Terbit: 1 April 2018 | Diperbarui: 31 Maret 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Saat menjalani masa kehamilan, tubuh wanita akan mengalami berbagai macam perubahan. Salah satunya yang paling banyak terjadi adalah pigmentasi yang juga dikenal dengan nama chloasma gravidorum atau melisma gravidorum. Kondisi satu ini biasanya ditandai dengan sejumlah area kulit yang menjadi lebih gelap. Tidak heran jika warna kulit ada beberapa bagian yang tidak sama membuat Anda merasa kurang percaya diri selama menjalani kehamilan. Sebut saja seperti area puting, perut, pipi hingga area rahang.

Alasan Mengapa Pigmentasi Terjadi Saat Hamil

Dilansir dari laman Stylecraze, pigmentasi ini rupanya akan memudar seiring bertambahnya usia kehamilan. Mungkin banyak dari Anda yang bertanya-tanya mengapa pigmentasi lebih banyak menyerang wanita yang menjalani masa kehamilan. Dilansir dari laman Baby Center, hal tersebut terjadi antaran tubuh mengalami ketidakstabilan hormon. Kondisi inilah yang menyebabkan produksi melanin, salah satu zat yang berperan dalam pewarnaan kulit mengalami peningkatan. Meningkatnya jumlah melanin ternyata membuat kulit lebih mudah mengalami pigmentasi. Apalagi jika terkena paparan sinar matahari.

Sebagai tambahan informasi, sinar matahari mengandung radiasi UVA dan UVB yang dapat mempercepat proses pigmentasi. Tidak heran wanita hamil yang kerap menghabiskan banyak waktu di luar ruangan lebih berisiko mengalami pigmentasi. Selain itu, pigmentasi rupanya juga kerap menyerang wanita hamil yang memiliki tone kulit gelap dibanding kulit yang cerah.

Kendati demikian, rupanya pigmentasi yang disebut dengan chloasma atau melisma ini juga dapat ditularkan melalui jalur keturunan. Jika terdapat satu atau beberapa wanita pada keluarga Anda yang mengalami pigmentasi, besar kemungkinan Anda juga akan mengalaminya. Namun, jangan khawatir. Pasalnya, pigmentasi yang menyerang sejumlah bagian tubuh tersebut akan memudar seiring bertambahnya usia kehamilan.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Cetaphil Promo - Advertisement


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi