3 Alasan Masyarakat Indonesia Memilih Berobat ke Melaka, Malaysia

alasan-masyarakat-indonesia-berobat-ke-melaka-doktersehat

DokterSehat.Com – Tidak hanya terkenal dengan daya tarik wisatanya, Malaysia adalah salah satu negara yang menjadi tujuan untuk berobat. Berdasarkan data Malaysia Healthcare Travel Council (MHTC), terjadi peningkatan jumlah pasien asing dari tahun ke tahun dan didominasi oleh masyarakat Indonesia. Sebenarnya, apa alasan masyarakat Indonesia berobat ke Malaka, Malaysia?

Perlu diketahui juga bahwa selain Indonesia, warga negara Vietnam dan Singapura juga banyak yang berobat ke Malaysia. Kepopuleran Malaysia sebagai negara tujuan wisata medis membuatnya meraih penghargaan pada  tahun 2016. Selain itu, Malaysia juga merupakan satu dari lima negara destinasi wisata medis berdasarkan laporan The Huffington Post.

Alasan Masyarakat Indonesia Berobat ke Melaka, Malaysia

Ada banyak alasan mengapa Malaysia menjadi negara tujuan untuk berobat bagi masyarakat Indonesia. Beberapa di antaranya mulai dari kualitas tenaga medis, kemudahan berkomunikasi dalam berbagai bahasa, hingga biaya yang terjangkau. Selain itu, ketersediaan fasilitas medis yang berkualitas juga tersebar di berbagai wilayah Malaysia, seperti Kuala Lumpur, Penang, dan Melaka.

Lebih jelasnya, berikut beberapa alasan masyarakat Indonesia berobat ke Melaka:

1. Biaya Berobat yang Relatif Terjangkau

Pada umumnya, pasien Indonesia memilih berobat ke Melaka karena kondisi kesehatan yang membutuhkan penanganan cepat dengan teknologi yang menunjang. Di sisi lain, faktor biaya pun menjadi pertimbangan utama.

Bisa dikatakan bawa biaya berobat di Malaysia, khususnya Melaka cukup terjangkau. Jika dibandingkan dengan Singapura, biayanya bisa lebih murah 30 sampai 50 persen!

Kenapa biaya berobat di Melaka murah? Salah satu alasan utamanya adalah penerapan biaya standar, baik itu di rumah sakit pemerintah maupun swasta untuk masing-masing jenis penyakit. Biaya hidup di Malaysia juga cukup terjangkau, sehingga pasien dan keluarga tak perlu khawatir soal biaya total pengobatan yang membengkak.

2. Peralatan Medis yang Canggih

Dalam dua dekade terakhir, rumah sakit di Malaysia termasuk di Melaka berlomba dalam menyediakan peralatan medis yang canggih agar pasien lebih cepat sembuh.

Peralatan medis yang tersedia di Malaysia ini mulai dari alat untuk scanning seperti MRI 1.5 Tesla, hingga Tomotherapy (Radixact) untuk radiasi secara presisi dan dapat diterapkan untuk berbagi jenis kanker, seperti: kepala, hati, spinal, leher, paru-paru, otak, dll.

Hebatnya lagi, biaya pengobatan dengan menggunakan alat-alat canggih ini pun cukup terjangkau.

3. Tim Medis yang Ramah

Satu alasan hal yang menjadi alasan masyarakat Indonesia memilih berobat di Melaka adalah tim medis yang ramah. Banyak yang menyebutkan bahwa tim dokter spesialis di Melaka memang ramah dan mudah diajak berdiskusi.

Pasien bisa menceritakan keluhan yang dialami, tanya jawab dengan dokter, bahkan ada beberapa dokter yang memberikan e-mail pribadinya. Ini memungkinkan pasien bisa tetap bertanya dan berkonsultasi ke dokter yang menanganinya meski sudah pulang ke Indonesia.

Berobat di Melaka dengan Mudah Bersama Medisata

Mau berobat ke Melaka, Malaysia? Anda bisa langsung menghubungi Medisata untuk mempermudah Anda dalam mendapatkan layanan dan penanganan medis yang dibutuhkan di Melaka. Medisata adalah perwakilan resmi rumah sakit di Melaka seperti Mahkota Medical Centre dan Pantai Hospital Ayer Keroh. Medisata dapat membantu Anda untuk:

  • Memberikan rekomendasi dokter yang sesuai dengan kondisi penyakit Anda agar mendapatkan penanganan yang maksimal.
  • Memberikan estimasi total biaya pengobatan di Melaka agar Anda bisa mempersiapkan dana yang dibutuhkan untuk pengobatan.
  • Membantu cek jadwal praktik dokter di Melaka agar Anda tidak salah menentukan jadwal keberangkatan dari Indonesia.
  • Membuat janji untuk berkonsultasi dengan dokter di Melaka.
  • Mengatur layanan penjemputan pasien dan keluarga di bandara.
  • Membantu proses pemesanan hotel bagi pasien dan keluarga untuk akomodasi selama di Melaka.

Butuh info lebih lengkap? Anda bisa hubungi Medisata melalui 021-58351523 atau kunjungi situs resminya di medisata.com