Air Kelapa Tidak Boleh Diminum Saat Perut Kosong?

manfaat-air-kelapa-hijau-doktersehat

DokterSehat.Com– Air kelapa termasuk dalam minuman yang paling menyegarkan tubuh. Selain itu, kandungan menyehatkan di dalamnya seperti anti oksidan, asam amino, vitamin B, vitamin C, dan berbagai macam enzim serta mineral disebut-sebut mampu mencegah datangnya berbagai macam penyakit. Hanya saja, terdapat sebuah mitos yang menyebutkan bahwa ada baiknya kita tidak mengonsumsi air kelapa saat perut masih dalam kondisi kosong. Sebenarnya, apakah mitos ini sesuai dengan fakta medis?

Dilansir dari Boldsky, disebutkan bahwa mitos ini ternyata tidak perlu kita percayai. Meskipun perut kita berada dalam kondisi kosong, kita masih tetap akan mendapatkan manfaat besar bagi kesehatan. Bahkan, menurut pakar kesehatan, kebiasaan minum air kelapa dalam kondisi kosong bisa membuat sistem kekebalan tubuh semakin kuat sehingga kita pun tidak akan mudah terpapar bakteri penyebab penyakit.

Manfaat lain yang bisa didapatkan dari air kelapa adalah kandungan elektrolit di dalamnya yang cukup tinggi. Tak hanya meredakan rasa haus, keberadaan elektrolit ini mampu menghindrasi tubuh sekaligus membuat berbagai fungsi organ dan sel-sel tubuh meningkat. Selain itu, kandungan vitamin C, potasium, serta magnesium di dalam air kelapa yang cukup tinggi juga akan membantu mengendalikan tekanan darah dengan lebih baik. Keberadaan kalium juga akan membuat kita mencegah efek buruk dari natrium yang ada dalam masakan kita.

Air kelapa dikenal sebagai minuman yang tidak memiliki kandungan kolesterol dan lemak. Bahkan, rajin mengonsumsinya juga mampu menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh sehingga mengurangi risiko terkena penyakit berbahaya seperti penyakit jantung atau stroke. Selain itu, air kelapa tergolong dalam minuman yang rendah kalori sehingga bisa membantu menurunkan berat badan. Kandungan enzim bioaktifnya juga mampu meningkatkan sistem metabolisme tubuh yang bisa membantu proses penurunan berat badan.

Manfaat lain dari air kelapa adalah mengatasi sakit kepala, apalagi yang disebabkan oleh dehidrasi. Selain itu, air kelapa juga bisa mengatasi sembelit secara alami.

Melihat adanya fakta ini, kita tidak perlu khawatir untuk mengonsumsi air kelapa, kapanpun itu. Meskipun perut masih dalam kondisi kosong, kandungan di dalamnya tidak akan memberikan efek buruk bagi kesehatan tubuh.