Jangan Curang Saat Diet Kalau Tidak Mau Alami Hal ini

Diet-terkenal-tak-turunkan-BB-doktersehat-1

DokterSehat.Com– Untuk mendapatkan bentuk tubuh idaman, ada banyak yang bisa dilakukan, mulai dari menjaga pola makan dan rutin berolahraga. Namun, yang paling sering dilakukan adalah menjaga pola makan, sebab kebanyakan orang zaman sekarang memiliki kesibukan yang cukup tinggi sehingga tak ada waktu lebih untuk berolahraga.

Kendati demikian, diet sebenarnya cukup ampuh dan efektif dalam menurunkan berat badan, tapi jika dilakukan dengan benar. Sebab, tak sedikit orang yang merasa proses dietnya gagal. Tentu saja kegagalan tersebut adalah penyebabnya, bisa jadi mereka melakukan kecurangan saat diet sehingga hasilnya tidak maksimal.

Kecurangan itu bisa diartikan dengan mencuri-curi waktu makan atau bahkan makan pada jadwal yang tidak ditentukan. Dan parahnya lagi, mengonsumsi makanan lemak sesekali hanya karena untuk memuaskan hasrat.

Perlu diketahui, melakukan kecurangan dalam diet memang sebuah tindakan konyol yang justru akan merugikan diri sendiri. Sebab, selain kegagalan, ada masalah lain yang akan ditimbulkan. Adapaun masalah tersebut sebagai berikut.

1. Lidah Menjadi Kacau

Maksud dari lidah menjadi kacau adalah lidah akan berubah warna serta menurunnya kepekaan terhadap rasa. Sebab, lidah yang sudah terlatih untuk mengonsumsi makanan sehat, akan sedikit kaget dengan adanya rasa baru. Untuk itu, jangan pernah curang saat sedang diet sampai proses diet itu benar-benar sukses.

2. Mulas Mendadak

Kerugian lain ketika melakukan curang dalam diet adalah timbulnya rasa mulas pada perut. Rasa mulas ini akan muncul mendadak dan cukup menyiksa. Hal tersebut dikarenakan usus dan lambung telah terbiasa dengan makanan sehat. Jadi, ketika dimasuki makanan tak sehat, maka organ dalam tubuh menjadi kaget dan dianggap sebagai materi membahayakan sehingga dipaksa keluar.

3. Mudah Lelah dan Sakit

Kalau dampak yang satu ini memang cukup menakutkan. Sebab, ketika dalam proses diet, tubuh sangat bersih dan terhindar dari berbagai macam atau jenis makanan yang sifatnya buruk, seperti lemak atau kalori. Lantas, saat dimasuki materi tak sehat, maka tubuh kembali kotor dan memicu datangnya penyakit secara tiba-tiba.

4. Menjadi Lapar Terus

Saat melakukan kecurangan diet, maka hal ini akan menjadi kebiasaan yang susah dihilangkan. Sebab, mengonsumsi makanan tak sehat yang aroma dan rasanya nikmat memang menjadi salah satu godaan yang menghadang. Tapi, jangan sampai tergoda dan mengonsumsinya sebab hal itu akan menggagalkan diet.