Terbit: 19 November 2018 | Diperbarui: 24 Maret 2021
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Jika ada seseorang yang mengalami keracunan, baik itu keracunan makanan atau keracunan benda-benda lain seperti bahan kimia, kita biasanya akan disarankan untuk segera mencari air kelapa demi membantu korban mengatasi masalah keracunan ini. Sebenarnya, apakah memang air kelapa memiliki kemampuan menawarkan racun?

Benarkah Air Kelapa Bisa Mengatasi Keracunan?

Pakar kesehatan menyebut air kelapa sebagai salah satu minuman dari bahan alami yang paling baik bagi kesehatan tubuh. Sebagai contoh, air kelapa sangat direkomendasikan untuk diminum saat kita terkena diare atau muntah-muntah karena memiliki kandungan elektrolit yang bisa menggantikan elektrolit yang sebelumnya hilang.

Diare sering kali dikaitkan dengan keracunan makanan, konsumsi makanan yang tidak higienis, atau konsumsi makanan yang sudah basi. Saat gejala dari penyakit ini muncul, maka penderitanya akan kehilangan kalium dalam jumlah yang sangat banyak saat buang air besar hingga berkali-kali.

Karena jumlah kalium yang semakin rendah, maka perut akan terasa nyeri dan tubuh pun akan terasa tidak karuan. Dengan minum air kelapa, maka kadar kalium di dalam tubuh akan kembali normal sehingga gejala nyeri atau kembung pada perut bisa diatasi.

Sayangnya, kemampuan air kelapa dalam membantu mengatasi masalah diare ini sering disalahartikan dengan mampu menetralkan racun yang menjadi penyebab diare. Padahal, saat diare, tubuh sebenarnya juga memiliki mekanismenya tersendiri untuk menghilangkan berbagai racun dari dalam tubuh.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Cetaphil Promo - Advertisement

Selain mampu mengembalikan elektrolit dan kalium dari dalam tubuh, air kelapa ternyata juga memiliki kandungan fitokimia bernama tannin. Kandungan ini bersifat anti bakteri sehingga mampu menyingkirkan berbagai macam bakteri di dalam tubuh yang menyebabkan datangnya diare.

Berdasarkan penjelasan ini, bisa dipastikan bahwa air kelapa sebenarnya tidak akan secara langsung menetralisir atau menghilangkan racun di dalam tubuh. Melainkan membantu tubuh lebih cepat pulih jika mengalami gejala keracunan atau diare.

Jika ada teman atau anggota keluarga yang mengalaminya, ada baiknya kita memberikan banyak cairan demi membantunya tetap terhidrasi dengan baik. Segera bawa ke dokter demi mendapatkan penanganan medis yang tepat sebelum kondisinya menjadi semakin memburuk.


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi