Air Kelapa Ternyata Juga Bermanfaat Bagi Balita Lho!

doktersehat-air-kelapa-untuk-ibu-hamil
pic credit: phu thinh co

DokterSehat.Com– Air kelapa sudah lama dikenal sebagai minuman yang penuh khasiat. Rasanya yang enak dan menyegarkan membuat minuman satu ini jadi favorit segala umur. Tahukah Anda kalau minuman air kelapa juga bermanfaat bagi balita?

pic credit: phu thinh co

Manfaat air kelapa bagi balita

Bagi orang dewasa, air kelapa merupakan salah satu pilihan untuk memulihkan energi setelah berolahraga. Sedangkan untuk anak-anak, air kelapa juga bermanfaat begi kesehatan. Beberapa di antaranya:

1. Mengatasi sembelit
Salah satu khasiat air kelapa bagi anak-anak adalah dapat membantu melancarkan pencernaan. Air kelapa mengandung elektrolit yag dapat membuat organ pencernaan bekerja lebih lancar dan sekaligus meminimalisir asam lambung. Jika anak Anda sembelit, Anda bisa membantu meredakannya dengan air kelapa.

2. Menguatkan tulang

Air kelapa mengandung kalsium dan zat besi yang dapat membantu pertumbuhan tulang balita menjadi lebih optimal. Selain itu tubuh balita juga akan terasa lebih segar setelah minum air kelapa.

3. Membuang racun

Pada orang dewasa yang mengalami keracunan makanan, umumnya disarankan untuk minum air kelapa untuk mengatasi keracunan. Yang sebenarnya terjadi adalah air kelapa mengandung komponen fitokimia yang bersifat tanin dan mampu menghambat pertumbuhan bakteri di tubuh. Karena itu air kelapa dianggap mampu untuk mengatasi keracunan.

Demikian halnya pada balta, air kelapa mengandung anti-bakteri dan anti-virus sehingga dapat melindungi tubuh dari serangan bakteri seperti flu, atau bakteri menular lainnya.

4. Menjaga tubuh tetap terhidrasi
Dehidrasi merupakan masalah penting dalam tubuh anak-anak. Sebagian besar tubuh kita adalah air, maka dehidrasi adalah kondisi yang dapat membahayakan organ tubuh kita. Dengan membeirkan air kelapa pada anak, Anda dapat mengurangi risiko dehidrasi tersebut.

Meskipun memiliki banyak manfaat, namun ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan saat ingin memberikan air kelapa untuk anak. Pertama, berikan air kelapa pada anak setelah usianya menginjak 6 bulan. Kedua, pastikan bahwa air kelapa yang diberikan pada anak adalah air kelapa yang segar dan bersih.