Air Kelapa untuk Merawat Kesehatan Kulit

manfaat-air-kelapa-untuk-kulit-doktersehat-1
Photo Credit: Pexels.com/Artem Bali

DokterSehat.Com– Minum air kelapa di siang hari yang panas memang terasa menyegarkan. Air kelapa merupakan minuman menyegarkan yang sangat populer dan disebut-sebut memiliki manfaat penyembuhan dan pengobatan yang baik untuk tubuh Anda. Meski demikian air kelapa ternyata juga punya manfaat lain, salah satunya untuk menjaga kesehatan kulit Anda.

1. Menghidrasi & melembapkan

Mengonsumsi air kelapa meningkatkan kelembapan dan kandungan lipid pada kulit. Hasilnya, Anda akan memiliki kulit yang cantik bercahaya. Anda juga bisa menggunakan air kepala sebagai toner untuk menghidrasi dan melembapkan kulit.

2. Menghasilkan kulit yang bebas noda

Air kelapa dapat meningkatkan oksigen pada kulit dan membuat kulit bisa bernapas dengan lebih baik. Hal ini akan membuat kulit Anda tampak sehat dan bebas noda. Air kelapa juga mampu mencegah kanker kulit dengan menghalangi 20% sinar ultraviolet.

3. Mencegah tanda-tanda penuaan

Kadang antioksidan yang tinggi pada air kelapa akan melawan radikal bebas. Oleh karena itulah perawatan dengan menggunakan air kelapa akan memberikan Anda kulit yang tampak lebih mudah. Sitokin dalam air kelapa juga mencegah munculnya keriput, noda di wajah dan garis-garis halus.

4. Melawan infeksi kulit

Infeksi kulit merupakan masalah umum yang terjadi pada banyak orang. Air kelapa mengandung anti virus, anti mikroba, dan anti jamur yang melindungi kulit dari infeksi seperti erysipelas, cellulitis dan folliculitis. Anda dapat mengoleskan air kelapa secara langsung pada kulit atau menambahkannya pada air mandi.

5. Membersihkan minyak berlebih

Air kelapa juga efektif mengatasi minyak berlebih pada kulit. Air kelapa ini akan membersihkan kelebihan minyak dari kulit serta mencegah timbulnya jerawat. Cuci wajah Anda dengan air kelapa untuk mengendalikan kilap minyak pada wajah dan membuat Anda terlihat bercahaya alami.

Nah, siapa sangka bahwa air kelapa ternyata dapat membuat kulit Anda tampil lebih cantik dan sehat. Anda siap mencoba melakukan perawatan dengan air kelapa?