkan dengan pelumas dengan bahan dasar air.

Saat ini ada pelumas dengan bahan dasar air yang edible atau bisa dimakan. Pelumas bisanya ada pemanisnya sehingga wanita tidak akan merasa aneh di mulut. Menambahkan pelumas pada saat melakukan seks oral juga bisa membuat seks jadi lebih nikmat dan mudah.

Inilah beberapa alasan mengapa pria sering sekali menolak melakukan seks dengan mengenakan kondom. Nah, dari beberapa alasan di atas, mana saja yang juga Anda miliki?


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi