Terbit: 25 Juni 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Banyak orang yang masih terbiasa minum sambil berdiri. Tak hanya dilakukan setelah makan, mereka juga melakukannya saat sedang atau setelah melakukan olahraga. Meski terlihat sebagai hal yang wajar untuk dilakukan, minum sambil berdiri bisa memberikan dampak buruk bagi kesehatan.

Alasan Utama Mengapa Kita Tidak Boleh Minum Sambil Berdiri

Dilansir dari Times of India, terdapat beberapa alasan mengapa kita sebaiknya tidak minum sambil tidur. Menurut ilmu Ayurveda, jika kita minum sambil berdiri, maka kita pun akan memberikan tekanan luar biasa bagi dinding perut. Hal ini disebabkan oleh air yang mengalir langsung dari esofagus ke perut dan bisa memicu kerusakan pada organ-organ perut. Hal ini juga akan membuat tubuh kesulitan untuk menyerap nutrisi dari berbagai makanan yang kita konsumsi.

Minum sambil berdiri juga bisa memberikan dampak buruk lainnya. Jika sampai air masuk ke dalam tubuh dengan tekanan tinggi, hal ini bisa memicu dampak buruk bagi kandung kemih dan ginjal. Kerap melakukannya juga akan berimbas pada sistem biologis tubuh secara keseluruhan dan akhirnya memicu rasa sakit pada persendian.

Yang tidak disangka adalah, minum air sambil berdiri bisa menyebabkan dampak buruk bagi kesehatan paru-paru dalam jangka panjang, termasuk merusak saluran pernapasan secara keseluruhan. Bahkan, pakar kesehatan juga menyebut kebiasaan ini bisa memberikan efek buruk bagi kesehatan jantung dan pembuluh darah.

Melihat adanya fakta ini, ada baiknya memang kita selalu minum dalam kondisi duduk. Meskipun sedikit merepotkan, hal ini akan jauh lebih baik bagi kesehatan tubuh.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Kids Baby - Advertisement


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi