Normalkah Memiliki Air Mani Berwarna Kuning?

doktersehat air mani warna kuning

DokterSehat.Com – Air mani yang mengandung sperma biasanya memiliki warna putih atau agak abu-abu. Air manis yang seperti ini tergolong normal dan tidak mengalami gangguan. Sperma yang ada di dalamnya sehat dan bisa digunakan untuk membuahi pasangan. Kalau air mani yang Anda keluarga memiliki warna beda berarti sedang ada gangguan pada tubuh.

Salah satu warna dari air mani yang tidak sehat adalah agak kekuningan. Kalau Anda mengeluarkan air mani dengan warna ini usai melakukan ejakulasi, sebaiknya cepat melakukan pemeriksaan. Berikut ulasan tentang air mani warna kuning yang wajib diwaspadai oleh semua pria.

Penyebab air mani berwarna kuning

Ada cukup banyak penyebab air mani yang keluar saat ejakulasi menjadi kuning. Berikut beberapa kondisi yang paling sering terjadi.

  1. Urine masuk ke air mani

Pada kondisi tertentu urine bisa tersisa di uretra. Kondisi ini menyebabkan air mani yang keluar jadi ikut berwarna kuning. Air mani jadi kotor sehingga kemungkinan terjadi pembuahan akan kecil karena sperma bis amati terkena bakteri dari urine yang tersisa.

Kondisi ini bisa terjadi karena pria mengalami infeksi saluran kemih. Selanjutnya beberapa jenis infeksi juga menyebabkan urine tidak bisa dikeluarkan secara sempurna.

  1. Penyakit kuning

Penyakit kuning atau jaundice tidak selalu disebabkan oleh hepatitis. Namun, efeknya pada tubuh hampir sama karena beberapa organ jadi menguning. Air mani yang keluar pun jadi ikut menguning juga.

  1. Leukocytospermia

Kondisi ini terjadi karena sel darah putih di dalam air manis jumlahnya cukup banyak. Dengan jumlah yang cukup masif ini air mani jadi tidak sehat dan berwarna kekuningan. Sperma yang ada di dalamnya akan sedikit rusak sehingga mengganggu pembuahan. Kondisi ini muncul karena dipicu penyakit autoimun dan gangguan akibat penyakit menular seksual.

  1. Infeksi prostat

Infeksi lain yang membuat air mani keluar dengan warna kuning adalah infeksi pada prostat. Infeksi ini menyebabkan adanya urine yang keluar karena kontrol kandung kemih tidak bisa berjalan dengan sempurna saat pria melakukan seks.

Tanda dari infeksi prostat ini adalah rasa sakit saat pria melakukan ejakulasi atau melakukan penetrasi. Urine agak bergelembung-gelembung, Rasa sakit di tulang belakang dan perut bagian bawah.

  1. Penyakit menular seksual

Penyakit menular seksual menyebabkan kondisi ini kalau susah sangat parah. Secara khusus penyakit yang menyebabkan kondisi ini terdiri dari herpes, gonore, dan klamidia.

  1. Gaya hidup

Gaya hidup juga menjadi penyumbang munculnya warna kuning pada air mani. Pria yang terlalu banyak makan makanan yang mengandung sulfur seperti bawang merah, bawang putih, dan bawang daun bisa mengalami kondisi ini. Selanjutnya konsumsi alkohol dan rokok juga menjadi penyebabnya.

Pemeriksaan dan penanganan

Kalau Anda memiliki air mani yang berwarna kuning dan tidak berubah setelah 1-2 minggu. Segera lakukan pemeriksaan ke dokter. Air mani bisa menjadi tanda kalau organ seksual yang Anda miliki sedang mengalami masalah. Selain warna kuning yang tidak berubah, kalau Anda merasakan sakit di penis, impotensi, demam, dan ada darah di air manis, segera ke dokter.

Saat melakukan pemeriksaan, dokter akan mencari tahu dulu apa yang menyebabkan warna kuning dari air mani. Misal karena leukocytospermia, dokter akan memberikan obat seperti antibiotik. Selanjutnya kalau disebabkan oleh infeksi penyakit menular seksual, penyebabnya harus disembuhkan terlebih dahulu.

Ini ulasan tentang penyebab warna kuning dari air mani yang keluar saat pria ejakulasi. Semoga kita selalu memiliki air mani yang sehat.