Tak Pernah Minum Susu, Ini Akibatnya

Alternatif-konsumsi-susu-doktersehat-1
Photo Credit: Flickr.com/ Andrew Magill

DokterSehat.Com– Setelah mencapai usia remaja atau dewasa, kebanyakan masyarakat Indonesia cenderung mulai malas untuk mengonsumsi susu. Ada banyak sekali alasan untuk tidak mengonsumsinya, baik itu karena mengalami intoleransi laktosa atau sekadar malas mencari susu di toko-toko. Sebuah pertanyaan pun muncul. Sebenarnya, apakah ada dampak kesehatan yang akan kita rasakan jika tidak pernah minum susu?

DI dalam susu terdapat kandungan seperti protein, lemak, dan karbohidrat yang bisa menajdi sumber energi tubuh. Selain itu, terdapat pula kandungan vitamin, mineral, dan nutrisi lain yang bisa mendukung berbagai fungsi, sistem, dan kesehatan tubuh. Selain susu, produk turunannya seperti keju dan yoghurt juga bisa memberikan manfaat yang sama.

Pakar nutrisi Annie Bell menyebutkan bahwa banyak orang yang menganggap kandungan di dalam makanan lain bisa menggantikan susu. Sebagai contoh, kita bisa mengonsumsi daging dan ikan untuk mendapatkan protein yang juga bisa ditemukan di dalam susu, namun, Annie menyebutkan jika nutrisi di dalam susu sangatlah bervariasi dan kompleks sehingga masih diperlukan bagi tubuh untuk mendapatkan kesehatan.

Sebagai contoh, susu kaya akan kandungan kalsium yang sangat penting bagi kesehatan dan kekuatan tulang. Menurut The National Osteoporosis Society, jika kita tidak pernah minum susu, maka kita akan berisiko lebih besar mengalami masalah kesehatan tulang di kemudian hari. Bagi kaum hawa muda misalnya, tidak pernah minum susu akan membuat mereka lebih rentan terkena osteoporosis saat memasuki usia menopause.

Penelitian lain menyebutkan bahwa rutin minum susu bisa memberikan perlindungan lebih baik bagi tubuh untuk mencegah datangnya risiko serangan jantung atau stroke. Bahkan, mereka yang rajin makan keju juga akan memiliki risiko lebih rendah untuk terkena penyakit kardiovaskular lainnya.

Melihat adanya fakta ini, jangan ragu untuk minum susu setiap hari demi mencegah datangnya berbagai macam penyakit.