Terbit: 15 April 2021 | Diperbarui: 16 April 2021
Ditulis oleh: Muhamad Nuramdani | Ditinjau oleh: Tim Dokter

Akar teratai adalah rimpang yang sangat bergizi, sehingga sering menjadi bahan masakan Asia, termasuk sup hingga tumisan. Akar berongga yang terasa sedikit manis ini juga sebagai obat herbal untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan. Ketahui kandungan nutrisi, manfaat, dan efek sampingnya!    

15 Manfaat Akar Teratai, Kandungan Nutrisi, dan Cara Mengolahnya

Kandungan Nutrisi Akar Teratai

Alasan mengapa akar bunga teratai atau lotus ini berkhasiat adalah karena memiliki berbagai kandungan mineral dan vitamin yang bagus untuk tubuh.

Setengah cangkir atau setara 60 gram akar lotus rebus mengandung nutrisi berikut:

  • Kalori: 40
  • Lemak: 0 g (gram)
  • Sodium: 27 mg (miligram)
  • Karbohidrat: 10 g
  • Serat: 2 g
  • Gula: 0.3 g
  • Protein: 1 g
  • Karbohidrat: 10 g
  • Protein: 1 g
  • Kalium
  • Kalsium
  • Magnesium
  • Zat besi
  • Fosfor
  • Kolin 
  • Folat 
  • Vitamin C

Manfaat Akar Teratai untuk Kesehatan dan Kecantikan

Kandungan makronutrien dan mikronutrien dalam akar lotus memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, mulai dari menyehatkan tubuh hingga untuk kecantikan kulit.

Berikut ini manfaat akar teratai untuk kesehatan:

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku RT Mandiri - Advertisement

1. Melancarkan Peredaran Darah

Mengonsumsi akar lotus bisa menjadi cara yang bagus untuk merangsang peredaran darah dan meningkatkan energi. Kandungan zat besi dan tembaga dalam akar ini sangat penting, dan keduanya adalah bagian lengkap dari produksi sel darah merah, membantu mengurangi risiko gejala anemia, dan meningkatkan vitalitas dan aliran darah.

2. Mengontrol Tekanan Darah

Seperti kentang, tomat, dan alpukat, kandungan kandungan kalium yang tinggi juga terdapat dalam akar teratai. Jumlah kalium yang cukup dalam tubuh orang sehat, sangat penting untuk memastikan keseimbangan yang tepat antara cairan dalam tubuh dan juga menangkal efek natrium dalam aliran darah.

Kalium adalah vasodilator, artinya mengendurkan pembuluh darah. Untuk itu, dengan mengurangi kontraksi dan kekakuan, kalium meningkatkan aliran darah dan mengurangi ketegangan pada sistem kardiovaskular. Mineral ini juga merupakan komponen penting dari aktivitas saraf, aliran cairan, dan darah pada otak.

3. Mengurangi Stres

Salah satu komponen vitamin B kompleks adalah piridoksin, yang dapat berinteraksi langsung dengan reseptor saraf otak, ini memengaruhi suasana hati (mood) dan kondisi mental.

Dalam pengobatan tradisional, manfaat akar teratai mampu mengontrol tingkat lekas marah, sakit kepala, dan stres. Selain bunganya yang memberi kedamaian dan ketenangan, akarnya juga memberikan efek kedamaian.

4. Meningkatkan Kesehatan Pencernaan

Akar lotus yang berkayu dan berdaging memiliki kandungan serat makanan, yang dikenal dapat menambah volume tinja dan memperlancar buang air besar.

Tubuh yang tercukupi serat makanan juga dapat mengurangi gejala sembelit sekaligus mengoptimalkan penyerapan nutrisi. Hal ini karena serat bekerja dengan meningkatkan sekresi cairan pencernaan dan lambung, serta merangsang gerakan peristaltik di otot usus untuk memperlancar buang air besar dan teratur.

5. Menjaga Berat Badan

Akar dari bunga lotus bisa menjadi salah satu makanan yang baik bagi mereka yang menjalani program penurunan berat badan. Akar lotus rendah kalori dan mengandung tinggi nutrisi dan serat, sehingga bisa mendapatkan semua nutrisi yang tubuh butuhkan.

Makanan ini juga membuat Anda tetap merasa kenyang, sehingga bisa mengurangi kemungkinan makan berlebihan dan dengan demikian bisa mengelola berat badan dan mencegah obesitas.

6. Menjaga Kesehatan Jantung

Berbagai kandungan nutrisi dalam akar lotus sangat bermanfaat untuk membantu menjaga kesehatan jantung. Setengah cangkir akar lotus rebus mengandung 218 miligram potasium, yang merupakan 5-10% dari kebutuhan harian kebanyakan orang dewasa.

Mendapatkan kalium yang cukup melalui makanan seperti akar lotus, juga dapat membantu tekanan darah tinggi (hipertensi). Selain itu, kandungan folat dan vitamin C dalam akar ini sangat penting untuk pencegahan penyakit jantung.

7. Mengobati Hay Fever (Rhinitis Alergi)

Manfaat akar teratai dalam bentuk serbuk telah terbukti dapat membantu meringankan gejala rhinitis alergi. Khasiatnya telah melalui penelitian pada tikus dan hasilnya menjanjikan. Setelah memberikan ekstrak akar lotus, tikus percobaan menunjukkan efek antiinflamasi langsung dalam mengurangi kemerahan dan rambut rontok sebagai respons terhadap alergen.

Meskipun begitu, masih memerlukan lebih banyak penelitian pada manusia untuk memastikan khasiat akar lotus untuk mengatasi gejala rhinitis alergi.

8. Mengurangi Risiko Cacat Lahir

Akar lotus memiliki beberapa nutrisi penting yang berkhasiat untuk menjaga kesehatan kehamilan, yaitu folat (vitamin B9). Wanita usia subur dianjurkan untuk lebih berhati-hati dalam mendapatkan asupan folat yang cukup untuk mencegah cacat lahir (termasuk cacat tabung saraf), yang dapat terjadi pada awal kehamilan.

Kandungan akar lotus juga terdiri dari kolin, zat besi, dan kalsium, mineral yang membantu menjaga kehamilan yang sehat. Hal ini dapat mencegah cacat lahir.

9. Melancarkan Haid dan Menghentikan Perdarahan Berlebih

Ekstrak daun dan akar teratai sudah lama menjadi salah satu pengobatan tradisional Tiongkok untuk membantu mengatur siklus menstruasi dan menghentikan perdarahan berlebih. Namun, belum banyak penelitian ilmiah untuk memastikan manfaat bagi menstruasi.

Menurut pengalaman pengobatan tradisional, minum jus akar lotus atau sup lotus dapat membantu menghindari anemia setelah menstruasi dengan memproduksi darah untuk mengganti kehilangan darah.

10. Meningkatkan Kesehatan Otak

Selain hati sapi, biji bunga matahari, dan kacang mete, akar lotus juga menjadi salah satu makanan yang mengandung tembaga tinggi. Tembaga tidak hanya membantu memperkuat tulang dan mendukung metabolisme, tetapi juga membantu meningkatkan kesehatan otak dengan mengaktifkan fungsi jalur saraf.

Sebuah penelitian telah menunjukkan bahwa kekurangan tembaga dapat menimbulkan penyakit neurodegeneratif seperti Alzheimer. Untuk membantu mencegah penurunan kognisi, mengonsumsi akar lotus dan makanan lain yang mengandung banyak tembaga bisa merangsang fungsi mental.

11. Meningkatkan Energi

Mengonsumsi akar lotus bisa meningkatkan kadar zat besi. Zat ini bisa membantu meningkatkan energi dengan memungkinkan oksigen mencapai sel. Ketika mengalami kekurangan zat besi, tubuh akan sering merasa lelah, lesu dan sulit berkonsentrasi.

Makan makanan yang kaya zat besi dapat membantu meningkatkan kadar oksigen dalam sel dan otot. Ini juga memungkinkan zat besi untuk membantu tubuh mencerna protein lebih baik dan penyerapan nutrisi makanan.

12. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Akar teratai merupakan sumber vitamin C yang sangat baik, berfungsi sebagai antioksidan dalam tubuh, yang membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Menurut penelitian dalam jurnal Nutrients, vitamin C membantu mempertahankan kekebalan tubuh dengan mendukung berbagai fungsi sel.

Hal tersebut termasuk mendukung fungsi penghalang epitel melawan patogen, mendorong aktivitas pembersihan oksidan, dan menekan mikroba. Untuk itu jangan sampai kekurangan vitamin C, karena dapat menyebabkan gangguan kekebalan tubuh dan berisiko lebih tinggi terhadap infeksi.

13. Kulit Lebih Lembap

Memiliki jenis kulit kering tentu akan membuat Anda lebih rentan terkena sejumlah masalah kulit. Mulai dari kulit yang mengelupas hingga breakout (kondisi kulit yang iritasi dan berjerawat). Untuk mengatasinya, Anda bisa menggunakan akar lotus.

Sifat dari akar lotus sangat menghidrasi dan melembapkan kulit, sehingga membantu meningkatkan elastisitas dan warna kulit, menyamarkan garis-garis halus, serta memudarkan bintik-bintik cokelat dan kerutan.

14. Membuat Kulit Glowing

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, akar bunga lotus sebagai sumber vitamin C yang sangat bagus. Berkat kandungan antioksidannya, vitamin C berkhasiat untuk menjaga kesehatan kulit. 

Vitamin C mampu mendorong sintesis kolagen, melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas dan paparan ultraviolet, serta membantu mencegah penuaan. Vitamin ini juga membantu mengurangi tanda-tanda hiperpigmentasi, seperti bercak hitam dan perubahan warna pada kulit. Hasilnya, kulit akan tampak glowing atau bersinar.

15. Mencegah Jerawat

Memiliki kulit wajah berminyak sangat rentan menimbulkan jerawat yang mengganggu penampilan Anda. Sebagai tindakan pencegahan, gunakanlah produk yang mengandung ekstrak akar lotus langsung pada kulit. Kandungan akar lotus bekerja dengan menyeimbangkan minyak pada kulit dan mencegah munculnya jerawat.

Akar lotus juga mengandung bahan antiperadangan yang bisa mengurangi jerawat dengan cepat. Begitu pun minyak akar lotus dapat membuat kulit lebih tenang sehingga mencegah jerawat.

Cara Mengolah Akar Teratai 

Akar lotus bisa bisa menjadi salah satu bahan masakan Asia, terutama masakan Tiongkok atau Jepang. Dua cara memasak yang umum, termasuk menumis dan mengukus. Menambahkannya ke dalam sup juga merupakan cara yang populer.

Selain menjadi masakan, akar lotus juga bisa Anda buat menjadi permen atau menggorengnya, tetapi metode pengolahan yang kurang sehat ini dapat mengurangi beberapa khasiatnya yang bermanfaat.

Berikut ini cara mengolah akar bunga teratai:

  • Cuci akar lotus hingga bersih.
  • Potong ujungnya dan kupas kulit luar akar sampai terlihat daging putihnya.
  • Iris tipis-tipis atau potong dadu  (bisa dimakan mentah atau dimasak).
  • Irisan akar lotus bisa Anda rendam dalam air cuka atau air lemon untuk membantu mencegah perubahan warna.
  • Mengonsumsi akar lotus muda dan empuk, tetapi akar yang tua akan terasa terlalu pahit untuk dimakan mentah. Untuk itu perlu dimasak hingga matang.
  • Akar yang sudah dimasak bisa Anda tambahkan ke dalam ke dalam salad, tumis sayuran, sup, dan semur.

 

  1. Fanous, Summer . 2016. The Power of the Lotus. https://www.healthline.com/health/8-uses-for-lotus (Diakses pada 15 April 2021)
  2. Frey, Malia . 2020. Lotus Root Nutrition Facts and Health Benefits. https://www.verywellfit.com/lotus-root-nutrition-facts-calories-carbs-and-health-benefits-4772425 (Diakses pada 15 April 2021)
  3. Ruggeri, Christine. 2018. Lotus Root: The Herb that Supports the Brain, Gut & Heart. https://draxe.com/nutrition/lotus-root/ (Diakses pada 15 April 2021)
  4. Renu M. 2021. 23 Amazing Benefits Of Lotus (Nelumbo Nucifera) For Skin, Hair, And Health. https://www.stylecraze.com/articles/benefits-of-lotus-for-skin-hair-and-health/#benefits-of-lotus-root (Diakses pada 15 April 2021)
  5. Staughton, John. 2020. 9 Amazing Benefits Of Lotus Root. https://www.organicfacts.net/health-benefits/vegetable/lotus-root.html (Diakses pada 15 April 2021)


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi