Terbit: 6 Agustus 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.ComPerut buncit menjadi permasalahan tersendiri bagi banyak orang. Sebagian orang menganggap bahwa hal ini merupakan suatu hal yang wajar, namun sebagian orang pula beranggapan bahwa hal tersebut belum atau bukan menjadi masalah.

4 Alasan Penting Mengapa Perut Buncit Harus Segera Dihilangkan!

Padahal, perut yang sudah mulai membuncit, meskipun kecil, haruslah segera diatasi atau dikurangi, lho. Mengapa?

Selain menganggu penampilan, perut buncit juga ternyata dapat menunjukkan kondisi kesehatan dan kondisi fisik secara umum.

Berikut beberapa alasan perut buncit harus segera di atasi atau dikurangi:

1. Perut buncit adalah tanda asupan gizi dalam tubuh tidak seimbang

Salah satu penyebab utama terjadi perut buncit adalah asupan gizi yang tidak seimbang. Utamanya konsumsi karbohidrat dan lemak yang berlebihan. Hal ini tentu bisa jadi menunjukkan kondisi asupan gizi secara umum.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Tempo Scan Baby Fair - Advertisement

Konsumsi karbohidrat dan lemak yang berlebihan, bisa jadi membuat kita kekurangan asupan zat gizi lain yang juga penting, misalnya vitamin, mineral atau serat. Hal ini tentu menunjukkan bahwa kondisi asupan gizi dalam tubuh tidak seimbang.

Tubuh bisa jadi kekurangan beberapa jenis gizi namun berlebihan asupan kalori. Kondisi ini menyebabkan fungsi metabolisme dan organ tubuh menjadi terganggu.

2. Perut buncit menunjukkan bahwa aktivitas fisik tubuh kurang

Kurangnya aktivitas fisik pada otot perut membuat lemak menumpuk pada rongga perut. Hal ini tentu juga menunjukkan bahwa kurangnya aktivitas fisik secara umum dalam tubuh.

Lazimnya, melakukan olahraga secara rutin dan frekuensi yang cukup, sedikit banyak dapat membantu pembentukan otot pada perut. Aktivitas fisik yang kurang, tidak hanya akan menyebabkan perut buncit, namun juga membuat sistem jantung dan pernafasan tidak terlatih.

3. Perut buncit terbukti merupakan tanda peningkatan risiko penyakit degeneratif

Anda mungkin sering mendengar bahwa perut yang buncit akan meningkatkan risiko penyakit bukan? Ya, hal ini memang benar adanya, mengingat berbagai pedoman kesehatan, termasuk di Indonesia, menjadikan lingar pinggang sebagai salah satu indikator kesehatan tubuh untuk orang dewasa.

Lingkar pinggang yang lebih dari 90 cm untuk laki-laki dan lebih dari 85 cm untuk wanita, merupakan tanda bahwa risiko penyakit degeneratif dalam tubuh semakin besar.

Kondisi ini disebabkan karena lemak yang ada pada perut merupakan jenis lemak yang berbahaya dan meningkatkan kadar lemak total dalam tubuh, sehingga risiko terjadinya obesitas atau penumpukan lemak dalam pembuluh darah semakin besar. Hal tersebut akan meningkatkan risiko terjadinya diabetes dan penyakit jantung.

4. Semakin buncit perut maka akan semakin sulit pula menguranginya

Menunggu perut buncit semakin besar dan menganggu baru berniat mengecilkannya? Sebaiknya buang jauh-jauh hal tersebut, karena semakin besar buncit pada perut akan semakin sulit pula untuk menghilangkannya.

Hal ini disebabkan perut yang buncit merupakan lemak yang menumpuk dalam jumlah banyak dan telah melalui proses metabolisme yang cukup lama baru kemudian disimpan tubuh dalam rongga perut.

Hal ini tentu membuat kita akan semakin berat untuk menghilangkannya karena lemak tersebut telah disimpan sebagai cadangan energi, sehingga untuk membuang lemak tersebut energi yang dikeluarkan harus ekstra besar karena dengan begitu tubuh secara otomatis juga akan membakar energi cadangan yang ada pada lemak di perut.

Semakin besar buncit pada perut, maka tentu semakin ekstra pula usaha tubuh untuk membakar energi agar cadangan lemak di perut bisa hilang.

Nah, itu dia 4 alasan mengapa perut buncit harus segera diatasi atau dihilangkan. Hal-hal di atas tentu sudah cukup menjadi alasan kuat untuk menghilangkan perut buncit, selain karena alasan penampilan, bukan?


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi