Terbit: 18 Agustus 2018 | Diperbarui: 20 Agustus 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Tekanan darah tinggi telah menjadi salah satu momok menakutkan bagi masyarakat Indonesia. Telah banyak kasus kematian yang disebabkan oleh masalah tekanan darah tinggi. Sebagaimana kita ketahui, jika sampai tekanan darah melonjak tak terkendali, risiko untuk terkena serangan jantung atau stroke juga meningkat.

Minum Air Putih Mampu Turunkan Tekanan Darah?

Menurut sebuah data yang dihimpun pada 2013 silam, setidaknya setiap tahunnya ada 360 ribu kasus kematian akibat tekanan darah tinggi. Hal ini berarti, setidaknya ada 1.000 orang yang meregang nyawa setiap hari karena penyakit ini. Kita tentu harus sebisa mungkin mencegah kedatangannya, bukan?

Tak hanya dengan menerapkan pola makan yang sehat, khususnya dalam memperbanyak asupan buah-buahan dan sayuran dan menurunkan konsumsi makanan kaya lemak dan kolesterol, kita juga sebaiknya rutin berolahraga demi membantu menurunkan tekanan darah. Selain itu, pakar kesehatan juga menyarankan kita untuk lebih rajin minum air putih.

Sebagai informasi, air bisa mempengaruhi keenceran darah di dalam tubuh. Jika kita mengalami dehidrasi atau kurang minum, maka darah pun bisa menjadi semakin kental dan menyebabkan peningkatan tekanan darah.

Dengan memenuhi kebutuhan air putih setiap hari, maka darah akan lebih encer sehingga lebih mudah mengalir di dalam pembuluh darah. Hal ini tentu akan membuat tekanan pada pembuluh darah menurun.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku RT Mandiri - Advertisement

Minuman lain yang bisa membantu proses penurunan tekanan darah adalah air kelapa muda. Berdasarkan hasil penelitian yang dipublikasikan dalam The West Indian Medical Journal, dihasilkan fakta bahwa penderita hipertensi yang rutin minum air kelapa selama 2 minggu bisa menurunkan tekanan darahnya dengan signifikan.

British Journal of Nutrition juga menyebutkan bahwa jika penderita hipertensi rutin mengonsumsi susu rendah lemak yang kaya akan vitamin D, maka tekanan darah dalam tubuhnya juga bisa ditekan.


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi