Terbit: 25 Mei 2019
Ditulis oleh: Rhandy Verizarie | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com – Ungkapan “segala sesuatu yang berlebihan itu tidak baik” kiranya benar adanya, tidak terkecuali dalam urusan tidur. Kendati tidur adalah aktivitas yang ‘menyenangkan’ (dan memang suatu kebutuhan), faktanya tidur terlalu lama menurut sejumlah penelitian dapat membawa dampak negatif bagi kesehatan tubuh. Lantas, apa saja akibat tidur terlalu lama? Benarkah sampai menyebabkan kematian?

8 Akibat Tidur Terlalu Lama (Bisa Tidur Selamanya)

 

Akibat Tidur Terlalu Lama, Bisa Sebabkan Kematian?

Seperti yang sudah disebutkan di atas, efek tidur terlalu lama bisa berupa sejumlah masalah kesehatan, dari yang sifatnya ringan hingga serius sekalipun. Nah, berikut ini adalah akibat tidur terlalu lama yang perlu Anda ketahui dan waspadai.

1. Sakit Kepala

Rasanya hampir semua orang yang tidur terlalu lama, kemudian saat bangun kepalanya merasa pusing dan sakit. Akibat tidur terlalu lama ini adalah suatu hal yang lazim, mengingat senyawa kimia yang ada di dalam otak mengalami gangguan.

2. Mengalami Depresi

Dari hasil sejumlah penelitian, diketahui bahwasanya akibat tidur terlalu lama bisa berujung pada kondisi depresi pada para pelakunya. Disebutkan sekitar 15 persen orang yang tidur terlalu lama mengalami depresi.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Darlie - Advertisement

Penelitian tersebut juga mengungkapkan jika kebiasaan tersebut tidak segera dihentikan, dikhawatirkan depresi yang dialami akan semakin parah.

3. Gangguan Daya Ingat

Salah satu manfaat tidur adalah meningkatkan fungsi otak, terutama yang berkaitan dengan kemampuan daya ingat. Namun hal ini tidak berlaku apabila Anda tidur terlalu lama. Ya, akibat tidur terlalu lama ternyata justru membuat daya ingat mengalami penurunan.

Bahaya tidur terlalu lama yang satu ini dikarenakan saat Anda tidur melebihi durasi normal, fungsi daripada sel-sel otak akan terdegradasi, sehingga berdampak pada daya ingat yang melemah.

4. Diabetes

Akibat tidur terlalu lama, seseorang juga lebih berisiko untuk mengidap penyakit gula darah atau diabetes. Kalaupun Anda sudah mengidap diabetes, maka mengikuti kemauan tubuh untuk tidur dalam waktu lama hanya akan memperparah penyakit diabetes tersebut.

Alih-alih tidur, cobalah untuk mengisi waktu dengan kegiatan yang lebih bermanfaat dan menyehatkan seperti membaca buku atau berolahraga.

5. Kegemukan (Obesitas)

Kegemukan atau obesitas juga menjadi salah satu efek tidur terlalu lama yang mungkin akan Anda alami jika kebiasaan ini dibiarkan terus-menerus.

Akibat tidur terlalu lama ini dikarenakan adanya perlambatan metabolisme tubuh, sehingga lemak yang seharusnya terbuang malah semakin menumpuk dan berujung pada peningkatan berat badan secara drastis sampai melebihi ukuran ideal.

Bahaya tidur terlalu lama ini bahkan telah diamini oleh sebuah penelitian. Dikatakan dalam penelitian tersebut bahwa orang yang memiliki durasi tidur melebihi batas normal berisiko untuk mengalami obesitas 21 persen lebih tinggi ketimbang mereka yang tidur dalam durasi normal.

6. Serangan Jantung

Jangan menganggap tidur terlalu lama adalah hal yang tidak terlalu berdampak negatif bagi tubuh. Faktanya, kebiasaan ini juga berperan dalam meningkatkan risiko penyakit mematikan yakni serangan jantung, lho.

Sebuah studi yang dilakukan dengan melibatkan 72 ribu peserta wanita menemukan fakta bahwa durasi tidur selama 9 – 11 jam setiap malam menyebabkan terjadinya serangan jantung koroner pada 38 persen dari total peserta tersebut.

Kendati korelasi antara akibat tidur terlalu lama dengan serangan jantung belum dapat diketahui secara pasti, namun kiranya hal ini bisa menjadi semacam peringatan dini bagi Anda untuk lebih bisa mengatur jadwal dan durasi tidur agar tidak berlebihan.

7. Nyeri Punggung

Manakala Anda tidur terlalu lama, biasanya saat bangun punggung akan terasa nyeri. Tak heran, karena nyeri punggung adalah efek tidur terlalu lama yang hampir pasti terjadi pada siapapun pelakunya. Terlebih lagi jika kasur yang digunakan untuk tidur tidak terlalu mengakomodir tubuh dengan baik.

Kondisi ini tentunya cukup mengganggu aktivitas Anda sehari-hari, bukan? Oleh sebab itu, sebisa mungkin hindari hal ini demi menjaga produktivitas. Jangan ragu untuk memeriksakan diri ke dokter apabila sudah terlanjur mengalami nyeri punggun akibat tidur terlalu lama.

8. Meninggal Dunia

Bahaya tidur terlalu lama menurut studi-studi lainnya bahkan bisa sampai pada peningkatan risiko kematian. Orang yang tidur di atas 9 jam berpotensi mengalami kematian lebih besar ketimbang orang yang tidur dalam durasi ideal.

Sama seperti efek tidur terlalu lama berupa penyakit jantung, korelasi antara keduanya belum diketahui secara pasti. Kuat dugaan bahawa hal ini terkait dengan rasa depresi yang juga diakibatkan oleh tidur terlalu lama ini.

Penyebab Tidur Terlalu Lama

Tidur adalah aktivitas alamiah. Tidur menjadi momentum bagi tubuh untuk beristirahat setelah seharian beraktivitas. Ibarat mesin, tubuh pun tidak bisa terus-terusan ‘bekerja’, karena hal ini bisa mengganggu kinerja tubuh. Tidur yang kurang berpotensi menyebabkan tubuh mengalami sejumlah masalah kesehatan, mulai dari lelah luar biasa, hilang konsentrasi, hingga terserang penyakit.

Akan tetapi, tidur terlalu lama pun tidak bisa dikatakan baik untuk tubuh, dan bahkan efek negatifnya sama saja dengan kurang tidur. Normalnya, manusia membutuhkan 7-9 jam untuk tidur. Lebih dari itu, maka Anda sudah bisa dikatakan tidur terlalu lama.

Penyebab tidur terlalu lama umumnya karena Anda terlalu ‘nyaman’ untuk terlelap di atas kasur yang empuk. Namun, tidur terlalu lama bisa saja menjadi pertanda ada yang salah dengan diri Anda, entah itu karena depresi, hypersomnia, atau sleep apnea obstruktif.

Tips Memperbaiki Durasi Tidur agar Berkualitas

Mengingat bahaya tidur terlalu lama di atas, maka sudah saatnya bagi Anda untuk menghentikan kebiasaan tersebut demi kehidupan yang lebih sehat. Guna memperbaiki kualitas tidur, ada beberapa tips atau cara yang bisa Anda lakukan, yaitu:

  • Atur jadwal tidur Anda, misalnya dari jam 9 malam hingga 5 pagi, setiap hari
  • Jangan mengkonsumsi makanan atau minuman yang mengandung kafein dan alkohol
  • Tidur siang dengan durasi yang ideal, maksimal satu setengah jam
  • Ciptakan suasana ruangan tidur yang nyaman
  • Olahraga teratur

Itu dia informasi mengenai tidur terlalu lama dan akibat yang ditimbulkannya. Bagaimana, masih tidak ingin juga merubah kebiasaan Anda? Ingat, nyawa bisa jadi taruhannya. Semoga bermanfaat!


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi