Terbit: 5 September 2018 | Diperbarui: 6 September 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Media sosial digemparkan dengan peraturan baru yang ditetapkan di Kabupaten Bireuen, Aceh. Bupati Bireuen, Saifannur menyebutkan bahwa kafe-kafe, restoran, atau warung kopi yang ada di wilayahnya diminta untuk mematuhi Syariat Islam, yakni melarang laki-laki dan perempuan yang bukan muhrim dilarang untuk makan, minum, atau sekadar ngopi satu meja.

Apakah Minum Kopi Bersama dengan Teman-Teman Picu Timbulnya Penyakit?

Aturan ini telah ditandatangi Saifannur pada 30 Agustus lalu. Banyak warganet yang langsung mengeluarkan komentar pro ataupun kontra mengenai hal ini. Hanya saja, jika dilihat dari sisi kesehatan, ngopi bersama dengan teman-teman bisa saja kurang baik bagi tubuh kita.

Sebenarnya, minum kopi bisa memberikan manfaat bagi kesehatan. Telah banyak penelitian yang menghasilkan fakta bahwa kopi bisa mencegah datangnya berbagai macam penyakit jika diminum dengan jumlah yang moderat. Hanya saja, di kafe-kafe, terkadang kopi ini ditambahi dengan gula atau krim yang tentu kurang baik bagi kesehatan tubuh.

Tak hanya itu, saat ngopi bersama dengan teman-teman, kita biasanya juga menambahkan camilan tidak sehat seperti kue, biskuit, kentang goreng, atau bahkan gorengan sebagai teman untuk mengobrol. Yang menjadi masalah adalah, kebiasaan ini bisa membuat kadar gula darah meningkat dengan signifikan.

Sebagai contoh, kue dan biskuit dikenal luas kaya akan kandungan gula. Sementara itu, gorengan cenderung kaya akan lemak jenuh yang bisa membuat tubuh tidak bisa membersihkan gula dalam darah dengan efektif.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku PTH - Advertisement

“Mengonsumsi makanan kaya lemak dan minum kopi bersamaan bisa memberikan efek buruk bagi tubuh hingga berjam-jam lamanya. Jika hal ini sering dilakukan, risiko terkena diabetes, penyakit jantung, dan penyakit pembuluh darah meningkat,” ucap Marie-Soleil Beaudoin dan Terry Graham dari University of Guelph.

Kebiasaan buruk lain yang sering dilakukan saat ngopi bareng teman-teman adalah merokok. Sudah menjadi rahasia umum jika merokok bisa membuat tubuh terpapar berbagai zat beracun yang bisa memicu penyakit mematikan.


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi