DokterSehat Sadarkan Pentingnya Kesehatan Melalui #AksiSehatCeria

aksisehatceria-lotte-avenue-doktersehat
dr. Christopher Andrian, M.Gizi, Sp.GK (tengah) dan Faisal nur Hidyat (kanan) sedang memberikan materi dii acara #AksiSehatCeria DokterSehat

DokterSehat.Com – Menjaga kesehatan dan berbagi adalah dua hal yang penting untuk dilakukan. Pentingnya kedua hal tersebut membuat PT Media Kesehatan Indonesia (DokterSehat) tergerak untuk mengadakan #AksiSehatCeria yang diselenggakan di Ciputra Medical Center, Lotte Shopping Avenue Lt. 5, Jakarta Selatan pada Sabtu (15/9/18).

Dituturkan oleh Indra Adam Darmawan selaku CEO & Co-founder DokterSehat, acara #AksiSehatCeria diadakan dalam rangka memperingati hari Palang Merah Indonesia (PMI) pada tanggal 17 September dan juga merupakan salah satu bentuk kepedulian terhadap bencana alam yang belum lama terjadi di Indonesia.

“Dalam rangka merayakan HUT Palang Merah Indonesia ke 73, kami mengajak masyarakat dari semua golongan untuk meningkatkan kesadaran akan kesehatan dan pentingnya berbagi dengan sesama melalui kegiatan donor darah. Kami sangat mengapreasiasi kontribusi PMI selama 73 tahun ini dalam membantu membangun bangsa dan menolong sesama,” ujar Indra Adam Darmawan.

DokterSehat pun bekerja sama dengan Indonesia Digital Asset Exchange (Indodax), Ciputra Medical Clinic (CMC), dan Blood4Life Indonesia untuk bisa menyukseskan acara ini serta mencapai tujuan bersama untuk meningkatkan kesadaran akan pentingnya kesehatan.

“Kami sangat senang bisa berkolaborasi dengan DokterSehat yang mayoritas terdiri dari generasi milenial. Ini dapat meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya hidup sehat, apalagi kini teknologi semakin canggih dan akses informasi kesehatan pun semakin mudah,” jelas Raymond Chandra selaku Marketing Communications Officer Ciputra Medical Center.

Faisal Nur Hidayat selaku Koordinator Divisi Edukasi Blood4life Indonesia juga memberikan penuturan serupa. “Semoga dengan adanya sinergi ini dapat meningkatkan literasi dan kepedulian terhadap kesehatan pribadi dan masyarakat, lalu menyadari pentingnya donor darah sukarela, dan selalu merasa baik karena telah berbuat baik. Feels good by doing good,” ungkapnya.

Para pengunjung yang hadir bisa turut serta dalam seminar kesehatan, blogger gathering, dan kegiatan donor darah yang terbuka untuk umum. Pembicaranya sendiri terdiri dari dr. Christopher Andrian, M.Gizi, Sp.GK selaku Clinical Nutrition Specialist Ciputra Medical Center dan Faisal Nur Hidayat selaku Koordinator Divisi Edukasi Blood4life Indonesia.

Seminar Kesehatan #AksiSehatCeria

aksisehatceria-pemateri-diberikan-plakat-doktersehat
Para pemateri dan sponsor acara #AksiSehatCeria mendapatkan plakat dari CEO & Co-founder DokterSehat Indra Adam Darmawan (kedua dari kanan)

Pada seminar kesehatan yang bertema Healthy Life Style in General Life, dr. Christopher Andrian, M.Gizi, Sp.GK memberikan edukasi mengenai pola hidup sehat. Dijelaskan bahwa di Indonesia terjadi peningkatan obesitas yang cukup tinggi dan terus meningkat, bahkan perempuan lebih banyak mengalami obesitas dibandingkan laki-laki.

“Obesitas yang lebih berbahaya adalah obesitas central karena lemak ada di dalam perut dan membungkus organ-organ, sehingga menyebabkan berbagai penyakit, seperti serangan jantung, memengaruhi kesuburan, dan bahkan memicu kanker,” jelas dr. Christopher Andrian, M.Gizi, Sp.GK.

Perlu diperhatikan juga bahwa angka kecukupan gizi (AKG) berbeda. AKG laki-laki yaitu 2.500 kkal dan AKG wanita 2.100 kkal. Selain jenis kelamin, dipengaruhi juga oleh usia dan tinggi badan. Angka kebutuhan tersebut lah yang harus diperhatikan untuk mengatur asupan makanan.

Ada juga tips yang diberikan bagi para pelaku diet, yaitu dengan mengonsumsi makanan 5-6 kali sehari dengan porsi sedikit dan diimbangi dengan minum air yang cukup. Selain itu, perlu dikontrol juga asupan kalori dengan menekan karbohidrat yang berasal dari tepung.

Selanjutnya, Faisal Nur Hidayat dari Blood4life Indonesia menjelaskan bahwa kebutuhan darah di indonesia minimal 5,1 juta kantong per tahun, sedangkan produksinya hanya 4,6 juta per tahun. Artinya, masih kurang 500 kantong darah per tahun

“Sejauh ini ketersediaan darah di Indonesia masih kurang 500 kantong darah per tahun. Konsekuensinya, pasien yang membutuhkan darah tertentu akan kesulitan mendapatkan darah yang dibutuhkan,” tutur Faisal Nur Hidayat.

Antusiasme pengunjung dapat terlihat dari jumlah peserta yang hadir dan banyak yang aktif mengajukan pertanyaan. Ada permainan seru yang dipandu oleh Blood4life Indonesia dan juga pemberian hadiah menarik dari Indodax yang membuat para peserta semakin antusias.

Donor Darah #AksiSehatCeria

CEO & Co-founder DokterSehat Indra Adam Darmawan turut serta mendonorkan darah dalam #AksiSehatCeria

Berbarengan dengan seminar kesehatan, DokterSehat juga mengadakan donor darah yang antusiasmenya tak kalah dari seminar. Mulai dari CEO & Co-founder DokterSehat Indra Adam Darmawan, para karyawan DokterSehat, hingga masyarakat umum sampai antre mendonorkan darah untuk membantu sesama.

“Saya sangat tertarik untuk ikut acara ini dan juga donor darah, saya sendiri semakin tergerak terutama karena peristiwa bencana alam di Lombok yang belum lama ini terjadi, jadi mau ikut bantu.” ujar Fitriana, salah satu peserta donor darah.

#AksiSehatCeria DokterSehat pun turut diramaikan oleh Blogger Perempuan Network. Mereka terdiri dari Ade Ufi, Alma, Anastasye, Ani Berta, Anisa Deasty Malela, Dewi Nuryanti, Hanum, Mia, Monica Anggen, Nunik Utami, Punto Wicaksono, Rani, Salman, Shintaries, Sifora, Sumiyati Sapriasih, Tati Suherman, Timo, Yesi Intasari, dan Yulia Hasanah.

Tak hanya menggelar acara gathering kesehatan dan donor darah, DokterSehat juga mengadakan lomba blogging yang berhadiah jutaan rupiah terhitung tanggal 15 September-16 Oktober 2018. Lomba ini diadakan dengan tujuan untuk meningkatkan partisipasi dan kesadaran masyarakat Indonesia akan pentingnya pola hidup sehat.

“Saya berharap gerakan yang diadakan oleh DokterSehat ini dapat membantu menambah ketersediaan kantong darah dan juga bisa mengajak generasi muda kita untuk lebih sadar mengenai kesehatan serta pentingnya pola hidup yang sehat.” tutup Indra Darmawan.