Waspadai Efek Kurang Tidur Bagi Kecantikan Berikut Ini

akibat-kurang-tidur-doktersehat

DokterSehat.Com – Gangguan susah tidur dan kebiasaan begadang akan membuat kita kekurangan waktu tidur. Akibat kurang tidur, muncullah berbagai efek negatif pada tubuh kita. Umumya seseorang akan merasakan secara langsung efek dari kurang tidur seperti rasa lelah dan juga konsentrasi yang menurun. Tapi di samping itu, ternyata masih banyak efek jangka panjang yang juga mengintai Anda.

Tidak hanya berbahaya pada kesehatan, efek jangka panjang dari kurang tidur juga banyak memberikan pengaruh negatif bagi kecantikan. Kurang tidur memberikan efek yang besar terhadap kesehatan tubuh, termasuk juga kesehatan kulit. Dengan menurunnya kesehatan kulit, pada akhirnya muncul berbagai masalah yang juga berpengaruh pada penampilan.

Berikut adalah 5 akibat kurang tidur yang bisa mengganggu penampilan kamu:

1. Jerawat dan Infeksi Lainnya

Masalah kecantikan pertama akibat kurang tidur adalah jerawat. Ada banyak sekali alasan mengapa kurang tidur bisa menyebabkan jerawat timbul. Alasan pertama adalah karena kurang tidur akan meningkatkan tingkat stres yang tentunya bisa memicu jerawat.

Alasan kedua adalah kurang tidur membuat sistem imunitas kita menurun sehingga seluruh tubuh kita menjadi lebih rentan, termasuk juga pada bakteri penyebab jerawat. Bukan hanya jerawat, Anda juga perlu waspada pada timbulnya komedo dan beruntusan.

2. Dark Circle dan Kantung Mata

Akibat kurang tidur bagi kecantikan yang secara signifikan terlihat adalah munculnya dark circle dan kantung mata. Mengalami salah satu masalah mata ini saja sudah merepotkan, bagaimana jika Anda mendapatkan keduanya? Kantung mata yang besar dan menghitam tentunya akan sangat mengganggu penampilan kita.

Proses peremajaan kulit terjadi ketika sedang tidur.Jika kita mengalami kurang tidur, bisa dipastikan proses tersebut akan terganggu dan mengakibatkan timbulnya kedua masalah bagian bawah mata tersebut.

baca juga : Benarkah Kurang Tidur Bisa Menyebabkan Hipertensi?

3. Penuaan Dini

Akibat kurang tidur selanjutnya adalah timbulnya berbagai masalah penuaan dini, seperti munculnya garis halus dan kulit yang menjadi kendur. Pada tahun 2013 Esteé Lauder, sebuah perusahaan skin care asal Amerika Serikat, melakukan penelitian terhadap wanita dengan usia 30 hingga 49 tahun. Penelitian tersebut menunjukkan bahwa wanita yang mengalami kurang tidur menunjukkan lebih banyak gejala penuaan.

Hal ini membuktikan bahwa kurang tidur berkaitan erat dengan penuaan. Sama halnya seperti masalah dark circle dan kantung mata, penuaan juga terjadi akibat proses peremajaan dan regenerasi kulit terganggu.

4. Kulit Kusam

Masalah selanjutnya yang timbul akibat kurang tidur adalah kulit kusam. Sistem imun tubuh yang menurun membuat kulit tidak bekerja dengan maksimal, akibatnya kadar hyaluronic acid dalam kulit pun menurun. Dengan semakin berkurangnya hylaurinic acid dalam kulit, produksi kolagen juga akan terganggu. Kekurangan kolagen dapet menyebabkan kulit menjadi lebih gelap, kusam, kering, dan lebih sensitif.

5. Kenaikan Berat Badan

Kurang tidur juga sangat mungkin mengakibatkan kenaikan berat badan. Kebiasaan susah tidur, membuat makan kita jadi tidak teratur. Selain itu hormon yang tidak stabil juga akan dapat meningkatkan nafsu makan. Nafsu makan tinggi, waktu makan yang tidal teratur, serta metabolisme tubuh yang kurang baik pun akhirnya menimbulkan kenaikan berat badan.

baca juga : Semalam Kurang Tidur? Jangan Konsumsi Makanan Ini Karena Bisa Memperburuk Kondisi Tubuh

Dapat disimpulkan bahwa masalah utama yang menyebakan berbagai masalah kulit ini adalah proses peremajaan dan regenerasi kulit yang terganggu dan juga sistem kekebalan tubuh yang menurun.

Jika gangguan susah tidur atau kebiasaan begadang tidak diperbaiki, maka masalah-masalah tersebut akan semakin parah dan semakin sulit untuk diatasi. Kulit yang tidak beregenerasi dengan baik, tidak akan mampu mengatasi masalah kulit yang sudah terlanjut timbul.

Masalah-masalah kecantikan yang timbul akibat kurang tidur ini, tidak dapat diselesaikan hanya dengan menggunakan berbagai produk perawatan kulit ataupun diet. Jika Anda ingin mengatasi masalah-masalah tersebut, penggunaan produk perawatan kulit juga harus dibarengi dengan usaha untuk memperbaiki pola tidur, agar Anda mendapatkan tidur yang cukup.

Beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk memberbaiki pola tidur antara lain adalah:

  • Jangan menggunakan gadget sebelum tidur
  • Usahakan untuk tidur dan bangun di jam yang sama setiap hari
  • Hindari konsumsi kafein pada siang hingga malam hari
  • Olahraga secara rutin
  • Menciptakan suasana nyaman di kamar

Mudah bukan menyiasati akibat kurang tidur bagi kecantikan Anda? Yuk, diterapkan!