Terbit: 8 Juni 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Kita tentu pernah mendengar pendapat yang menyebutkan bahwa penggunaan AC membuat kita lebih rentan untuk jatuh sakit, khususnya pilek atau flu. Sebenarnya, apakah pendapat ini benar adanya?

Memakai AC Bisa Membuat Jatuh Sakit?

Dilansir dari Health24, pakar kesehatan bernama Olivia Rose-Innes berkata bahwa ada kemungkinan AC memang bisa membuat kita jatuh sakit, namun, hingga saat ini belum ada penelitian yang bisa membuktikannya.

Menurut Olivia, jika AC jarang dibersihkan, maka ada kemungkinan udara yang dikeluarkan oleh peralatan ini dipenuhi dengan bakteri atau jamur yang bisa memberikan dampak buruk bagi saluran pernapasan.

“Orang-orang di kantor yang memakai AC cenderung sering mengalami gejala masalah pernapasan seperti flu atau pilek jika dibandingkan dengan pegawai kantoran yang membuka ventilasinya lebar-lebar,” ucap Olivia.

Lantas, apakah penggunaan AC bisa membuat flu menular dari satu orang ke orang lainnya? Meskipun ada kemungkinan hal ini bisa terjadi, kasus penularan flu karena penggunaan AC cukup jarang terjadi. Penularan ini lebih memungkinkan jika kita berada di ruangan yang sama dengan orang yang terkena flu namun ruangan ini tidak memiliki ventilasi atau benar-benar ditutup rapat.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Family Fest - Advertisement

Pertanyaan lain tentang penggunaan AC adalah kemungkinan bahwa peralatan ini bisa memicu alergi. Pakar kesehatan Dr. Adrian Morris menyebutkan bahwa kita tidak akan mengalami alergi dengan udara yang dikeluarkan dengan AC. Hanya saja, penggunaan AC bisa membuat hidung menjadi lebih kering dan memperburuk gejala sinus bagi mereka yang menderita masalah kesehatan ini.

Meskipun begitu, jika kita malas membersihkan penyaring AC, ada kemungkinan bagian tersebut akan dipenuhi oleh jamur atau debu yang bisa saja memicu alergi.


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi