Air Kelapa Bisa Turunkan Kolesterol?

manfaat-air-kelapa-hijau-doktersehat

DokterSehat.Com– Salah satu masalah kesehatan yang paling banyak menyerang masyarakat modern adalah kolesterol tinggi. Penyebab dari datangnya masalah kesehatan ini adalah kebiasaan mengonsumsi makanan yang tidak sehat, khususnya makanan berlemak. Masalahnya adalah, jika tak kunjung ditangani dengan baik, dikhawatirkan masalah kolesterol tinggi ini bisa berlanjut menjadi penyakit mematikan seperti stroke, penyakit jantung, dan berbagai penyakit mematikan lainnya.

Biasanya, penderita kolesterol tinggi yang sudah memeriksakan kondisi kesehatannya ke dokter akan diminta untuk rutin mengonsumsi obat penurun kolesterol. Selain itu, mereka juga diminta untuk memperbaiki pola makan agar menjadi lebih sehat. Pola makan ini bisa berupa memperbanyak asupan sayur dan buah yang kaya serat dan menurunkan konsumsi makanan berlemak. Sebagai informasi, serat bisa secara efektif membantu menurunkan kadar kolesterol di dalam tubuh.

Selain mengonsumsi makanan sehat, pakar kesehatan juga menyarankan penderita kolesterol tinggi untuk memperbanyak konsumsi buah yang diklaim mampu menurunkan kolesterol seperti apel dan jeruk, dan kelapa muda. Khusus untuk kelapa muda, air dari buah ini disebut-sebut bisa membantu menyeimbangkan kadar kolesterol tubuh dengan efektif.

Dalam sebuah penelitian yang dilakukan tahun 2008 lalu oleh tim dari Food and Chemical Technology, disebutkan bahwa kebiasaan mengonsumsi air kelapa muda memang bisa membantu menurunkan kadar kolesterol. Dalam penelitian yang dilakukan selama 45 hari ini, disebutkan bahwa kadar kolesterol jahat bisa ditekan dan kadar kolesterol baik bisa ditingkatkan pada tubuh pasien yang rajin minum air kelapa.

Air kelapa muda kaya akan kandungan asam amino, anti oksidan, kalium, magnesium, mangan, serta berbagai vitamin. Kandungan mikronutrien yang ada di dalam minuman ini akan memperbaiki sistem kekebalan tubuh, memberikan efek anti kanker, dan mencegah penuaan dini.

Hanya saja, pakar kesehatan menyarankan kita untuk mengonsumsi air kelapa muda yang segar, bukannya air kelapa yang sudah dikemas dan banyak disediakan di supermarket. Meski sama-sama menyegarkan, air kelapa kemasan ini sudah kaya akan kandungan gula dan kalori yang tentu kurang baik bagi kesehatan.