Terbit: 28 Agustus 2020 | Diperbarui: 4 September 2020
Ditulis oleh: Rhandy Verizarie | Ditinjau oleh: dr. Ursula Penny Putrikrislia

Melewatkan afterplay setelah bercinta mungkin bisa jadi kesalahan besar yang Anda dan pasangan lakukan. Pasalnya, kegiatan ‘pendinginan’ yang satu ini memiliki manfaat, lho. Simak ulasan mengenai afterplay dari mulai tips hingga manfaatnya berikut ini!

7 Tips Afterplay setelah Bercinta dan Manfaatnya

Apa Itu Afterplay?

Afterplay adalah ritual seks yang merupakan kebalikan dari foreplay. Jika foreplay adalah ‘pemanasan’ sebelum melakukan hubungan intim, maka afterplay adalah kegiatan ‘pendinginan’ pasca berhubungan seks. Sayangnya, banyak pasangan—mungkin termasuk Anda salah satunya—yang abai terhadap tahapan hubungan seks yang satu ini.

Alih-alih demikian, yang dilakukan justru langsung memejamkan mata alias tidur dengan dalih sudah lelah dan ‘puas’. Ini utamanya terjadi pada pihak pria. Padahal menurut sejumlah penelitian, kegiatan pasca bercinta ini baik guna meningkatkan keintiman Anda berdua yang mana hal ini tentu baik untuk menjaga hubungan tetap harmonis.

Tips Afterplay setelah Bercinta

Nah, mulai sekarang, cobalah untuk tidak langsung tidur setelah selesai berhubungan intim dengan pasangan tercinta. Berikut ada beberap tips afterplay yang—meskipun terlihat sederhana—namun dampaknya akan sangat positif bagi hubungan Anda berdua.

1. Cuddling

Tips yang pertama adalah berpelukan mesra (cuddling) sembari bercumbu. Bagi Anda para pria, peluklah pasangan Anda dengan erat sambil sesekali mencium kening dan mengusap-usap rambutnya. Cara ini dianggap mampu memberikan rasa bahagia, baik bagi pasangan maupun diri Anda sendiri.

2. Berciuman

Hal kedua yang WAJIB dilakukan setelah sesi bercinta selesai adalah berciuman. Ya, aktivitas yang satu ini memang tidak boleh dilewatkan dari mulai foreplay, hubungan seks itu sendiri, hingga setelahnya alias afterplay.

Cium pasangan Anda dengan penuh kehangatan, dan jangan hanya di bibir, namun juga di beberapa area tubuh yang sensitif seperti leher. Pada dasarnya, ini juga masih merupakan aktivitas bercumbu.

3. Seks Oral

Dilansir dari The Sun, hanya sekitar 20 persen wanita yang dapat mencapai orgasme saat berhubungan seks. Sisanya, jangan ditanya.

Nah, fakta ini yang lantas membuat afterplay menjadi cukup penting. Ya, momen ini seharusnya bisa Anda—para pria—gunakan untuk mengantarkan pasangan tercinta mencapai kepuasan tiada tara yang mungkin gagal ia dapatkan di ‘acara puncak’. Pasalnya, seks oral menjadi salah satu cara untuk membuat wanita orgasme.

Menurut ahli pernikahan dan seks yakni Jane Greer, Ph.D—dilansir dari Women’s Health—para pria disarankan untuk memberikan rangsangan pada vagina—khususnya area klitoris—menggunakan lidahnya. Jika melakukannya dengan benar, niscaya wanita akan ‘meledak’! Selain dengan lidah, Anda juga bisa menggunakan jari dan mainan seks (sex toys) guna merangsang klitoris.

4. Saling Memijat

Memijat tubuh satu sama lain menjadi tips selanjutnya yang boleh Anda coba praktikkan setiap kali selesai bercinta. Anda bisa menggunakan minyak esensial untuk melakukan hal ini.

Setiap pijatan lembut yang diberikan—ditambah aroma minyak esensial—akan memberikan efek rileks pada tubuh. Namun lebih dari itu, cara ini bermanfaat untuk meningkatkan keintiman di antara Anda berdua tentunya.

5. Mandi Bersama

Setelah selesai berciuman, seks oral, dan memijat tubuh satu sama lain, kini saatnya Anda berdua beranjak ke kamar mandi untuk mandi atau berendam di air hangat bersama-sama. Selain untuk membersihkan tubuh, ini juga bisa menjadi momen romantis yang dapat menimbulkan rasa bahagia tiada tara.

Anda bisa kembali melanjutkan aktivitas memijat sambil saling mengusapkan sabun ke tubuh. Guna menambah suasana romantis, Anda bisa memutar musik. Cobalah cara ini dan rasakan sensasinya!

6. Mengobrol

Langsung tidur setelah berhubungan intim sebenarnya sah-sah saja, namun sebaiknya tidak Anda lakukan terlalu sering. Selain dengan tips-tips di atas, mengobrol juga sebenarnya sudah cukup, kok.

Justru mengobrol setelah bercinta di atas tempat tidur (pillow talk) ini bagus untuk meningkatkan komunikasi Anda berdua. Ingat, hubungan percintaan yang baik itu didasari oleh komunikasi yang baik pula. Jadikan momen ini untuk saling bercerita mengenai apa saja, termasuk hubungan Anda berdua.

Ceritakan apa yang menjadi suka duka selama menjalani hubungan. Dari sini, Anda bisa saling bertukar pikiran untuk selanjutnya menentukan apa yang harus dilakukan guna membuat hubungan semakin mengarah ke hal-hal yang lebih baik.

7. Menonton Film Bersama

Tips terakhir yang bisa Anda berdua lakukan pada sesi afterplay adalah menonton film bersama. Carilah film yang menjadi favorit Anda maupun pasangan, bisa film drama romantis, komedi, hingga film horor sekalipun.

Menonton film sambil berpelukan akan memberikan sensasi tersendiri. Ditambah dengan tawa, canda, hingga ketakutan, bukankah ini suatu  hal yang jauh lebih seru ketimbang langsung tidur?

Baca Juga: 8 Cara Foreplay agar Hubungan Intim Tidak Membosankan

Manfaat Afterplay Setelah Bercinta

Jadi, apa sih sebenarnya manfaat afterplay ini? Berikut rangkumannya.

1. Meningkatkan Keintiman

Manfaat yang pertama tentu saja untuk meningkatkan keintiman Anda berdua. Jangan sepelekan setiap pelukan, belaian, hingga ciuman yang Anda berikan kepada pasangan karena hal ini dapat membuat ikatan emosional semakin bertambah.

2. Menjaga Keharmonisan Hubungan

Jika ikatan emosional antara Anda dan pasangan terus meningkat dan kuat, hal ini tentu akan berdampak pada kualitas hubungan. Ya, hubungan Anda dan pasangan diharapkan akan tetap harmonis.

3. Membahagiakan Wanita

Berbeda dengan pria, terkadang wanita masih membutuhkan sedikit keintiman pasca selesai berhubungan badan. Oleh sebab itu, sudah selayaknya Anda para pria memberikan hal tersebut sebagai bentuk rasa cinta dan kasih sayang kepada pasangan.

Sebuah studi yang dilakukan oleh tim peneliti dari University of Kansas mengungkapkan bahwa memang wanita cenderung tidak hanya menginginkan sesi foreplay, namun juga afterplay.

4. Menjadi ‘Gerbang’ untuk Ronde Selanjutnya

Manfaat lainnya yang bisa dihasilkan dari tahap ini adalah, yakni menjadi ‘gerbang’ untuk masuk ke sesi bercinta selanjutnya. Ya, siapa yang tidak ingin orgasme berkali-kali dalam satu malam? Oleh karena itu, jangan sia-siakan kesempatan ini, ya!

 

  1. Brady, K. 2016. 5 Afterplay Moves to Ensure the Sex Wasn’t for Nothing. https://www.womenshealthmag.com/sex-and-love/g19972333/post-sex-orgasm/ (diakses pada 28 Agustus 2020)
  2. Knigt, A. 2018. Why afterplay is just as important as foreplay for sexual satisfaction… here’s five things to try. https://www.thesun.co.uk/fabulous/7220970/afterplay-important-foreplay-sexual-satisfaction/ (diakses pada 28 Agustus 2020)
  3. Sharma, B. 2017. 5 reasons you must engage in afterplay post sex. https://www.thehealthsite.com/sexual-health/reasons-you-must-engage-in-afterplay-post-sex-bs1216-458278/ (diakses pada 28 Agustus 2020)


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi