Terbit: 21 Oktober 2020
Ditulis oleh: Muhamad Nuramdani | Ditinjau oleh: Tim Dokter

Akupuntur wajah adalah metode alami yang membantu membuat kulit tampak lebih muda, halus, dan sehat secara keseluruhan. Yuk selengkapnya simak khasiat lainnya dan efek samping di bawah ini! 

10 Manfaat Akupuntur Wajah, Bikin Kulit Cerah hingga Awet Muda

Manfaat Akupuntur Wajah untuk Kecantikan

Akupuntur adalah pengobatan tradisional Cina untuk meningkatkan aliran energi vital ke seluruh tubuh. Metode tusuk jarum ini biasanya untuk membantu mengobati berbagai masalah kesehatan, tetapi juga berkhasiat untuk kecantikan wajah.

Berikut ini sejumlah manfaat akupuntur wajah:

1. Meningkatkan Sirkulasi Darah pada Wajah

Luka kecil yang muncul akibat akupuntur dapat meningkatkan sirkulasi darah ke kulit wajah. Peredaran darah yang membawa nutrisi dan kolagen ke permukaan kulit dapat membantu memperbaiki tekstur kulit wajah dan membuatnya tampak cerah dan bercahaya.

2. Meningkatkan Elastisitas Kulit

Sebuah penelitian di Korea Selatan mengamati pengaruh akupuntur wajah terhadap elastisitas kulit. Penelitian ini melibatkan sebanyak 28 partisipan wanita, 27 di antaranya menyelesaikan penelitian ini.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Family Fest - Advertisement

Mereka menjalani lima sesi tusuk jarum selama tiga minggu. Hasilnya, sebanyak 15 dari 27 partisipan mengaku mengalami peningkatan elastisitas kulit.

3. Mengurangi Garis Halus dan Kerutan

Tusuk jarum ke kulit wajah dapat membantu memproduksi kolagen dan memicu respons penyembuhan alami tubuh, yang dapat menutupi luka kecil tersebut. Kolagen adalah protein penting yang ada dalam jaringan ikat, darah, tulang rawan, tendon, tulang, dan kulit.

Hal tersebut bisa mengurangi munculnya garis-garis halus, kerutan, keriput, serta membuat kulit berseri. Ini membuat akupuntur dapat mengoptimalkan kesehatan dalam tubuh, yang tercermin pada wajah.

4. Meningkatkan Jaringan Otot dan Kulit Wajah

Manfaat akupuntur wajah dapat merangsang kulit dan jaringan otot pada wajah. Metode alami ini berkhasiat mengencangkan otot wajah untuk membuatnya kencang dan memperbaiki penampilan kulit yang kendur. Jadi, metode ini sangat cocok bagi kulit Anda yang mulai menua.  

5. Mengencangkan Wajah Setelah Botox

Akupuntur bisa menjadi pilihan jika Anda mencari alternatif yang benar-benar alami untuk peremajaan kulit. Jika sudah menjalani operasi, kabar baiknya adalah bahwa akupuntur dapat dilakukan 6 bulan setelah menjalani botox dan dapat membantu memperpanjang pengencangan wajah.

6. Meregenerasi Sel Kulit Wajah

Ketika jarum masuk ke titik akupuntur wajah, ini dapat merangsang aliran darah dan mendorong regenerasi sel serta meningkatkan aliran getah bening dan melancarkan penyumbatan.

Akupuntur sama amannya dengan membantu proses alami tubuh. Tidak ada bahan kimia apa pun yang masuk ke dalam wajah, jadi tidak ada prosedur yang perlu Anda khawatirkan.

7. Menenangkan

Manfaat akupuntur wajah untuk peremajaan dapat membantu rileks dan menghilangkan stres. Meskipun metode ini berfokus pada kecantikan, manfaat tambahannya adalah pasien memperoleh ketenangan. Perlu Anda ketahui bahwa stres bisa menyebabkan kerutan pada wajah.

Bentuk terapi pengobatan antipenuaan ini adalah pengobatan restoratif yang membantu meringankan lingkungan stres kronis.

8. Mencerahkan Kulit Kusam

Metode tusuk jarum dapat mencerahkan kulit yang kusam baik secara langsung dengan memicu proses penyembuhan pada wajah, dan secara tidak langsung dengan mengkalibrasi ulang sistem tubuh.

Tusuk jarum ke dalam kulit akan merangsang sirkulasi kulit, sistem limfatik, dan produksi kolagen. Ini dapat bekerja untuk meningkatkan energi dan menyeimbangkan masalah pada kulit. 

9. Mengatasi Jerawat

Efek penyeimbangan kembali dari tusuk jarum ke titik akupuntur wajah bermanfaat menenangkan jerawat, baik kronis maupun yang akibat ketidakseimbangan hormon bulanan. Tusuk jarum juga dapat mengurangi jerawat.

Jerawat sebagai cerminan dari panas dalam tubuh dan masalah sistem pencernaan. Jadi, perawatan jerawat pramenstruasi melalui akupuntur dengan mengobati panas dalam tubuh dapat membantu.

10. Mengatasi Rosacea

Mirip dengan jerawat, rosacea juga terkait dengan keseimbangan dalam tubuh, termasuk pencernaan. Itu artinya bahwa mengatasi masalah pencernaan dengan akupuntur sangat membantu mengurangi gejala rosacea, termasuk kemerahan, bintik menyerupai jerawat, dan iritasi pada jaringan kulit.

Baca Juga: 12 Manfaat Akupuntur untuk Kesehatan, Mengatasi Migrain hingga Kanker!

Efek Samping Akupuntur Wajah

Meski tergolong aman, metode tusuk jarum pada wajah ini dapat menimbulkan beberapa efek samping yang ringan. Efek samping yang paling umum, termasuk:

  • Memar.
  • Pendarahan kecil.
  • Nyeri.
  • Kemerahan

Selain itu, siapa pun harus menghindari akupuntur -baik pada wajah maupun seluruh tubuh- jika memiliki kondisi berikut:

  • Gangguan pendarahan dan obat pengencer darah. Turuk jarum pada orang yang mengalami gangguan perdarahan atau sedang mengonsumsi obat pengencer darah dapat meningkatkan risiko memar dan berdarah.
  • Menggunakan alat pacu jantung. Prosedur akupuntur tertentu yang melibatkan penerapan denyut listrik ringan bisa memengaruhi fungsi alat pacu jantung.
  • Ibu hamil. Tusuk jarum pada wajah dan seluruh tubuh sebaiknya hindari bagi wanita yang sedang menjalani program hamil atau sedang hamil. Beberapa bentuk akupuntur dapat menyebabkan kelahiran prematur.
  • Menderita diabetes tipe 2 yang tidak terkontrol. Orang yang memiliki penyakit ini sebaiknya menghindari metode tusuk jarum. Ini karena peningkatan gula darah menyebabkan penyembuhan luka tusuk lebih lama.

Perawatan Setelah Akupuntur Wajah

Setelah melakukan tusuk jarum pada wajah, Anda tidak perlu berlama-lama dalam rumah, menghindari sinar matahari, atau berhenti melakukan pekerjaan rutin. Merawat kulit setelah akupuntur sangat sederhana, termasuk:

  • Pastikan tetap terhidrasi dan minum banyak cairan.
  • Menjalani gaya hidup sehat, olahraga teratur, dan pola makan seimbang.

Hasil akupuntur bervariasi tergantung pada usia dan kebiasaan gaya hidup. Meskipun pada beberapa orang mungkin mendapatkan hasil langsung, sementara yang lain mungkin membutuhkan lebih banyak waktu dan beberapa sesi untuk mendapatkan hasil yang terbaik.

_

Meskipun metode tusuk jarum pada wajah menimbulkan efek samping yang ringan, sebaiknya pastikan berkonsultasi dengan dokter tentang kondisi kesehatan kulit, riwayat medis, alergi, dan ahli akupuntur berpengalaman.

 

  1. Anonim. 2019. Benefits of Cosmetic Acupuncture: 5 Reasons it’s Not Scary!. https://acusportstherapy.net/benefits-of-acupuncture/benefits-of-cosmetic-acupuncture-5-reasons-its-not-scary/. (Diakses pada 21 Oktober 2020)
  2. Hartman, Eviana. 2016. 5 Surprising Beauty Benefits of Acupuncture. https://www.vogue.com/article/acupuncture-beauty-benefits-wrinkles-dull-skin-rosacea-acne-puffiness. (Diakses pada 21 Oktober 2020)
  3. Rekstis, Emily. 2018. Can Facial Acupuncture Really Make You Look Younger?. https://www.healthline.com/health/beauty-skin-care/facial-acupuncture. (Diakses pada 21 Oktober 2020)
  4. Sinha, Ramona. 2019. Facial Acupuncture: What Is It, Benefits, And Side Effects. https://www.stylecraze.com/articles/facial-acupuncture/. (Diakses pada 21 Oktober 2020)
  5. Wong, Cathy. 2020. The Benefits of Cosmetic Acupuncture. https://www.verywellhealth.com/what-is-cosmetic-acupuncture-88707. (Diakses pada 21 Oktober 2020)


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi