Terbit: 3 September 2020
Ditulis oleh: Rhandy Verizarie | Ditinjau oleh: dr. Ursula Penny Putrikrislia

Selain akupunktur, ada juga akupresur. Apakah metode pijat refleksi yang satu ini memiliki manfaat yang sama seperti akupunktur? Ketahui lebih lanjut mengenai pijat akupresur mulai dari manfaat hingga di mana saja titik-titiknya pada tubuh berikut ini!

Akupresur: 10 Manfaat bagi Kesehatan Tubuh

Apa Itu Akupresur?

Akupresur adalah metode pijat refleksi yang menjadi bagian dari pengobatan tradisional Tiongkok atau Traditional Chinese Medicine (TCM). Serupa dengan akupunktur, akupresur juga dilakukan dengan cara menyasar sejumlah titik-titik tertentu di sekujur tubuh. Bedanya, metode ini tidak menggunakan medium jarum seperti halnya pada akupunktur.

Alih-alih jarum, pijat ini hanya mengandalkan tangan terapis profesional. Terapis akan menekan titik akupresur  yang dipercaya sebagai pusat energi dan penghubung antar organ maupun jaringan tubuh. Pengobatan tradisional yang satu ini lantas bisa jadi alternatif bagi Anda yang mungkin tidak suka dengan teknik akupunktur.

Manfaat Akupresur untuk Kesehatan Tubuh

Pijat refleksi yang satu ini dipercaya memiliki sejumlah manfaat bagi kesehatan tubuh, sama halnya seperti akupunktur. Lantas, apa saja manfaat akupresur yang dimaksud? Berikut ulasannya.

1. Mengatasi Nyeri Kepala, Leher, dan Bahu

Manfaat yang pertama adalah untuk mengatasi nyeri pada leher dan bahu. Ya, tentu bukan hal yang asing lagi bagi Anda—terutama yang banyak menghabiskan waktu di depan komputer—untuk merasakan nyeri di kedua area tubuh tersebut, bukan?

Menurut seorang akademisi dari Florida College of Integrative Medicine yang juga merupakan terapis akupunktur yakni Dr. Steve Moreau, DOM, AP, terdapat beberapa titik di sekitar leher dan bahu yang apabila dipijat dengan teknik ini efektif untuk meredakan nyeri.

2. Mengatasi Nyeri Pinggang

Selain nyeri leher dan bahu, nyeri pinggang adalah kondisi lainnya yang kemungkinan bisa diatasi dengan teknik pijat refleksi ini. Ada 2 (dua) titik di area pinggang yang diduga dapat meredakan nyeri pinggang apabila dipijat, yakni di sekitar pinggang itu sendiri dan satu lagi di sekitar betis.

3. Meredakan Nyeri akibat Sinus

Anda menderita gangguan pada sinus hingga menimbulkan rasa nyeri yang tentunya tidak nyaman? Jika ya, maka salah satu cara yang dapat dilakukan untuk meredakan nyeri akibat sinus tersebut adalah dengan melakukan pijat akupresur. Titik akupresur untuk meredakan nyeri sinus ada di antara alis dan pelipis.

4. Mengatasi Otot Tegang

Salah satu tujuan utama orang-orang melakukan acupressure massage ini adalah untuk mengatasi otot-otot tubuh yang menegang. Aktivitas sehari-hari—apalagi jika aktivitas yang dilakukan tergolong berat dan sangat mengandalkan fisik—hampir dipastikan akan membuat otot tegang.

Kondisi ini tentu saja akan membuat tubuh jadi tidak nyaman dan bahkan bisa menimbulkan stres. Oleh karenanya, Anda bisa melakukan pijat ini guna melemaskan kembali otot-otot tubuh.

5. Meredakan Mual dan Muntah

Manfaat akupresur selanjutnya adalah untuk meredakan gejala mual dan muntah, terutama pascaoperasi. Penelitian telah menunjukkan bahwa acupressure adalah terapi pengobatan mual dan muntah pasca operasi pada pasien bedah rawat jalan yang efektif namun ekonomis.

Terdapat beberapa titik tekanan yang dapat meredakan gejala ini, seperti di lengan bagian dalam dan juga perut. Titik-titik ini diberi nama Pc6 dan S44.

6. Mengatasi Stres

Stres adalah kondisi psikologis yang semua orang pasti pernah mengalaminya. Meskipun merupakan masalah kesehatan umum, stres tidak boleh disepelekan begitu saja karena jika dibiarkan dampaknya akan sangat buruk bagi kesehatan tubuh, bahkan dapat mengancam nyawa sekalipun!

Nah, terapi akupresur dapat dijadikan salah satu medium untuk mengatasi stres. Tekanan-tekanan yang diberikan pada area-area tertentu dipercaya mampu merangsang saraf dan produksi hormon yang dapat menciptakan perasaan senang dan tenang.

7. Melancarkan Peredaran Darah

Sama seperti akupunktur, acupressure juga bermanfaat untuk membantu melancarkan peredaran darah. Hal ini tentu saja penting karena peredaran darah yang lancar membuat distribusi oksigen ke seluruh tubuh berjalan dengan baik.

Peredaran darah yang tidak lancar akan membuat kinerja organ dan jaringan tubuh menjadi tidak maksimal hingga akhirnya menimbulkan gejala-gejala seperti kepala pusing dan kelelahan. Bahkan pada kasus yang lebih parah, aliran darah yang tidak lancar dapat memicu sejumlah penyakit berbahaya seperti stroke dan jantung.

8. Mengatasi Gejala Pramenstruasi

Gejala pramenstruasi—terutama kram perut—menjadi momok bagi kebanyakan wanita, mungkin termasuk Anda salah satunya. Terapi akupresur bisa jadi salah satu alternatif cara mengatasi gejala PMS yang Anda rasakan tersebut.

Menurut penelitian, hal ini bisa terjadi apabila Anda melakukan pijatan pada titik akupresur yang terletak di kaki kira-kira selebar dua jari di atas tempat pertemuan kulit jempol kaki dan jempol kaki sebelah. Sementara itu, sebuah studi yang diterbitkan pada tahun 2017 di jurnal Complementary Therapies in Medicine menemukan fakta bahwa terapi ini efektif untuk mencegah gejala PMS di masa mendatang.

9. Mengatasi Insomnia

Apakah akhir-akhir ini tidur Anda terganggu? Jika ya, maka tidak ada salahnya untuk melakukan pijat acupressure.

Menurut sebuah studi yang dipublikasikan oleh Journal of Sleep Research pada tahun 2017 lalu, terapi acupressure selama 8 minggu terbukti efektif untuk mengurangi tingkat keparahan insomnia pada mereka yang mengalami gangguan tidur yang satu ini.

10. Baik untuk Ibu Hamil

Manfaat lainnya yang tidak kalah penting dari pijat ini dikhusukan bagi ibu hamil. Ya, ternyata terapi refleksi ini dapat membantu saat ibu hendak melahirkan.

Pijat acupressure membantu melancarkan peredaran darah, merangsang produksi hormon, dan kontraksi rahim. Oleh sebab itu, Anda disarankan untuk melakukan terapi ini menjelang kelahiran sang buah hati. Tentunya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter, ya.

Titik Akupresur pada Tubuh

Pada dasarnya, di dalam tubuh terdapat 12 garis aliran energi dan penghubung antar organ (disebut sebagai garis meridian). Garis meridian ini terbagi menjadi dua, yakni yang berada di area lengan dan area kaki.

Nah, setiap garis meridian tersebut terdiri dari titik akupresur yang mana jumlahnya mencapai ratusan. Akan tetapi, biasanya para terapis hanya menyasar ke tiga titik, yaitu:

  • Large intestine 4 (LI4), terletak di antara ibu jari dan jari telunjuk.
  • Liver 3 (LR-3), terletak di bagian atas kaki antara jempol kaki dan jari kaki lainnya.
  • Spleen 6 (SP-6), berjarak sekitar 3 jari dari tulang pergelangan kaki.

Apabila Anda ingin melakukan pijat akupresur secara mandiri, mudahnya bisa memijat sejumlah titik berikut ini:

1. Third Eye

Titik akupresur yang pertama disebut third eye, letaknya ada di antara alis kanan dan kiri. Memijat titik ini bertujuan untuk meredakan sakit kepala. Pasalnya, pijatan akan membuat peredaran darah di area kepala menjadi lancar sehingga sakit kepala otomatis mereda.

2Drilling Bamboo

Masih di sekitar alis dan dahi, titik selanjutnya dikenal dengan nama drilling bamboo. Titik yang satu ini terletak pangkal hidung, tepatnya di ujung dalam dari alis kanan dan alis kiri. Memijat area drilling bamboo dapat meringankan gejala sakit kepala akibat tegang, mata lelah, dan sinusitis.

3. “Gerbang Kesadaran”

“Gerbang kesadaran”, adalah titik akupresur yang terletak di bagian belakang kepala, persisnya di bawah daun telinga. Titik ini jika mendapat ditekan saat dipijat efektif menghilangkan sakit kepala dan juga ketegangan di area leher. “Gerbang kesadaran” juga merupakan titik refleksi sakit kepala migrain sehingga Anda yang mengalami kondisi tersebut bisa menerapkan teknik pijat ini.

4Shoulder Well

Titik lainnya adalah shoulder well. Lokasi titik ini berada di area bahu dekat pangkal leher. Kendati tidak berada di area kepala, memberi pijatan lembut pada titik ini diklaim dapat meredakan sakit kepala yang mengganggu.

Menariknya, di samping meringankan gejala sakit kepala, shoulder well yang dipijat juga membantu merelaksasi bahu dan leher yang terasa kaku.

5Union Valley

Semakin menjauh dari area kepala namun efeknya terasa sampai sana, ada titik refleksi yang disebut sebagai union valley. Titik ini ada di punggung telapak tangan Anda, tepatnya di antara ibu jari dan jari telunjuk. Memijat area union valley diklaim dapat meredakan gejala sakit kepala, pun merelaksasi leher dan bahu yang terasa kaku.

 

  1. Anonim. Acupressure Points and Massage Treatment. https://www.webmd.com/balance/guide/acupressure-points-and-massage-treatment#1 (diakses pada 3 September 2020)
  2. Anonim. 2016. How to Massage Your Pressure Points. https://www.healthline.com/health/pain-relief/how-to-massage-your-pressure-points (diakses pada 3 September 2020)
  3. Cirino, E. 2018. The Best Pressure Points to Treat Headaches. https://www.healthline.com/health/pressure-points-for-headaches#1 (Diakses pada 3 September 2020)
  4. Eske, J. 2019. Can acupressure relieve headaches? https://www.medicalnewstoday.com/articles/326121.php (Diakses pada 3 September 2020)
  5. Price, A. 2018. Acupressure Benefits & Pressure Points: Relieve Pain, PMS & Insomnia. https://draxe.com/health/acupressure-benefits/ (diakses pada 3 September 2020)
  6. Quinn, C et al. 2002. Massage Therapy and Frequency of Chronic Tension Headaches. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC1447303/ (Diakses pada 3 September 2020)
  7. Wong, C. 2020. The Benefits and Use of Acupressure. https://www.verywellhealth.com/the-benefits-of-acupressure-88702 (diakses pada 3 September 2020)


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi