Terbit: 20 Mei 2021
Ditulis oleh: Muhamad Nuramdani | Ditinjau oleh: Tim Dokter

Air nabeez adalah minuman dari air rendaman kurma atau kismis selama semalaman. Berkat proses difusi osmosis selama perendaman tersebut membuat minuman ini memberikan manfaat yang bagus bagi kesehatan tubuh. Selengkapnya simak beberapa manfaat nabeez hingga cara membuatnya!

10 Manfaat Air Nabeez untuk Kesehatan dan Cara Membuatnya

Apa Itu Air Nabeez?

Air nabeez adalah air rendaman buah kurma atau juga bisa disebut sebagai infused water kurma. Tidak hanya kurma, minuman ini juga bisa dibuat dari rendaman kismis. Seperti infuse water pada umumnya, kurma atau kismis direndam dengan air putih selama semalaman.

Air nabeez kurma adalah salah satu minuman favorit Nabi Muhammad SAW dan menjadi salah satu iminum masyarakat muslim selama Ramadhan, baik buka untuk puasa maupun sahur. Minuman ini memiliki sejumlah khasiat bagi tubuh, seperti meningkatkan energi hingga mengatasi masalah pencernaan.

Cara Membuat Air Nabeez

Minuman ini membutuhkan proses atau waktu selama semalaman. Caranya cukup mudah, Anda dapat membuatnya pada malam hari dan bisa mengonsumsinya keesokan pagi atau dalam waktu 12 jam setelah pembuatannya.

Siapkan beberapa bahan berikut:

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Darlie - Advertisement

  • 6 butir kurma atau 4 sendok makan kismis. Jenis kurma Ajwa lebih disukai, tetapi Anda dapat menggunakan jenis kurma apa pun.
  • 2 gelas air matang.
  • 1 Sendok madu.
  • Toples.

Berikut cara membuatnya:

  • Masukan 6 butir kurma atau 4 sendok makan kismis ke dalam toples dan tambahkan 2 gelas air.
  • Tutup rapat dan biarkan rendaman selama semalaman.
  • Saat keesokan paginya, saring rendaman kurma atau kismis untuk memisahkan airnya. Air nabeez siap dinikmati atau buahnya bisa anda makan.
  • Air rendaman dan kurma (tanpa biji) bisa diblender menjadi minuman. Anda dapat menambahkan 1 sendok madu (bersifat opsional).

Setelah membuatnya, jangan menyimpan air nabeez kurma lebih dari 12 jam karena akan berfermentasi dan menghasilkan alkohol. Jika tidak akan langsung mengonsumsinya, Anda bisa menyimpan dalam lemari es selama 2 atau 3 hari.

Manfaat Air Nabeez untuk Kesehatan

Air rendaman kurma ini mengandung banyak nutrisi yang bagus untuk tubuh , termasuk lemak, natrium, kalium, karbohidrat, serat, gula, protein, kalsium, zat besi, vitamin A, dan vitamin C. 

Berikut ini beberapa manfaat air nabeez: 

1. Sifat Alkali

Manfaat yang paling mengejutkan dari minuman ini adalah sifat alkali yang dapat membantu menghilangkan keasaman di lambung dan sistem pencernaan. Hal ini karena tubuh harus dalam keadaan basa untuk mencegah banyak penyakit yang tumbuh subur di lingkungan asam.

2. Membuang Limbah Tubuh

Air nabeez dapat membantu menghilangkan limbah metabolik lain dari dalam tubuh. Ini seperti seperti ekskresi zat yang tersisa dari proses metabolisme (seperti respirasi sel) yang tidak dapat digunakan oleh organisme (kelebihan atau racun), oleh karena itu harus dikeluarkan. Ini termasuk senyawa nitrogen, air, CO2, fosfat, sulfat, dan lainnya.

3. Meningkatkan Energi

Minum air rendaman kurma membuat tubuh terasa berenergi selama berpuasa dan rasa lelah serta sakit yang biasa Anda alami saat berpuasa akan hilang. Anda  mungkin merasa seperti memiliki energi untuk melakukan lebih banyak aktivitas dan dapat melakukan perjalanan jauh seperti biasa.

4. Menghidrasi Tubuh

Minum air nabeez kurma, terutama ketika puasa Ramadhan, menjadi alternatif yang bagus untuk mendapatkan kebutuhan cairan yang cukup untuk tubuh dan mencegah dehidrasi. Tetap terhidrasi penting untuk kesehatan tubuh.    

5. Mencegah Sembelit

Hidrasi atau memenuhi kebutuhan cairan tubuh penting untuk kesehatan pencernaan dan menjaga pergerakan usus secara teratur. Dehidrasi kronis atau kekurangan cairan dapat menyebabkan sembelit, yang dapat menyebabkan perasaan perut kembung dan lesu.

Tidak hanya mencukupi kebutuhan cairan, minum air kurma juga bisa membantu makanan melewati usus dengan lancar dan mencegah mengalami sembelit.

6. Mengontrol Gula Darah

Minum air rendaman kurma tidak akan meningkatkan kadar gula darah meskipun minuman ini terasa manis, tetapi dapat membantu dapat membantu mengontrol gula darah. Hal ini karena kurma memiliki indek glikemik (IG) yang rendah, yang dapat menjaga kadar gula darah tetap normal.

Baca Juga: 15 Manfaat Kurma untuk Kesehatan (Dilengkapi Kandungan Nutrisi)

7. Mencegah Kanker

Berdasarkan hasil penelitian di Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang, menyimpulkan bahwa air nabeez dari buah kurma ajwa berpotensi sebagai sumber antioksidan. Ini adalah senyawa yang dapat mencegah atau memperlambat kerusakan sel akibat radikal bebas penyebab penyakit, seperti kanker.

Jika rutin meminumnya dalam jangka panjang, air rendaman kurma ini bisa membantu mencegah pertumbuhan kanker. 

8. Asupan Gizi untuk Bayi dan Balita

Kurma sangat bergizi untuk bayi dan balita. Buah ini aman untuk bayi di atas 6 bulan dan balita. Pastikan membuat air kurma dengan benar dan saring air rendaman kurma sebelum diberikan kepada bayi. Pastikan tidak ada potongan daging buah kurma yang membuat bayi tersedak.

9. Mengatasi Mabuk

Minum air nabeez merupakan cara terbaik untuk mengendalikan mabuk.Ini karena kurma dapat membantu menyadarkan setelah minum alkohol terlalu banyak dan membantu memberikan kelegaan dalam waktu yang cepat.

Untuk mendapatkan hasil yang terbaik, Anda harus menggosok dan memijat kulit kurma, dan kemudian merendamnya dalam air semalaman. 

Baca Juga: 13 Manfaat Sari Kurma, Baik untuk Penderita Anemia hingga Ibu Hamil

10. Manfaat Kesehatan Lainnya

Air rendaman kurma juga dapat memberikan manfaat lainnya untuk kesehatan, termasuk memperkuat memori, membantu fungsi limpa, hati, tenggorokan, dada dan prostat, bermanfaat bagi penderita arthritis dan peningkatan kadar asam urat (gout), dan menurunkan tekanan darah (hipertensi).

 

  1. Anonim. Tanpa Tahun. Date Water. https://www.nyonyacooking.com/recipes/date-water~_WFk_q3mG (Diakses pada 20 Mei 2021)
  2. Anonim. 2020. What happens when you soak dates in water?. https://findanyanswer.com/what-happens-when-you-soak-dates-in-water (Diakses pada 20 Mei 2021)
  3. Anonim. Tanpa Tahun. Nabeez – An Energising Suhoor Drink For Ramadan. https://tiffinandteaofficial.com/nabeez-an-energising-suhoor-drink-for-ramadan/#:~:text=Benefits%20of%20Nabeez&text=This%20includes%20nitrogen%20compounds%2C%20water,Chest%2C%20Throat%2C%20and%20Prostate. (Diakses pada 20 Mei 2021)
  4. Anonim. 2020. Antioxidant Activity of Nabeez Water from Ajwa Palm Date
    Fruits (Phoenix dactylifera L) as a Favourite Drink of the
    Prophet Muhammad SAW. https://iopscience.iop.org/article/10.1088/1742-6596/1594/1/012001/pdf (Diakses pada 20 Mei 2021)
  5. Desk, Staff. 2021. Nabeez, A Blessed Drink That Prophet Muhammad (PBUH) Consumed. https://theislamicinformation.com/nabeez-drink-prophet-muhammad/ (Diakses pada 20 Mei 2021)


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi