Terbit: 21 November 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com – Masturbasi atau secara khusus disebut onani pada pria adalah aktivitas merangsang diri sendiri atau self gratification. Pria melakukan masturbasi untuk membuat mereka puas secara seksual dan hal lainnya yang akan kita bahas satu persatu-satu di dalam artikel ini.

7 Alasan Mengapa Pria Melakukan Masturbasi secara Reguler

Masturbasi yang dilakukan oleh pria bisa dilakukan seminggu sekali atau mungkin lebih dari itu. Yang paling penting adalah masturbasi dilakukan sesuai dengan kebutuhan. Kalau masturbasi sampai berlebihan, pria bisa mengalami gangguan seperti rasa malas berlebihan hingga depresi. Berikut beberapa alasan mengapa pria melakukan masturbasi.

  1. Libido yang berlebihan

Terkadang pria memiliki libido yang terlalu besar dan berapi-api. Libido yang terlalu besar ini menyebabkan seorang pria tidak bisa menahan dirinya. Meminta seks setiap hari kepada pasangan juga tidak mungkin karena merasa sungkan dan pasti pasangan akan kelelahan harus terus melakukannya.

Jalan terakhir untuk mengatasi hal ini adalah dengan melakukan masturbasi. Dalam beberapa menit, gairah yang berapi-api akan hilang dengan sendirinya dan Anda tidak merasa tertekan.

  1. Meredakan stres

Melakukan masturbasi pada momen yang tepat juga bisa melepaskan stres yang dimiliki oleh pria. Ada kalanya saat menghadapi pekerjaan yang banyak dan tekanan dari atasan, pria butuh pelampiasan agar bisa konsentrasi bekerja kembali. Nah, salah satu cara itu adalah dengan melakukan masturbasi.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Family Fest - Advertisement

Melakukan masturbasi colongan di kamar mandi kantor bukanlah hal yang aneh lagi di kalangan pria. Mereka ingin segera mendapatkan ketenangan dari oksitosin yang dikeluarkan pasca orgasme dan ejakulasi.

  1. Melatih kemampuan ereksi

Pria kerap sekali mengalami gangguan ereksi dan ejakulasi dini. Cara yang bisa dilakukan untuk melatih kemampuan itu adalah dengan masturbasi. Misal pria berusaha melatih kemampuan kontrol pada ejakulasi yang dialami agar tidak datang terlalu cepat. Selanjutnya pria juga melatih kekerasan dari penis agar tidak mudah kendur.

  1. Ada sensasi yang berbeda

Melakukan masturbasi memberikan sensasi yang berbeda bagi beberapa pria. Meski ada yang bilang kalau seks lebih nikmat, masturbasi tetap dilakukan oleh pria untuk kesenangan sendiri saja. Mereka tetap melakukannya meski sudah menikah bukan karena tidak puas, tapi lebih ke keberagaman jenis seks saja.

Alasan ini mendasari pria kadang sudah melakukan masturbasi saat melihat video pornografi, di kamar mandi, dan kadang saat pasangan sudah tidur.

  1. Membuat tubuh mudah mengantuk

Beberapa pria yang susah sekali tidur cepat setiap malam biasanya akan melakukan masturbasi. Setelah masturbasi dan tubuh menjadi relaks, rasa kantuk akan muncul dengan sendirinya. Pria yang sering insomnia kerap melakukan hal ini agar esok hari tidak mengantuk dan akhirnya produktivitas kerja menurun.

  1. Melihat sesuatu yang sesuai imajinasi

Pria mudah sekali terangsang begitu mendengar atau melihat sesuatu yang sesuai dengan keinginan. Kalau berada di rumah mungkin tidak akan masalah. Kalau di kantor atau di jalanan pria akan bingung untuk melakukan masturbasi dengan segera.

  1. Membuat prostat menjadi sehat

Penelitian tentang efek dari ejakulasi untuk membuat prostat menjadi sehat ada banyak. Oleh karena itu, beberapa pria yang belum memiliki pasangan akan melakukan masturbasi secara rutin. Dengan masturbasi ini prostat akan tetap digunakan sehingga kemungkinan muncul kanker akan kecil. Masturbasi untuk tujuan ini tidak masalah asal tetap sesuai porsinya.

Dari beberapa hal di atas, menurut Anda mana saja yang sering terjadi pada diri sendiri? Atau ada alasan lain yang membuat Anda harus melakukan masturbasi meski berhubungan seks dengan pasangan bisa dilakukan.


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi