Terbit: 19 Juni 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Bicara soal rahasia kecantikan, ternyata suku Inca yang ada di benua Amerika memiliki bahan rahasia tersendiri. Ialah akar Maca yang menjadi rahasia kecantikan dari suku Inca. Akar Maca merupakan salah satu jenis tanaman herbal yang sudah sejak lama digunakan untuk menjaga dan merawat kesehatan tubuh, tidak terkecuali dengan kesehatan kulit.

Mengenal Khasiat Akar Maca yang Ampuh Merawat Kulit

Khasiat akar Maca ini pun telah menarik perhatian sejumlah produsen produk perawatan kulit dan menambahkannya sebagai formula andalan. Nah, berikut sejumlah manfaat dari akar Maca yang ampuh sempurnakan kulit.

1. Mengatasi Masalah Jerawat

Sebagai tambahan informasi, masalah jerawat tidak hanya disebabkan oleh kondisi kulit yang kotor saja. Kulit berjerawat juga disebabkan oleh kondisi hormonal. Biasanya hal ini terjadi pada kaum perempuan yang sedang mengalami siklus bulanan, menjalani kehamilan atau pun mendekati masa menopause.

Kondisi hormon yang tidak stabil menyebabkan kelenjar minyak memproduksi lebih banyak sebum yang dapat menjebak kotoran dan debu menempel pada permukaan kulit. Hal tersebut juga dapat menyumbat pori-pori kulit yang akhirnya menyebabkan munculnya jerawat.

Dilansir dari laman Well And Good, akar Maca ternyata mampu mengatasi kondisi hormonal di dalam tubuh. Hal ini lantaran akar Maca mengandung zat besi dan iodin yang berperan penting terhadap produksi kelenjar tiroid, seks serta hormon yang ada di lapisan kulit. Tidak heran jika mengonsumsi suplemen atau menggunakan produk yang mengandung akar Maca dapat membantu menstabilkan kondisi hormon di dalam tubuh, termasuk pada lapisan kulit.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Kids Baby - Advertisement

Tidak hanya itu saja, akar Maca ternyata juga diperkaya dengan kandungan zat mangan dan zinc yang dapat memperkuat sistem imun. Kondisi yang demikian ternyata juga mempercepat proses penyembuhan jerawat.

2. Menjadikan Kulit Tampak Lebih Bercahaya

Selain ampuh dalam mengatasi masalah jerawat, ternyata akar Maca juga dilengkapi dengan kandungan bahan yang menjadikan kulit tampak lebih bercahaya. Usut punya usut, hal tersebut rupanya berkaitan dengan adanya kandungan protein yang cukup tinggi pada akar Maca.

Protein sendiri merupakan zat penting yang dibutuhkan oleh kulit agar tetap dalam kondisi yang sehat. Tidak hanya itu saja, akar Maca juga dilengkapi dengan kandungan vitamin C yang dikenal sebagai salah satu vitamin penting bagi kulit. Vitamin C sendiri tidak hanya menjaga kekuatan imunitas sel kulit, tetapi juga ampuh dalam menstimulasi produksi kolagen. Apalagi kolagen merupakan salah satu zat alami yang ampuh dalam menjaga kekencangan kulit.

Jika lapisan kulit memiliki kolagen dalam jumlah yang cukup, bisa dipastikan kulit akan terbebas dari masalah kulit keriput. Lebih lanjut, kulit juga akan terasa lebih lembap dan bercahaya secara natural. Keuntungan lainnya, akar Maca ternyata juga berpotensi dalam melindungi kulit, terutama dari paparan sinar matahari yang dapat merusak struktur dan lapisan kulit.

Kendati akar Maca masih belum setenar bahan-bahan herbal lainnya, tanaman satu ini sudah dikenal oleh suku Inca sejak berabad-abad lamanya sebagai tanaman obat. Tidak hanya ampuh mengobati sejumlah penyakit, akar Maca juga mampu menjadikan kulit tpak lebih sempurna. Tidak heran jika akar Maca menjadi salah satu rahasia kecantikan suku Inca.


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi