Terbit: 4 Mei 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Banyak produk kecantikan yang sangat menggoda untuk digunakan karena hasilnya yang ‘ajaib’. Salah satu yang banyak digunakan peel-off-mask, yang dipercaya dapat mencerahkan warna kulit sekaligus membuat kulit terlihat lebih bersih dan kencang. Jenis produk ini juga dapat membantu menghidrasi kulit yang kering dan tidak sehat.

Alasan Peel-Off Mask Lebih Banyak Bahayanya daripada Manfaatnya

Awalnya, memang banyak ahli kecantikan yang merekomendasikan peel-off-mask untuk perawatan, ini ahli kulit justru memberikan peringatan. Pasalnya, menggunakannya setiap hari justru dianggap akan merusak kulit, terutama bagi mereka yang memang sudah memiliki masalah kulit.

“Bahaya utama menggunakan peel-off-mask adalah ketika dermatitis bersentuhan dengan bahan kimia di dalamnya,” ungkap Dr Penelope Tympanidis, ahli kulit sekaligus pendiri Dermaperfect di Harley Street.

Saat digunakan, peel of mask tidak hanya mengangkat kotoran di dalam kulit namun juga sel-sel kulit yang sebanernya sehat dan baik-baik saja. Lapisan terluar akan terangkat sehingga membuat permukaan kulit akan sensitif dan rentan terhadap luka, iritasi, dan berbagai ancaman luar. Dalam taraf yang lebih tinggi, kulit akan menjadi merah dan gatal-gatal.

“Kulit akan jadi merah dan gatal, dan dalam kasus yang lebih parah, kulit bisa menangis karena ikut terangkat. Perlu waktu lebih dari seminggu untuk memulihkannya. Dan jika hal ini terjadi, maka Anda perlu menghubungi dermatologis,” lanjutnya.

Bagi Anda yang ingin menghilangkan blackhead alias komedo, ada cara yang lebih baik yaitu menggunakan cleanser yang mengandung salicylic acid. Selain merupakan musuh terbesar kerawat, bahan ini juga mendorong pori-pori untuk melarutkan minyak sehingga sel kulit mati tidak lagi menyumbat pori-pori. Mungkin hasilnya tidak sehebat peel off mask, namun akan lebih baik untuk kesehatan kulit.


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi